AMD tak lagi jual Radeon VII dan AMD Vega?

Meskipun pihak AMD telah memberikan pernyataan resmi, namun pernyataan mereka tidak menjawab apakah Vega dan Radeon VII masih akan diproduksi atau tidak.

AMD tak lagi jual Radeon VII dan AMD Vega? Radeon VII

Kehadiran dua GPU terbaru milik AMD, yakni Radeon RX 7500 dan RX 5700 XT saat ini menarik banyak perhatian para penggemar teknologi. Hal ini dikarenakan AMD memiliki dua hal spesial dari GPU tersebut.

Yang pertama adalah kehadiran chipset GPU yang menggunakan teknologi fabrikasi 7nm. Sedangkan yang kedua adalah penggunaan arsitektur baru yakni RDNA dan meninggalkan arsitektur GCN.


BACA JUGA

Gigabyte siapkan duo AMD Radeon RX 5700 series

Duo Radeon RX 5700 resmi masuk Indonesia, dibanderol mulai Rp 5 juta-an

AMD buat kejutan sebelum peluncuran RX 5700 dan RX 5700 XT


Hal ini kemudian memicu sebuah rumor bahwa AMD akan segera menghentikan produksi dan penjualan GPU generasi sebelumnya. Hal ini berarti Vega 10, Vega 20, dan Radeon VII akan segera masuk ke masa ‘End of Life’.

Tentu saja, hal ini membuat banyak penggemar AMD terkejut. Hal ini dikarenakan, Radeon VII merupakan GPU flagship AMD untuk melawan GPU flagship Nvidia, dikarenakan dua RX 5700 berperang di lini tengah.

Mendengar kabar yang kurang enak tersebut, pihak AMD pun akhirnya memberikan keterangan mereka. Mereka menyebut, ketersediaan GPU tersebut di retailer masih aman.

“Kami akan terus melihat ketersediaan kuat Radeon VII di retailer untuk gamer dan lainnya,” kata perwakilan AMD, seperti dikutip dari laman Wccftech (14/7/2019).

Pernyataan ini sebenarnya cukup samar dan umumnya gagal menjelaskan apa pun. Dari tampilan situs web AMD sendiri, Radeon VII tampaknya telah dilaporkan terjual habis di mana-mana. 

AMD juga gagal mengomentari ketersediaan Vega 10. Di beberapa retailer kenamaan, stik dari GPU tersebut pun sudah hampir habis.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: