sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 14 Des 2020 13:05 WIB

5 cara mudah cek IMEI iPhone

Replika dari iPhone ini banyak diproduksi sehingga identik dengan iPhone original. Untuk itu, berikut kami rangkum cara mudah cek IMEI iPhone.

5 cara mudah cek IMEI iPhone
Source: Unsplash

Regulasi nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) sudah berlaku sejak 18 April. Dengan regulasi tersebut, perangkat dengan  IMEI ilegal atau black market (BM) yang baru diaktifkan pada 18 April dan seterusnya, tidak akan berfungsi dengan optimal.

iPhone menjadi salah satu perangkat populer di masyarakat. Smartphone ini juga dikenal andal untuk menunjang aktivitas pengguna. Tak jarang jika replika dari smartphone ini banyak diproduksi sehingga identik dengan iPhone original. Untuk itu, berikut kami rangkum cara mudah cek IMEI iPhone.

Cek via Box iPhone

Saat membeli iPhone, Anda tentu mendapatkan perangkat beserta box-nya. Jika Anda perhatikan, di bagian belakang kotak yang mengemas iPhone, ada beberapa nomor yang tertera. Di antara nomor tersebut yaitu nomor SN, SKU, dan IMEI.

Jika sudah menemukannya, cocokkan nomor IMEI yang tertera di kotak pembelian dengan IMEI yang sudah Anda temukan di ponsel. Jika nomor yang Anda temukan berbeda, ada kemungkinan iPhone yang Anda dapatkan merupakan iPhone palsu.

Cek di About

Jika sudah menemukan nomor IMEI pada kotak iPhone, Anda dapat melakukan pengecekan nomor yang tertera tersebut di dalam sistem perangkat. Anda hanya perlu membuka menu Settings > General > About. Di sana Anda akan menemukan informasi detail perangkat, termasuk IMEI yang terdiri dari 15 digit angka.

Cek di bodi iPhone

Anda juga bisa melakukan pengecekan IMEI di bagian belakang fisik ponsel. Praktik ini bisa dilakukan untuk iPhone 5, 5c, 5s, 6, dan 6+. Cara ini akan lebih mudah dilakukan, karena Anda tidak perlu mengaktifkan ponsel terlebih dahulu. Anda hanya perlu membalik ponsel dan melihat nomor pada casing-nya.

Cek di slot sim card

Untuk lebih meyakinkan bahwa seluruh nomor IMEI sama, Anda bisa melakukan pengecekan slot SIM card. Di rangka slot SIM card, tertera nomor IMEI dalam ukuran yang kecil. Namun demikian, cara ini hanya bisa dilakukan pada model tertentu saja. 

Cek pakai dial number

Anda juga bisa menggunakan kode dial untuk mengecek IMEI iPhone. Caranya, masuk ke menu telepon dan masukkan kode *#06#. Lalu tekan dial dan secara otomatis perangkat akan menunjukkan detail nomor IMEI perangkat yang Anda gunakan.

Nomor IMEI sendiri sangatlah penting, karena bisa digunakan untuk memastikan bahwa perangkat itu asli. Tidak hanya itu, nomor IMEI juga bisa digunakan untuk memastikan legalitas produk.

Jika IMEI iPhone Anda tidak terdaftar di https://imei.kemenperin.go.id, artinya produk tersebut merupakan produk BM. Dengan kata lain, produk tersebut tidak masuk secara resmi ke Indonesia, sehingga akan menyulitkan Anda ketika melakukan perbaikan atau klaim garansi. iPhone original sendiri bisa Anda dapatkan di Erafone dan iBox, sebagai distributor resmi produk Apple di Indonesia.

Belum lama ini kedua perusahaan ritel di bawah naungan itu juga sudah menggelar pre order iPhone seri baru mencakup iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. 

Share
×
tekid
back to top