sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
Kamis, 18 Feb 2021 10:23 WIB

Android Nearby bisa transfer aplikasi dari Google Play Store

Pengguna Android kini bisa transfer aplikasi yang ada di Google Play Store antar perangkat melalui Android Nearby.

Android Nearby bisa transfer aplikasi dari Google Play Store
Source: Google Play Store

Pengguna Android kini sedang dibuat khawatir dengan terungkapnya kelemahan keamanan dari aplikasi berbagi file antar perangkat, SHAREit. Terlepas dari kelemahan keamanan tersebut, aplikasi itu sudah populer di kalangan pengguna, karena tidak ada pilihan lain. Android sendiri tidak memiliki sistem berbagi file jangka panjang yang andal di berbagai merek ponsel. Tetapi, Anda kini tidak perlu khawatir lagi karena Google telah meluncurkan fitur terkait.

Dilaporkan oleh Slashgear (18/2), Google akhirnya menambahkan fitur baru di Android Nearby yang memungkinkan pengguna berbagi di antara dua ponsel. Tidak hanya file, aplikasi dari Google Play Store juga bisa dibagikan melalui fitur ini.

Sementara iPhone sudah memiliki AirDrop untuk berbagi file tertentu, butuh waktu yang lama bagi Android untuk memiliki kemampuan tersebut. Hal ini memaksa beberapa OEM seperti Samsung dan Lenovo untuk membuat sendiri atau pra-instal utilitas pihak ketiga, salah satu contohnya SHAREit. Namun dengan Android Nearby, kini pengguna dapat memiliki kemampuan tersebut dengan fitur khusus yang bahkan tidak dapat dilakukan di aplikasi pihak ketiga, yakni transfer aplikasi dari Google Play.

Play Store menawarkan cara cepat dan langsung bagi pemilik ponsel Android untuk berbagi aplikasi. Opsi ini terdapat di tab Bagikan di kedua perangkat yang dapat diakses melalui halaman Aplikasi & Game di Google Play Store. Pilih aplikasi mana yang akan dikirim dan kode penyandingan akan muncul untuk mengotorisasi transfer.

cara transfer aplikasi

Perlu diketahui, tidak semua aplikasi dapat ditransfer. Hanya yang berasal dari Google Play Store saja dan benar-benar kompatibel dengan perangkat penerima. Di samping itu, Anda harus memerhatikan apakah Play Store yang dimiliki adalah versi 24.0 atau lebih tinggi. Jika di bawah itu, fitur ini tidak tersedia.

Beberapa mungkin merasa mengunduh aplikasi secara langsung lebih mudah. Namun, berbagi aplikasi dengan Android Nearby dapat mengurangi pemakaian data internet. Dengan kata lain, Anda bisa menambah aplikasi di smartphone tanpa harus mengunduhnya menggunakan internet.

Share
×
tekid
back to top