sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Minggu, 22 Des 2019 19:21 WIB

5 hasil temuan Google: penting untuk brand

Google membagikan laporannya terkait pencarian terpopuler di berbagai platform miliknya seperti Google Search hingga Youtube.

5 hasil temuan Google: penting untuk brand

Google membagikan laporannya terkait pencarian terpopuler di berbagai platform miliknya seperti Google Search hingga Youtube. Hasil ini diharapkan mampu membantu berbagai brand untuk lebih mengerti kebutuhan konsumen, sehingga produk maupun layanannya di masa mendatang bisa lebih menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

"Report ini kita buat berdasarkan dari platform kami, dari Google Search kebanyakan dan juga kita gabung juga dengan third party research. Lalu kita rangkum sedemikian rupa semoga bermanfaat buat industri di Indonesia, supaya mereka bisa mengerti apa sih perubahan tren yang terjadi di konsumen Indonesia tahun ini," kata Head of Large Customer Marketing, Muriel Makarim.

Dalam kesempatan yang sama, Muriel mengatakan, tahun ini pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia diprediksi mencapai sekitar USD40 miliar. Pertumbuhan ini meningkat lima kali lipat dibanding tahun 2015. Ke depannya, pertumbuhannya diprediksi meningkat pesat hingga USD130 miliar pada 2025. Untuk turut serta mengambil peluang tersebut, berikut 5 hal yang penting diperhatikan bagi brand, berdasarkan temuan Google.

1. E-money

E-money atau uang digital membuat transaksi digital di Indonesia meningkat. Bahkan produk teknologi finansial itu dinilai Google sebagai "key enabler" mengapa transaksi meningkat sepanjang tahun ini.

Data Google menunjukkan adanya peningkatan pencarian "Dompet digital terbaik" hingga tiga kali lipat. Artinya, konsumen kini berkeinginan mengetahui dompet digital mana yang terbaik untuknya.

Pengguna yang menelusuri kata kunci ini bukan hanya pengguna yang memakai e-money untuk bertransaksi, namun juga merchant dengan kata kunci "Cara menjadi merchant". Menurut Muriel, konsumen ingin mengetahui cara mempermudah transaksi baik dari sisi pengguna maupun merchant.

2. belanja online

Tahun lalu data Google menunjukkan konsumen yang berbelanja online berasal dari kota-kota besar. Namun kini perubahan terjadi dimana konsumen muncul dari luar kota besar.

"Di tahun ini bukan hanya saja online user tapi mereka membeli, jadi bukan hanya mencari informasi tetapi mereka mulai membeli, dan kita lihat pertumbuhannya banyak dari luar kota besar," ujarnya.

Pertumbuhan konsumen di kota kecil pun diprediksi akan dua kali lipat dibanding kota besar. Hal ini didorong oleh menyebarnya infrastruktur seluler ke berbagai wilayah di Tanah Air. Selain itu, harga smartphone pun semakin terjangkau sehingga semakin mendorong konsumen untuk go digital.

3. Konten digital

Konten digital yang tadinya ditonton melalui televisi, kini diakses konsumen melalui platform streaming seperti Youtube. Muriel menyebut konten sinetron dan berita merupakan konten tv yang paling tumbuh di Youtube.

"Dari Youtube user, monthly active user di Indonesia lebih dari 79 juta yang 18 tahun ke atas kita melihat tren (menonton) sinetron (dan) berita meningkat hampir 2 kali lipat. Salah satu pendorong ini adalah kenyamanan, 90 persen daripada orang yang akses internet memakai smartphone mereka," katanya.

4. Konsumen makin cerdas

Konsumen di Indonesia disebut Google semakin cerdas. Dalam hal make up misalnya, mereka biasanya melakukan beberapa langkah untuk membersihkan wajah. Data Google menunjukkan pencarian micellar water meningkat hingga dua kali lipat.

Selain itu, pencarian terkait mobil tanpa kunci pun meningkat, seperti halnya pencarian terkait garam Himalaya. Hal ini menunjukkan bahwa informasi yang didapat konsumen semakin mudah sehingga pemahaman mereka akan produk lebih tinggi. Produk yang mereka inginkan pun terbilang semakin kompleks.

5. Konsumen sadar akan isu lingkungan

Kesadaran konsumen akan isu lingkungan semakin tinggi. Hal ini menunjukkan konsumen di Indonesia mulai peduli terhadap dampak yang mereka lakukan terhadap lingkungan.

Data Google menunjukkan pencarian keyword "kualitas udara" meningkat pesat hampir empat kali lipat terutama saat kebakaran hutan berlangsung beberapa waktu lalu.

"Dan orang bukan hanya ingin tahu apa saja yang sedang terjadi di lingkungannya tapi ini nyambung ke produk ke barang atau aspirasi peningkatan elektrik car juga meningkat. Contohnya mobil listrik Blue Bird," kata Muriel.

Tag
Share
×
tekid
back to top