AirPower, charger nirkabel Apple mulai diproduksi

AirPower merupakan bantalan berbentuk oval yang mampu mengisi daya perangkat secara nirkabel. Perangkat itu bahkan bisa mengisi daya tiga produk Apple sekaligus.

AirPower, charger nirkabel Apple mulai diproduksi (Foto: Inverse)

Rumor perangkat pengisian daya nirkabel Apple atau yang disebut AirPower akhirnya akan segera dirilis. Situs web Hong Kong, ChargerLAB, yang mendapat informasi dari sumber rantai pasokan Apple. Dia mengklaim produsen China Luxshare Precision telah memulai produksi AirPower.

Dalam sebuah percakapan melalui WeChat, sumber itu mengatakan dirinya mendengar kabar bahwa AirPower akan segera dirilis. "Kami baru mendapat informasi dari sumber yang bisa dipercaya dalam rantai pasokan bahwa produsen Luxshare Precision sudah mulai memproduksi panel pengisian nirkabel Apple AirPower. Luxshare Precision juga merupakan pembuat Apple AirPods dan kabel USB-C," demikian cuitan ChargerLAB di Twitter.


BACA JUGA

Apple pertimbangkan produksi iPhone di luar China

Begini bocoran iPhone 2020 mendatang

Cellebrite berhasil temukan cara untuk akses semua perangkat iOS


Dilansir MacRumors (14/1), Luxshare merupakan anggota dari Wireless Power Consortium yang merupakan perusahaan dibalik standar Qi serta perakit AirPods. Perusahaan itu juga bertanggungjawab atas perakitan USB-C. 

Laporan menyebutkan Luxshare telah menjadi pemasok utama AirPower sejak awal Februari 2017. Namun kemungkinan Luxshare bukanlah satu-satunya pemasok AirPower mengingat laporan tahun lalu menyebutkan Pegatron pun akan terlibat dalam produksi. 

Beberapa minggu yang lalu, pengembang Steve Troughton-Smith mengatakan dirinya mendengar Apple kemungkinan telah mengatasi kendala teknis AirPower. Dengan begitu, jadwal peluncurannya bisa dilangsungkan dalam waktu dekat. 

Oktober lalu, analis Ming-Chi Kuo, mengklaim Apple bisa merilis AirPower pada awal kuartal pertama 2019. Lebih lanjut Kuo mengatakan case nirkabel AirPods kemungkinan juga dirilis awal 2019. 

Untuk diketahui, AirPower merupakan bantalan berbentuk oval yang mampu mengisi daya perangkat secara nirkabel. Beberapa baterai perangkat bahkan bisa diisi ulang sekaligus termasuk untuk iPhone 8 dan iPhone terbaru, Apple Watch Series 3 dan smartwatch terbaru Apple, hingga AirPods

AirPower pertama kali dipamerkan pada 2017, bersamaan peluncuran iPhone X. Kala itu, perangkat tersebut disebut akan tersedia pada 2018. Namun hingga saat ini AirPower itu tak juga menampakkan diri.

Jika laporan baru kali ini akurat, maka kita bisa mengharapkan ketersediaan AirPower dalam waktu dekat. ChargerLAB bahkan mengutip sumber lain yang mengatakan Pegatron akan memulai produksi massal AirPower pada 21 Januari. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: