sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
Sabtu, 25 Mei 2024 10:06 WIB

Android 14 untuk TV hadir dengan peningkatan performa, picture-in-picture, dan lainnya

Android 14 untuk TV hadir dengan fitur dua mode energi baru yang membantu TV menghemat daya saat tidak digunakan.

Android 14 untuk TV hadir dengan peningkatan performa, picture-in-picture, dan lainnya

Google resmi mengumumkan pembaruan Android TV, yaitu Android 14, yang diharapkan mampu meningkatkan pengalaman pengguna melalui performa yang lebih baik dan efisiensi energi. Pembaruan ini diungkapkan dalam konferensi pengembang Google I/O baru-baru ini, memicu antusiasme di kalangan pengguna Google TV.

Menurut laporan Android Authority (25/5), Google telah melakukan berbagai perbaikan mendasar pada Android 14 untuk meningkatkan responsivitas TV. Mulai dari waktu booting hingga scrolling, semuanya dioptimalkan agar TV terasa lebih cepat secara keseluruhan.

Salah satu peningkatan utama adalah mempercepat waktu start-up TV. Meskipun mungkin pengguna tidak sering mematikan TV, peningkatan ini akan terasa pada waktu peluncuran layar utama Google TV. Bagi pengguna yang sering meninggalkan TV dalam mode standby, perubahan ini akan segera terasa.

Selain itu, Google juga memperbaiki performa scrolling, sehingga mengurangi lag yang mungkin dialami sebelumnya. Baik saat menjelajahi menu maupun daftar tontonan, semuanya akan bergerak lebih mulus sekarang. Google juga mempercepat proses pemuatan data dan mengurangi penggunaan penyimpanan, meskipun detailnya belum dijelaskan secara rinci.

Android 14 untuk TV juga hadir dengan fitur penghematan energi yang lebih cerdas. Google menambahkan dua mode energi baru yang membantu TV menghemat daya saat tidak digunakan. Ini tidak hanya baik untuk lingkungan dan tagihan listrik, tetapi juga penting mengingat aturan baru Uni Eropa yang mengharuskan perangkat lebih efisien dalam penggunaan energi. Google tampaknya bergerak cepat untuk memenuhi persyaratan tersebut.

Tak hanya peningkatan performa, Android 14 untuk TV juga membawa fitur-fitur baru yang menarik. Mode picture-in-picture kini tersedia di Google TV, memungkinkan pengguna untuk multitasking dengan lebih mudah. Fitur "Find My Remote" juga akan hadir, sangat berguna bagi yang sering kehilangan remote.

Meskipun pembaruan ini mungkin terlihat kecil, namun penuh dengan perbaikan yang diharapkan memberikan dampak besar. Android 14 untuk TV dijadwalkan akan diluncurkan akhir tahun ini untuk perangkat baru dan sebagai pembaruan untuk perangkat yang sudah ada.

Share
×
tekid
back to top