sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
Rabu, 20 Mei 2020 11:28 WIB

Aplikasi video call untuk silaturahmi saat Idul Fitri

Lebaran di rumah saja bukan berarti kita tidak bisa menjalin silaturahmi dengan keluarga besar. Dengan beberapa aplikasi video call, kita bisa tetap bertatap muka dengan keluarga di hari raya.

Aplikasi video call untuk silaturahmi saat Idul Fitri
Source: Ivan Samkov from Pexels

Hari raya Idul Fitri atau lebaran akan datang sebentar lagi. Biasanya, mulai mendekati hari raya, kita akan sibuk berbenah untuk saling berkunjung keluarga. Makanan penggugah selera disiapkan, camilan pun tidak ketinggalan. Namun pandemi corona mengubah segalanya. 

Menetap di rumah aja kini menjadi hal biasa, bahkan ketika mendekati hari raya. Kunjungan keluarga pun tidak mungkin dilakukan, sehingga perayaan lebaran di rumah pun jadi opsi utama saat ini 

Akan tetapi, hal ini tidak berarti bahwa kita tidak bisa terhubung dengan orang lain. Banyak jalan menuju ke Roma, begitu kata pepatah. Karenanya tak perlu gundah gulana menghadapi hari raya dengan di rumah saja. Banyak aplikasi yang bisa kita manfaatkan, salah satunya adalah video call untuk tetap menjalin tali silaturahmi.

Lantas apa saja aplikasi video call yang bisa dimanfaatkan? Berikut ini tim Tek.id sajikan aplikasi video call untuk tetap menjaga silaturahmi saat Idul Fitri. 

Google Duo

Google Duo
Aplikasi pertama yang bisa digunakan adalah Google Duo. Hampir semua smartphone Android sudah hadir dengan aplikasi ini di dalamnya. Aplikasi ini bisa mendukung 12 partisipan sekaligus. Kalian juga bisa membuat grup keluarga untuk memudahkan melakukan panggilan ke anggota grup tersebut. 

Bagi kalian yang belum punya aplikasi ini, kalian bisa mengunduhnya di Play Store dan App Store. Selanjutnya, konfirmasi diri saat pendaftaran dengan menggunakan nomor telepon dan email

 

Line

Line
Line sejatinya merupakan aplikasi pesan. Namun di dalamnnya terdapat fitur untuk melakukan panggilan video. Tidak hanya secara perorangan, panggilan video Line juga bisa dilakukan di dalam grup. Caranya, kalian harus membuat satu grup khusus untuk membuat panggilan tersebut. 

Tidak tanggung-tanggung, dalam satu grup, kalian bisa melakukan panggilan dengan jumlah partisipan hingga 200 orang secara simultan. Yang penting, aplikasi tersebut sudah berada di versi terbaru ya! Pendaftaran Line juga tergolong mudah. Kalian bisa mendaftar melalui email atau nomor telepon. 

 

Google Meet

Google Meet
Google Meet sebenarnya ditujukan untuk pengguna enterprise. Tapi tidak ada salahnya kalian menggunakan aplikasi ini untuk menjaga tali silaturahmi dengan keluarga saat Idul Fitri. Buat yang belum tahu, sebelumnya layanan panggilan video ini bernama Hangout, Sahabat Tek.

Untuk panggilan video, Google Meet mendukung hingga 25 partisipan, tetapi hanya 10 peserta paling aktif yang akan ditampilkan di layar. Untuk jumlah partisipan yang lebih banyak, kalian bisa berlangganan G Suite.

 

Skype

Skype
Skype bukan lagi aplikasi yang asing. Sudah sejak lama aplikasi ini digunakan sebagai alternatif untuk chatting dan melakukan panggilan video. Nah, saat lebaran kalian bisa memanfaatkan aplikasi ini. Syaratnya, kalian harus memiliki akun Microsoft terlebih dahulu. 

Skype mendukung panggilan video hingga 50 partisipan. Namun anggota lainnya juga harus memiliki akun Skype untuk dapat berpartisipasi.

 

Zoom

Zoom
Selama masa pandemi, hampir semua orang mengenal Zoom. Bagaimana tidak, aplikasi ini meroket semenjak peraturan bekerja dari rumah berlaku. Aplikasi ini bisa mendukung panggilan video hingga 100 orang, lho!

Kalian bisa mengakses Zoom dari aplikasi di ponsel atau desktop. Penggunaan di browser juga dimungkinkan. Hanya saja, ada batasan waktu untuk kalian yang tidak berlangganan Zoom. Setelah 40 menit, limit panggilan akan habis dan kalian harus meminta orang lain untuk menjadi host dalam panggilan video tersebut. 

 

WhatsApp

WhatsAppp
WhatsApp mungkin menjadi aplikasi paling familiar bagi semua pengguna smartphone. Update terus diberikan untuk mendukung pengalaman pengguna di aplikasi ini. Baru-baru ini, WhatsApp mendukung panggilan video dengan jumlah partisipan sebanyak 8 orang. 

Syarat melakukan panggilan ini adalah harus menggunakan aplikasi WhatsApp paling baru. Kalau pun tidak memiliki nomor telepon dari orang yang akan diundang, kalian bisa meminta orang lain untuk mengundang orang tersebut. 

Share
back to top