sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
Kamis, 21 Mar 2024 18:09 WIB

6 laporan terbaru HID mengenai tren keamanan 2024 dan implikasinya

Menghadapi kompleksitas ini, HID, sebagai pemimpin global dalam solusi keamanan, baru-baru ini merilis Laporan Tren Keamanan Tahun 2024.

6 laporan terbaru HID mengenai tren keamanan 2024 dan implikasinya

Industri keamanan selalu menjadi arena yang dinamis, di mana perubahan teknologi dan tuntutan yang semakin meningkat memunculkan inovasi baru secara terus-menerus. Menghadapi kompleksitas ini, HID, sebagai pemimpin global dalam solusi keamanan, baru-baru ini merilis Laporan Tren Keamanan Tahun 2024. 

Laporan ini bukan hanya mengidentifikasi tren utama dalam industri, tetapi juga memberikan wawasan mendalam tentang teknologi terbaru yang mengemudiinya, memberikan pemimpin keamanan alat yang mereka butuhkan untuk mengatasi tantangan masa depan dengan proaktif.

Dengan basis data yang solid dari 2.600 responden, termasuk mitra, praktisi industri, C-level executives, dan personel keamanan serta TI dari seluruh dunia, laporan ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang pandangan dan pengalaman mereka dalam menghadapi perubahan yang terjadi di lapangan.

Dalam media briefing yang dilaksanakan online melalui Zoom meeting pada (21/3), Jessica Tan, Public Relations Manager HID, Asia-Pacific mengungkapkan enam tema utama yang diungkapkan dalam laporan tersebut, membawa sorotan kepada perkembangan terkini dalam industri keamanan yang akan membentuk langkah-langkah ke depan bagi para pemimpin keamanan di seluruh dunia.

1. Identitas mobile diperkirakan menjadi semakin umum dalam lima tahun mendatang

Dengan penggunaan perangkat mobile yang semakin luas, momentum terus berkembang di sekitar penggunaan identitas mobile. Dalam lima tahun mendatang, lebih dari 80% organisasi yang disurvei berencana untuk menggunakan ID mobile. Mitra industri bahkan lebih optimis, menyatakan bahwa 94% pelanggan mereka akan menggunakan ID mobile.

2. Autentikasi multi-faktor menjadi umum, meskipun implementasi zero trust tumbuh perlahan

Lebih dari 83% responden pengguna akhir mengatakan bahwa organisasi mereka saat ini menggunakan Autentikasi Multi-Faktor (MFA), terutama karena kerentanan kata sandi. Namun, hanya 16% organisasi dengan lebih dari 100.000 karyawan dan 14% organisasi dengan hingga 10.000 karyawan yang menerapkan pendekatan Zero Trust.

3. Keberlanjutan menjadi faktor penting dalam keputusan bisnis

Keberlanjutan terus menjadi prioritas bisnis yang tinggi, dengan 74% pengguna akhir dan 80% mitra melaporkan peningkatan pentingnya keberlanjutan dalam setahun terakhir.

4. Biometrik terus meningkatkan momentumnya

Dalam survei tahun ini, 39% instalator dan integrator mengatakan bahwa pelanggan mereka menggunakan sidik jari atau telapak tangan, dan 30% mengatakan mereka menggunakan pengenalan wajah.

5. Manajemen identitas menuju cloud

Hampir separuh pengguna akhir beralih ke manajemen identitas berbasis cloud, dengan 24% sudah menggunakannya dan 24% lainnya sedang mengimplementasikan sistem tersebut.

6. Munculnya kecerdasan buatan untuk kasus penggunaan analitik

Pembicaraan tentang kecerdasan buatan telah mendominasi lanskap bisnis, dan banyak profesional keamanan melihat kemampuan analitik AI sebagai buah yang bisa dipetik untuk meningkatkan manajemen identitas.

Dengan demikian, laporan ini bukan hanya merupakan cerminan tentang apa yang terjadi saat ini, tetapi juga sebuah panduan untuk menyusun strategi yang relevan dan responsif terhadap perubahan-perubahan ini. Sebagai pemimpin keamanan, penting untuk terus memantau tren ini dan mengadopsi solusi yang sesuai untuk menjaga organisasi tetap aman dan beradaptasi dengan perubahan yang terus berkembang.

Share
×
tekid
back to top