Adopsi Android Oreo meningkat signifikan

Distribusi Android Oreo kini mengalami peningkatan terbesar dengan total perolehan 2,5 poin. Persentasenya kini mencapai 14,6 persen

Adopsi Android Oreo meningkat signifikan (Foto: BGR)

Distribusi Android Oreo kini mengalami peningkatan terbesar dengan total perolehan 2,5 poin. Gabungan Android 8.0 dan 8.1 distribusinya per Agustus menjadi 14,6 persen pada perangkat Android. Jumlah tersebut meningkat dari 12,1 persen pada Juli lalu.

Kendati meningkat cukup besar, Android 7.0 Nougat menjadi sistem operasi yang masih kuat digunakan pengguna. Gabungan Android 7.0 dan 7.1 pangsa pasarnya mencapai 30,8 persen. Android 7.0 terinstal pada 10,5 persen dari semua ponsel Android, sementara Android versi 7.1 mencapai 20,3 persen.


BACA JUGA

Android mungkinkan pengguna cari earphone yang hilang

Android Q bakal dilengkapi gestur lebih intuitif

Lagi, ditemukan aplikasi populer yang terjangkit malware


Disisi lain Android versi lawas mengalami penurunan dibanding distribusi yang dilaporkan sebelumnya. Android 6.0 Marshmallow merupakan OS yang paling banyak digunakan setelah Nougat dengan persentase 22,7 persen. Namun jumlah ini menurun 0,8 persen dibanding bulan lalu yang mencapai 23,5 persen.

Android Lollipop 5.0 dan 5.1 masih berjalan pada 19,2 persen perangkat Android. Android 4.4 KitKat kemudian menyusul dengan persentase 8,6 persen.

Sementara itu Android JellyBean berjalan pada 3,5 persen perangkat Android. Ice Cream Sandwich dan Gingerbread sendiri berada pada angka 0,3 persen dimana keduanya tercatat mengakses Play Store pekan lalu. Yang cukup aneh yaitu pangsa Gingerbread meningkat 0,1 persen dari Juli lalu menjadi 0,3 persen. 

Android versi terbaru yaitu Android Pie belum termasuk dalam daftar ini. Pasalnya, OS tersebut baru dirilis pada bulan lalu dan saat ini baru tersedia di handset Google Pixel serta Essential. Demikian dilansir Indian Express.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: