sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
Rabu, 24 Feb 2021 08:58 WIB

6 fitur baru Android yang akan segera dirilis Google

Pembaruan yang baru saja diperkenalkan menghadirkan sejumlah fitur baru Android, di antaranya memungkinkan pengguna mengirim pesan terjadwal.

6 fitur baru Android yang akan segera dirilis Google
Source: Google

Google baru saja mengumumkan akan meluncurkan pembaruan fitur Android kepada enam aplikasi Android, di antaranya Talkback, Android Auto, Google Password Manager, Google Messages, Google Maps, dan Google Assistant. Pembaruan membawa fitur-fitur berguna, seperti kemampuan menjadwalkan pesan teks yang akan dikirim.

Ada juga pembaruan yang memberi tahu pengguna apabila password yang mereka gunakan telah bocor. Pembaruan Android ini juga menambahkan mode gelap menyeluruh saat pengguna menggunakan aplikasi navigasi.

Perlu diingat, ini adalah pembaruan berkelanjutan, yang berarti Anda tidak dapat langsung mengakses. Saran dari kami, terus periksa Play Store Anda untuk memastikan apakah ada pembaruan untuk aplikasi tersebut atau tidak. Berikut penjelasan lebih lanjut terkait 6 pembaruan yang menghadirkan fitur baru Android dan akan segera luncurkan.

Goggle akan beri peringatan jika password sudah bocor

Jika Anda menggunakan Google Password Manager untuk mengisi nama pengguna dan kata sandi di Chrome atau aplikasi Android, pembaruan ini cocok untuk Anda. Google sekarang akan memeriksa semua kredensial login Anda untuk melihat apakah password tersebut telah bocor atau terungkap dalam peretasan. Jika ditemukan, prompt akan memberi tahu Anda dan menyarankan untuk segera mengubah kata sandi.

Pembaruan ini akan diluncurkan ke perangkat Android yang menjalankan Android 9 atau lebih tinggi. 

Mode gelap sepenuhnya di Google Maps

Untuk penggemar mode gelap di aplikasi Android, Google akhirnya menambahkan mode gelap di seluruh penjuru Google Maps. Sebelum ada pembaruan, Maps menawarkan mode gelap hanya saat pengguna aktif menggunakan navigasi. 

Setelah Maps diperbarui, Anda dapat mengaktifkan mode gelap setiap saat dengan membuka Pengaturan > Tema, lalu pilih Always on Dark Mode.

Pesan yang dijadwalkan

Jika Anda belum menggunakan Google Messages sebagai aplikasi pesan teks default Anda, pembaruan ini mungkin akan membuat Anda beralih. Google meluncurkan pembaruan yang menambahkan opsi untuk menjadwalkan pesan dikirim. Ini sangat berguna bagi Anda yang ingin mengirim pesan ke penerima di zona waktu yang berbeda. 

Untuk menggunakan fitur ini, alih-alih menekan tombol kirim, tekan lama pada tombol tersebut. Kemudian sebuah menu akan muncul, menanyakan kapan Anda ingin pesan dikirim.

TalkBack semakin mudah digunakan

Fitur aksesibilitas Google TalkBack mendapatkan pembaruan besar untuk membantu pengguna tunanetra atau rabun dalam navigasi dan menggunakan perangkat Android mereka. Pembaruan membawa gerakan baru, opsi navigasi, umpan balik lisan, dan menu.

Mengganti wallpaper di layar kendaraan

Pengguna Android Auto kini dapat mengatur wallpaper khusus yang ditampilkan di layar kendaraan mereka. Google juga menambahkan gim yang dapat diaktifkan dengan suara yang dapat dimainkan penumpang selama perjalanan jauh. Salah satu gim adalah Jeopardy.

Selain itu, ada juga pintasan ke layar Android Auto yang akan memudahkan untuk memeriksa cuaca atau akses cepat ke kontak untuk pesan dan panggilan.

Terakhir, Google Assistant kini dapat berinteraksi saat layar mati dan perangkat terkunci. Google mengatakan, kartu yang menampilkan informasi sekarang lebih besar, membuatnya lebih mudah untuk membaca tanggapan dari seluruh ruangan. Untuk memastikan fitur berfungsi seperti yang diharapkan, aktifkan Lock Screen Personal Results di halaman Google Assistant Anda.

Share
×
tekid
back to top