Android Q bisa deteksi kecelakaan kendaraan

Android Q akan hadir dengan sebuah fitur terbaru, yakni Safety Hub. Fitur ini akan mendeteksi kecelakaan yang dialami oleh penggunanya.

Android Q bisa deteksi kecelakaan kendaraan Source: Google

Program Android Q beta 3 sudah dimulai. Google bahkan telah merilis daftar ponsel yang mendukung Android Q versi beta tersebut. Nah, salah satu fitur yang mungkin akan sangat berguna di masa depan, khususnya bagi pengguna Google Pixel.

Untuk diketahui, sudah bukan rahasia lagi bahwa Google akan menyertakan sistem operasi Android terbaru pada perangkat Pixel. Fitur baru yang saat ini masih tersembunyi di kode Android Q adalah Safety Hub.


BACA JUGA

Group Call Google Duo sudah bisa digunakan

Google Duplex masih menggunakan manusia untuk panggilan

Google ubah tampilan hasil pencarian


Dilansir dari XDA Developers (15/5), fitur safety Hub itu hadir dengan sejumlah referensi yang akan aktif ketika terjadi kecelakaan kendaraan. Bahkan dari pemeriksaan yang dilakukan, kemungkinan fitur ini hanya akan tersedia pada perangkat Pixel saja. Bisa jadi, kendati sudah hadir dengan Android Q, manufaktur lain tidak dilengkapi dengan fitur Safety Hub,

Dari kode Android Q, terdapat kode yang menampilkan ikon ‘car crash alert’. Sementara rangkaian koding itu menunjukkan bahwa Safety Hub memiliki fitur lain berupa deteksi otomatis kecelakaan kendaraan. Belum diketahui bagaimana Google akan menjalankan fitur tersebut.

XDA mencatat ada kemungkinan Google akan menggunakan sensor accelerometer dan mikrofon untuk mengaktifkan fitur ini. Rangkaian koding itu juga tidak menyebutkan apa yang akan terjadi ketika kecelakaan sudah terjadi.

Normalnya, fitur kecelakaan akan menghubungi nomor darurat untuk segera mendapatkan bantuan. Fitur seperti ini sudah bisa ditemukan di smartwatch Apple Watch 4. Smartwatch itu dibekali dengan fitur pendeteksi jatuh. Jika penggunanya dideteksi terjatuh, maka fitur ini akan mengirim lokasi dan menghubungi otoritas setempat untuk segera mengirim bantuan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: