sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
Jumat, 25 Jun 2021 20:54 WIB

Apple beri surat peringatan dan awasi para leaker

Apple merasa muatan informasi yang dihasilkan  leaker akan merugikan perusahaan. Padahal dari informasi yang diberikan terkadang justru membuat popularitas produk melejit animonya di masyarakat.

Apple beri surat peringatan dan awasi para leaker

Apple cukup ketat dalam menjaga rahasia informasi atas produk-produknya, sebelum adanya pernyataan atau peluncuran resmi dari perusahaan. Namun kali ini, raksasa teknologi asal Cupertino itu melangkah lebih jauh lagi, dengan mengirimkan peringatan kepada Kang, salah satu leaker atau pembocor informasi yang cukup produktif dan andal untuk produk Apple.

Dilansir dari Fossybites, Kang memposting tulisan memposting di akun Weibo miliknya,  bahwa dia telah menerima surat peringatan dari pengacara yang mewakili Apple. Tidak hanya Kang, Apple juga mengirimkan surat peringatan pada leaker lain. 

Dalam surat peringatan tersebut, Apple memperingatkan pada para leaker bahwa mereka tidak boleh mengungkapkan informasi tentang produk atau proyek dari Apple yang belum dirilis secara resmi. Pelarangan itu dilatarbelakangi oleh sebab pembocoran dapat merugikan perusahaan karena akan dapat memberikan informasi berharga kepada pesaing Apple. Selain itu, perusahaan juga mengatakan dalam surat peringatan jika pembocoran juga dapat menyesatkan calon konsumen karena muatan informasi (seperti spesifikasi dan desain)  yang ada di dalamnya tidak akurat.

Di samping memberi surat peringatan, pihak Apple juga telah merekam konten-konten dari Kang dalam akun Weibo miliknya. Perusahaan mengambil screenshoots pada informasi yang diproduksi oleh Kang di Weibo, yang mengulas tentang permasalahan produk Apple. Ini juga dilakukan pada ulasan Kang yang meliputi tanggal rilis dan saran pada para pengikutnya untuk produk Apple.  

Atas surat peringatan ini, Kang memberikan respon jika ia tidak pernah mempublikasikan gambar dari produk atau proyek yang masih belum dirilis secara resmi oleh Apple. Kang mengatakan kalau perusahaan Apple harus bisa membedakan muatan informasi yang tergolong tindakan pembocoran, dengan muatan informasi yang berisi prediksi dan ekspektasi. Sebagian besar leaker, tidak akan mungkin langsung mengeluarkan gambar tentang bagaimana suatu produk mungkin terlihat. Sebaliknya, mereka bisa membuat produk-produk yang baru akan rilis itu semakin melejit animonya di masyarakat, dengan memberi muatan informasi yang berisi prediksi dan ekspektasi, tanpa banyak memberikan informasi yang faktual dan resmi.

Argumentasi Apple tentang muatan informasi yang dihasilkan  leaker akan merugikan perusahaan ini dibantah oleh Kang. Ia mengatakan jika surat peringatan itu tidak tepat untuk disasarkan padanya. Kang skeptis terkait muatan informasi yang berisi ekspektasi dan prediksi itu akan digunakan secara efektif oleh pihak lain untuk menyaingi Apple dan akhirnya bisa merugikan perusahaan. 

Sementara itu, Kang sangat menyesalkan tindakan dari Apple yang akan mengawasi setiap postingan di akun Weibo miliknya. Ia menyatakan tidak akan lagi memposting ekspektasi dan prediksi terkait produk-produk Apple. Selain itu, Kang juga akan menghapus seluruh postingan sebelumnya, yang memuat informasi terkait.

Tag
Share
×
tekid
back to top