sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
Senin, 10 Jan 2022 10:50 WIB

Aplikasi Roblox versi Tiongkok dihentikan

Juru bicara Roblox James Kay menyebutkan alasan aplikasi tersebut dihentikan, karena sejumlah tindakan penting perlu dilakukan.

Aplikasi Roblox versi Tiongkok dihentikan

Roblox menutup aplikasi iOS dan Android versi Tiongkok, atau yang dikenal sebagai LuoBuLeSi, setelah 5 bulan dirilis. Menurut laporan TechRadar, aplikasi yang diluncurkan sebagai uji coba dalam kemitraan dengan perusahaan gim Tiongkok Tencent, akan dibuat ulang dan kemungkinan akan dirilis ulang di negara tersebut pada waktu yang akan datang, dilansir dari The Verge (10/1).

Di App Store Tiongkok, Roblox secara resmi keluar dari toko aplikasi tersebut pada 8 Desember 2021. Sebuah unggahan dari situs resmi Roblox Tiongkok mengucapkan terimakasih kepada para pemain yang telah bergabung dalam pengujian aplikasi, dan mengatakan, “Pengembang akan terus mengoptimalkan produk.”

“Tahun lalu, kami meluncurkan Roblox Tiongkok, juga dikenal sebagai LuoBuLeSi dengan visi untuk membangun dunia virtual pengalaman 3D yang imersif di Tiongkok, yang telah kami uji dan ulangi selama ini,” kata juru bicara Roblox James Kay dalam sebuah pernyataan kepada The Verge. “Sangat penting bahwa kami sekarang melakukan investasi yang diperlukan, termasuk investasi dalam arsitektur data kami, untuk mewujudkan visi jangka panjang kami untuk LuoBuLeSi.”

Kay juga menyebutkan alasan aplikasi tersebut dihentikan, karena sejumlah tindakan penting perlu dilakukan. Ia menambahkan akan merilis versi baru dari aplikasi, namun tidak membagikan detail terkait kapan itu akan dirilis.

Debut singkat Roblox di Tiongkok tidak lepas dari tantangan. Menurut Financial Times, platform tersebut harus menghadapi persaingan ketat dengan aplikasi serupa dari ByteDance, yaitu Reworld.

Selain itu, Roblox juga menghadapi tantangan yang lebih besar dari negara itu sendiri. Financial Times mencatat Roblox tunduk pada standar peraturan Tiongkok, dimana memasarkan aplikasi sebagai gim edukasi. Dengan demikian, berdasar dari peraturan mengakibatkan penyensoran di beberapa fitur.

Penutupan aplikasi gim secara tiba-tiba di Tiongkok sudah terjadi selama setahun terakhir. Sebelumnya pada November lalu, Epic Games menghentikan pengujian Fortnite di Tiongkok tanpa penjelasan lebih lanjut. Kemudian pada akhir Desember, versi global Steam di negara tersebut tampaknya dilarang.

Peristiwa ini mungkin ada kaitannya dengan peraturan baru Tiongkok yang membatasi waktu layar anak-anak hanya tiga jam per minggu. Ini merupakan regulasi tambahan dari larangan jam malam bermain gim, dari pukul 10 malam hingga 8 pagi.

Share
×
tekid
back to top