sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Jumat, 31 Mei 2024 13:12 WIB

Android 15 akan menawarkan dukungan lebih baik untuk alat bantu dengar

Android 15 akan mendukung sistem Bluetooth LE Audio untuk komunikasi antar perangkat yang menggunakan daya lebih rendah.

Android 15 akan menawarkan dukungan lebih baik untuk alat bantu dengar

Sistem operasi Android terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan seluruh penggunanya, termasuk mereka yang mengalami gangguan pendengaran. Dengan pembaruan Android 15, Google berencana untuk meningkatkan dukungan bagi alat bantu dengar, menawarkan pengalaman yang lebih baik dan lebih efisien.

Dilansir dari Phone Arena (31/5), alat bantu dengar merupakan perangkat kecil yang dipasang di telinga untuk memperkuat suara, termasuk suara dari ponsel seperti panggilan telepon, video, atau musik. Alat bantu dengar ini biasanya menggunakan Bluetooth untuk terhubung ke ponsel. Namun, penggunaan Bluetooth cenderung menguras baterai alat bantu dengar dengan cepat, yang tentu saja menjadi masalah besar bagi pengguna yang mengandalkan perangkat ini sepanjang hari.

Sampai saat ini, belum ada cara yang benar-benar efisien untuk mengalirkan audio dari ponsel ke alat bantu dengar tanpa menguras banyak baterai. Perusahaan besar seperti Apple dan Google telah menciptakan cara mereka sendiri untuk mengatasi masalah ini, tetapi belum sempurna. Jika satu perusahaan membuat perubahan, perubahan tersebut tidak akan bermanfaat bagi pengguna ponsel dari perusahaan lain.

 

Di sinilah Bluetooth LE Audio masuk sebagai standar baru untuk komunikasi antar perangkat yang menggunakan daya lebih rendah. Android 15 akan mendukung standar baru ini, yang berarti lebih banyak alat bantu dengar akan bekerja dengan lancar pada ponsel Android.

Seperti yang didokumentasikan oleh Mishaal Rahman dari Android Authority, pada acara besar Google I/O, perusahaan menunjukkan fitur baru di Android 15, cara cepat untuk menghubungkan atau memutuskan sambungan alat bantu dengar. Selain itu, pengguna juga dapat mengatur fitur seperti Live Caption dan menyesuaikan suara alat bantu dengar untuk berbagai lingkungan, seperti restoran yang bising atau taman yang tenang. Pengguna bahkan dapat melihat tingkat baterai alat bantu dengar langsung di layar ponsel.

Namun, itu bukan satu-satunya perubahan yang akan datang. Google juga memperbarui aplikasi Android lainnya agar lebih mudah digunakan oleh orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran atau penglihatan. Dengan Android 15, ponsel Anda akan menjadi lebih berguna dan ramah bagi semua pengguna.

Tag
Share
×
tekid
back to top