sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 20 Nov 2023 09:59 WIB

Aplikasi alternatif iMessage, Nothing Chats, dihapus dari Play Store

Aplikasi Nothing Chats, alternatif iMessage yang diluncurkan awal minggu ini, telah dihapus dari Google Play Store.

Aplikasi alternatif iMessage, Nothing Chats, dihapus dari Play Store

Aplikasi Nothing Chats, alternatif iMessage yang diluncurkan awal minggu ini, telah dihapus dari Google Play Store. Perusahaan di balik aplikasi, Nothing, awalnya mengaitkan penghapusan tersebut dengan “beberapa bug” yang perlu diperbaiki.

Dilansir dari Gizmochina (20/11), namun analisis teknis komprehensif yang dilakukan oleh peneliti keamanan menunjukkan bahwa penghapusan aplikasi tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh masalah keamanan yang signifikan.

Kishan Bagaria, pendiri Texts.com, awalnya menyampaikan kekhawatiran ini di X/Twitter. Kemudian, tim Texts.com juga menerbitkan blog terperinci yang menguraikan kerentanan aplikasi.

Investigasi mereka mengungkapkan bahwa Sunbird, penyedia layanan Nothing, telah menyesatkan pengguna tentang enkripsi pesan end-to-end yang dirutekan melalui servernya. Sementara pesan yang dikirim ke server Sunbird dienkripsi, JSON Web Tokens (JWT) yang dihasilkan oleh layanan itu dikirim tanpa enkripsi apa pun ke server Sunbird lain, membuatnya rentan terhadap intersepsi.

Selain itu, pesan-pesan tersebut didekripsi dan disimpan di server Sunbird, sehingga rentan terhadap akses tidak sah.

Tеxts.com menunjukkan hal ini dengan mencegat JWT yang dipertukarkan antara dua perangkat, mendapatkan akses ke database real-time Firebase. Peneliti kemudian dapat mencegat token JWT dan mengakses informasi dan percakapan pengguna hanya dengan 23 baris kode.

Meskipun masalah privasi disebabkan langsung oleh Sunbird, Tidak ada yang menuai kritik karena memilih bekerja sama dengan perusahaan dan meremehkan keseriusan situasi dengan menamakannya sebagai “bug.”

Dengan pengumuman dukungan RCS baru-baru ini dari Apple, daya tarik aplikasi Nothing Chats semakin berkurang. Pengguna harus berhati-hati saat masuk ke layanan pihak ketiga menggunakan ID Apple mereka, meskipun enkripsi dijanjikan. Masih harus dilihat apakah Nothing Chats akan mampu mengatasi masalah keamanan ini dan berhasil kembali ke Play Store.

Share
×
tekid
back to top