sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Senin, 17 Okt 2022 13:36 WIB

5 Fitur baru di Samsung One UI 5, meluncur mulai Oktober 2022

Sistem operasi One UI 5 versi stabil mulai meluncur pada ponsel Samsung Galaxy S22 pada akhir Oktober 2022.

5 Fitur baru di Samsung One UI 5, meluncur mulai Oktober 2022

Samsung mengumumkan rencana untuk menghadirkan sistem operasi terbaru yang berbasis Android 13 pada akhir bulan ini. Versi stabil dari sistem operasi Samsung One UI 5 ini akan hadir mulai dari jajaran ponsel seri Galaxy S22.

Sistem operasi One UI 5 ini akan membawa sejumlah fitur baru seperti penyesuaian, keamanan hingga aksesibilitas yang lebih modern. Hal ini ditujukan untuk memberikan pengalaman pemakaian yang lebih baik untuk para pengguna smartphone Samsung.

Dilansir dari Android Authority (17/10), pembaruan One UI 5 ini akan dihadirkan untuk sebagian besar smartphone besutan Samsung. Meski begitu, jadwal peluncurannya akan bervariasi sesuai dengan pasar masing-masing. 

Lantas, apa saja yang turut dibawa Samsung melalui update One UI 5? Berikut ini sejumlah fitur baru yang akan hadir pada sistem operasi One UI 5. 

Bixby Text Call

Google terkenal dengan penggunaan pembelajaran mesinnya untuk menciptakan pengalaman baru seputar panggilan, seperti Direct My Call dan Call Screening. Sementara itu, Samsung juga turut hadir dalam menciptakan pengalaman tersebut melalui fitur Bixby Text Call-nya.

Fitur Bixby Text Call memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan lebih mudah. Melalui fitur ini, pengguna dapat menjawab panggilan telepon hanya dengan mengetik pesan. 

Caranya, Bixby Text Call akan mengonversi pesan menjadi audio sehingga pemanggil dapat mendengarnya. Platform cerdas dari Samsung ini juga akan mengubah suara dari penelepon ke dalam bentuk teks agar pengguna dapat melanjutkan percakapan. Samsung mengatakan, fitur ini sangat ideal untuk lingkungan seperti transportasi umum atau konser.

Fitur Bixby Text Call ini akan tersedia lebih dulu di Korea Selatan sebagai bagian dari pembaruan One UI sebelumnya. Sementara itu, Bixby Text Call versi bahasa Inggris serta global baru akan meluncurkan pada awal 2023.

Routines and Mode

Samsung juga akan menghadirkan fungsionalitas pengaturan cerdas ke dalam sistem operasi terbarunya. Melalui fitur Routines dan Mode di One UI 5, pengguna akan dimungkinkan untuk mengatur berbagai aktivitas harian dengan lebih mudah. 

Dengan Routines, pengguna bakal bisa mengatur kegiatan berdasarkan rutinitas yang tercatat. Sementara fitur Mode akan memudahkan pengguna untuk menyesuaikan pengaturan di berbagai situasi, seperti tidur, olahraga, dan mengemudi. 

Saat berolahraga, misalnya, pengguna dapat membisukan notifikasi agar tetap fokus dan tidak memiliki gangguan apa pun. Pengguna juga bisa mengaktifkan mode gelap dan mematikan suara ketika akan tidur untuk membuat lebih rileks. 

Widget 

Meski bukan fitur baru, Samsung juga menghadirkan tampilan Widget dengan opsi baru di sistem operasi One UI 5. Opsi baru ini memberikan kemampuan menarik untuk membuat layar Home menjadi tetap terlihat rapi. 

Video Wallpaper

One UI 5 juga dilengkapi dengan Video Wallpaper dari aplikasi Lockstar of Good Lock. Fitur ini memberikan kemudahan kepada pengguna untuk memangkas video dan menambahkannya ke layar kunci ponsel. 

Dasbor Keamanan dan Privasi

Melalui pembaruan One UI 5, Samsung juga menawarkan dasbor keamanan dan privasi dalam satu tempat yang sama di ponsel. Melalui cara tersebut, pengguna akan lebih mudah untuk menavigasi keamanan dan privasi mereka. 

“Dengan satu pandangan sekilas, Anda bisa mendapatkan gambaran singkat tentang keamanan perangkat Anda dan menemukan saran dan peringatan tergantung pada statusnya,” jelas Samsung. 

Meski begitu, ini bukan satu-satunya tambahan terkait privasi pada perangkat Android. Pasalnya, One UI 5 juga akan memperingatkan pengguna di panel berbagi ketika mereka akan membagikan foto yang berisi informasi pribadi yang sensitif seperti info kartu kredit, SIM, paspor, nomor jaminan sosial.

Sebagai informasi, Samsung telah mengkonfirmasi kehadiran One UI 5 versi stabil ke seri Galaxy S22 pada akhir Oktober. Pembaruan sistem operasi berbasis Android 13 ini akan meliputi jajaran seri Galaxy Note 20, Galaxy S20 FE, Galaxy Z Flip, Galaxy Z Fold 2, dan sejumlah model lain yang lebih baru. 
 

Share
×
tekid
back to top