sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Kamis, 22 Des 2022 12:36 WIB

Acer Aspire Vero, ringan, bertenaga, dan ramah lingkungan

Melanjutkan misi membuat laptop dengan bahan ramah lingkungan, Acer kembali meluncurkan Aspire Vero 14 (AV14-51).

Acer Aspire Vero, ringan, bertenaga, dan ramah lingkungan

Setelah satu tahun semenjak Acer meluncurkan Aspire Vero National Geographic Edition, Acer kembali merilis generasi terbaru laptop ramah lingkungan yang berjuluk Acer Aspire Vero 14 (AV14-51).

Masih mengusung laptop ramah lingkungan, Aspire Vero 14 mengusung konsep R-E khas Acer, yakni REview, REthink, REduce dan REcycle. Meski menggunakan material ramah lingkungan, namun laptop ini termasuk salah satu laptop bersertifikasi Intel® Evo™ Platform.

Aspire Vero generasi terbaru kini dibuat dengan desain yang lebih ringkas. Jika sebelumnya memiliki bentang layar 15 inci, mereka sekarang memilih pendekatan penggunaan layar berukuran 14 inci, dimana menambah nilai lebih pada sisi mobilitasnya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami berkesempatan untuk menjajal Aspire Vero 14. Kami juga akan merasakan sisi ramah lingkungan yang dimiliki oleh laptop ini. Berikut pengalaman penggunaan Acer Aspire 14 yang telah kami siapkan untuk Anda.

Performa Optimal dengan Prosesor Generasi Terbaru

Selain datang dengan desain yang lebih segar dibanding pendahulunya, Aspire Vero 14 juga sudah ditenagai oleh 12th Gen Intel® Core™ Processors. Acer mempercayakan performa laptop ini pada Intel® Core™ i5-1235U processor.

Prosesor Intel® Core™ i5-1235U yang hadir di laptop ini memiliki total 10 core dan 12 threads. Dengan arsitektur hybrid terbaru yang dimilikinya, bagian core dibagi ke P-core (Performance) dan E-core (Efficiency) agar multitasking bisa berjalan lebih optimal. Total 10 core tadi terbagi ke 2 P-core dengan 4 Thread dan 8 E-core.

Frekuensi maksimalnya berada di 4.40 GHz. Sementara cachenya tersedia 12 MB Intel® Smart Cache. Pengolahan grafisnya dikelola oleh Intel® Iris® Xe Graphics.

RAM-nya sudah Dual Channel 8 GB LPDDR4X dan memiliki kapasitas penyimpanan SSD NVME 512 GB yang bisa di upgrade. Dengan ini Anda bisa meningkatkan kapasitas penyimpanannya jika dibutuhkan.

Laptop ini juga telah memiliki sertifikasi Intel® Evo™ Platform. Sertifikasi ini menjamin laptop  memiliki responsivitas cepat, baterai tahan lama, dan desain tipis serta ringan yang dibutuhkan untuk mendukung mobilitas.

Selama kami menggunakan laptop ini, kami sangat puas dengan performanya. Berbagai task bisa dijalankan dengan lancar. Menurut kami, laptop ini sangat sesuai untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi, dan beraktivitas secara berpindah-pindah.

Selain performanya yang memang bisa diandalkan, laptop ini tidak akan memberatkan apalagi merepotkan ketika dibawa-bawa.

Acer menanamkan sebuah software khusus yang disebut VeroSense. Singkatnya, software ini dapat mengatur performa dan penggunaan daya. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengatur daya tahan baterai laptop secara lebih awet.

VeroSense memiliki empat mode performa, mulai dari Performance, Balance, Eco dan Eco+. Mode ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, mengedepankan performa atau daya yang lebih hemat.

Desain Eco-friendly dan Layar Full HD

Seperti yang sudah kami sebutkan beberapa kali di atas, laptop ini hadir dengan desain ramah lingkungan. Aspire Vero 14 dibuat dengan memanfaatkan plastik Post Consumer Recycled (PCR) yang ramah lingkungan. Dengan penggunaan material ini, membuat laptop menerapkan konsep yang lebih berkelanjutan, dan mengurangi limbah, serta mampu mengurangi sekitar 21% emisi CO2.

Material plastik PCR ini diterapkan sebanyak 30% pada seluruh sasis dan bezel layar. Demikian juga dengan caps keyboard yang mengandung 50% plastik PCR. Menariknya lagi, laptop ini sama sekali tidak menggunakan cat selama proses produksinya.

Warna Marianna Blue yang membalut laptop ini didapat secara alami dari material sampah plastik daur ulang yang berasal dari lautan atau biasa disebut sebagai ocean-bound.

 

Senada juga dengan bagian touchpad-nya, Acer menggunakan teknologi OceanGlass™ yang juga dibuat dengan material plastik daur ulang dari sisa sampah plastik di lautan.

Selain itu, jika dilihat tombol R dan E pada keyboard tercetak terbalik. Desain tersebut ternyata untuk menunjukkan sekaligus memperkuat pesan dari konsep “R-E” yang dimiliki oleh Acer. 

Jika sebelumnya memiliki layar berukuran 15 inci yang besar, Aspire Vero generasi terbaru dibuat lebih ringkas dengan layar 14 inci. Memungkinkan dimensi keseluruhannya jadi lebih ringkas dibanding pendahulunya.

Aspire Vero 14 mengusung layar berpanel IPS 14 inci dan memiliki resolusi Full HD. Disertakan juga fitur 100% sRGB yang membuat proyeksi warna di layar terlihat lebih cerah dan berakurasi tinggi.

Vero Green Package

Hal menarik lainnya yang kami temukan di Acer Aspire Vero 14 ini adalah kotak kemasan yang juga dibuat dari material daur ulang. Tidak tanggung-tanggung, Acer memanfaatkan 90% kertas daur ulang untuk membuat box-nya.

Acer juga menghilangkan semua kemasan busa LDPE. Selain itu, untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan, Acer tidak menggunakan plastik sebagai pembungkus adaptor charger. Komponen di dalam kotak kemasan juga dapat dirakit dan digunakan kembali sebagai stand laptop.

Untuk menambahkan fungsi yang berkelanjutan, kotak kemasan ini bisa dirakit kembali dan difungsikan sebagai kotak penyimpanan atau pot tanaman.

Kesimpulan

Acer Aspire Vero memang selalu tampil menarik dengan konsep ramah lingkungannya. Membuatnya tampil beda dari kebanyakan laptop yang beredar di pasaran. Bahkan warna Marianna Blue ini jadi pembaruan yang buat kami sangat segar.

Desainnya yang dibuat lebih ringkas juga jadi nilai lebih yang kami catatkan. Membuatnya lebih ramah untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Meski dimensinya dikurangi, namun performanya ditingkatkan dengan penggunaan 12th Gen Intel® Core™ Processors yang sanggup menjalankan berbagai task dari pengguna.

Acer Aspire Vero 14 resmi tersedia untuk konsumen di Indonesia dengan harga Rp 10.699.000. Acer menyertakan garansi 3 tahun servis, 1 tahun spare part dan 1 tahun Accidental Damage Protection.

Sebagai bonus tambahan, Acer Aspire Vero 14 sudah terinstall Windows 11 Home dan aplikasi Office Home and Student 2021 yang bisa digunakan secara gratis seumur hidup.

Editor
Share
×
tekid
back to top