5 hal yang bakal Google berikan pada 7 Mei 2019 ini

Sebentar lagi, Google akan menggelar acara tahunannya, Google I/O. Apa saja yang bakal diumumkan Google tahun ini?

5 hal yang bakal Google berikan pada 7 Mei 2019 ini Source: Google

Google sebentar lagi bakal menggelar event tahunannya yang bernama Google I/O. Biasanya, dalam acara tersebut Google akan membeberkan sejumlah inovasi berupa update software dan perangkat terbarunya. Dalam laporan finansial beberapa waktu lalu, Google mengkonfirmasi akan memperkenalkan sejumlah hardware baru di I/O 2019, 7 Mei 2019 nanti. Apa saja hardware yang akan diperkenalkan Google?

Pixel 3a dan Pixel 3a XL


BACA JUGA

Kini Google Assistant bisa menemukan tempat parkir Anda

Google hentikan layanan Daydream VR dari Google Play Film & TV

Google akan pisah layanan Drive dan Photos bulan Juli


Tidak seperti manufaktur lainnya, Google terus terang menyatakan akan memperkenalkan dua lini smartphone terbarunya di konferensi I/O nanti. Kedua perangkat itu akan bernama Google Pixel 3a dan Pixel 3a XL.

Untuk diketahui, seri Pixel 3a merupakan versi kelas menengah dari seri Pixel 3 sebelumnya. Kedua smartphone ini akan memiliki kamera 12 MP yang dilengkapi dengan PIxel Visual Core. Bentuknya bahkan sama persis seperti versi premiumnya. Perbedaan hanya terletak pada chipset yang digunakan. Pada versi Pixel 3a menggunakan Snapdragon 670 dan pada versi Pixel 3a XL menggunakan Snapdragon 710.

Hingga saat ini, belum diketahui kapan Pixel 3a ini akan meluncur. Harganya pun masih belum diketahui. Namun diperkirakan harganya akan lebih murah ketimbang Pixel 3 versi standar.

Nest Hub Max

Kandidat kuat yang diprediksi pasti hadir adalah Nest Hub Max. Ini merupakan perangkat layar pintar dari Google. Nest Hub Max akan hadir dengan bentang layar 10 inci. Tak hanya dukungan Google Assistant, layar ini juga terintegrasi dengan Nest kamera yang mampu mendeteksi gerakan dan suara.

Nest Hub Max dapat digunakan sebagai monitor keamanan. Di samping itu, ada speaker stereo yang diklaim dapat menghasilkan suara musik yang lebih jelas dan beberapa video YouTube.

Android Q

Seperti tradisi yang dibangun Google, ajang I/O pasti akan diwarnai dengan hadirnya sistem operasi baru. Kali ini, Android Q diperkirakan akan mulai diperkenalkan secara resmi pada perhelatan tersebut. Sebelum ini Google sudah merilis versi beta nya pada bulan Maret.

Beberapa gambaran mengenai sistem operasi ini sudah banyak terbuka di dunia maya. Salah satunya adalah kemampuan pengguna untuk kembali ke versi aplikasi yang lebih lawas. Tak hanya itu, Android Q kemungkinan besar juga akan hadir dengan dukungan dark theme bahkan desktop mode untuk pengguna yang ingin menggunakan ponsel mereka di PC.

Update yang tak kalah pentingnya adalah dukungan sistem operasi ini untuk perangkat ponsel yang dapat dilipat. Google kemungkinan akan menyertakan teknologi face detection yang makin aman melalui beberapa sensor tambahan, menjadikannya makin mendekati Face ID milik Apple.

Kendati begitu, Google biasanya tidak langsung menjabarkan semua detail sistem operasi ini dalam satu kesempatan. Biasanya fitur-fitur lain akan terungkap ketika sistem operasi ini sudah mulai digunakan secara umum.

Android TV

Ada beberapa bocoran yang menyatakan bahwa Google akan memperbaharui Android TV di I/O. Sebagai pengingat, dukungan Google Assistant pada Android TV juga diumumkan Google pada ajang serupa di tahun 2017. Semenjak saat itu, belum ada update signifikan untuk sektor ini.

Kabarnya, tampilan Android TV bakal dipoles agar tampak semakin modern. Nantinya update tersebut diprediksi akan membantu Google Android TV untuk bersaing dengan TV pintar lain, seperti Samsung dengan sistem operasi Tizen atau LG dengan WebOS.

Kemampuan AI

Bukan rahasia lagi kalau kemampuan Artificial Intelligence semakin berkembang beberapa tahun ini. Bahkan AI menjadi salah satu titik pusat perkembangan sejumlah fitur pada perangkat digital. Kemungkinan besar, Google juga akan memamerkan kemampuan AI yang semakin baik untuk mendukung sejumlah perangkatnya.

Masih ada banyak sektor lain yang mungkin akan dielaborasi oleh Google. Misalnya saja, Google Stadia, layanan streaming gim baru milik Google. Hingga saat ini masih banyak pertanyaan yang belum terjawab tentang layanan tersebut. Belum lagi dengan ChromeOS, produk yang beberapa tahun ini sudah dikembangkan oleh Google.

Apapun update yang diberikan Google nanti, kita berharap agar hal tersebut mampu mendukung kehidupan manusia sehari-hari. Sambil membaca artikel ini, kita tunggu detail yang bakal dijabarkan Google pada 7 Mei mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: