sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Minggu, 26 Nov 2023 11:50 WIB

Alibaba dan Huawei tantang dominasi Android dengan tingkatkan DingTalk di HarmonyOS

Alibaba dan Huawei bermitra untuk meningkatkan DingTalk di HarmonyOS, menantang dominasi Android. .

Alibaba dan Huawei tantang dominasi Android dengan tingkatkan DingTalk di HarmonyOS

Alibaba Group Holding sedang mengembangkan versi asli aplikasi workplace buatannya sendiri, DingTalk, untuk HarmonyOS Huawei Technologies. Kabar ini merupakan langkah signifikan dalam perjalanan Huawei untuk mengurangi ketergantungannya pada Android milik Google di tengah sanksi Amerika Serikat yang sedang berlangsung.

Huawei, raksasa telekomunikasi yang bergulat dengan pembatasan di AS, memperkenalkan HarmonyOS pada tahun 2019 sebagai alternatif Android. Hal ini merupakan respons penting karena dimasukkan dalam Daftar Entitas pemerintah AS, yang membatasi aksesnya terhadap perangkat lunak dan teknologi Amerika. HarmonyOS mewakili ambisi Huawei untuk menciptakan ekosistem mandiri dalam menghadapi tantangan-tantangan ini.

Dilansir dari Gizmochina (26/11), Kemitraan antara Alibaba dan Huawei lebih dari sekadar pengembangan aplikasi. Mereka berencana berkolaborasi di bidang inovasi industri, penerapan teknologi, dan pertumbuhan bisnis. Kolaborasi ini merupakan bagian dari strategi Alibaba yang lebih luas untuk mendorong pertumbuhan di masa depan melalui digitalisasi dan teknologi cerdas, dimana DingTalk memainkan peran yang sangat penting.

Langkah Huawei untuk menghentikan dukungan Android pada versi HarmonyOS Next mendatang menggarisbawahi komitmennya terhadap jalur baru ini. Keputusan ini bertepatan dengan keberhasilan peluncuran Huawei Mate 60 Pro, ponsel berkemampuan 5G pertama dari perusahaan tersebut sejak tahun 2020, yang mengalami lonjakan penjualan signifikan.

Adaptasi DingTalk terhadap HarmonyOS bukan hanya sekedar pergeseran teknologi tetapi juga strategi bisnis. Sebagai salah satu pendorong pertumbuhan utama Alibaba, perpindahan DingTalk ke HarmonyOS dipandang sebagai langkah signifikan menuju “inovasi tingkat strategis.” Langkah ini merupakan bagian dari rencana Alibaba yang lebih besar untuk memposisikan kembali unit bisnisnya, termasuk DingTalk, sebagai entitas independen dengan strategi pasarnya.

Share
×
tekid
back to top