sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
Senin, 19 Jul 2021 13:14 WIB

4 cara tingkatkan keamanan akun Instagram

Instagram baru meluncurkan fitur Security Checkup, tapi perusahaan menganjurkan pengguna untuk melengkapi cara lain. Berikut, cara meningkatkan keamanan akun Instagram.

4 cara tingkatkan keamanan akun Instagram
Credit: Unsplash

Belum lama ini Instagram memperkenalkan fitur layanan keamanan terbaru, yakni Security Checkup. Fitur ini akan membuat pengguna dapat mengembalikan akun miliknya jika mengalami peretasan. Security Checkup akan berjalan ketika Anda login ke akun Instragam. Anda akan disajikan beberapa panduan yang diperlukan untuk verifikasi akun. Panduan tersebut meliputi pemeriksaan aktivitas login, peninjauan informasi profil, konfirmasi akun yang login, dan pembaruan informasi kontak pemulihan akun.

Security Checkup dihadirkan Instagram, mengingat beberapa waktu belakangan terdapat sejumlah laporan yang mengabarkan tentang keberadaan akun palsu yang menyamar sebagai akun resmi Instagram. Akun palsu itu mengirimkan pesan melalui direct message (DM) ke para pengguna yang meminta informasi login (username dan password), dengan dalih pengguna telah melakukan pelanggaran kebijakan Instagram. Instagram memberi konfirmasi hal ini merupakan penipuan dan pihaknya tidak pernah memberi pemberitahuan pada pengguna melalui DM. Penipuan seperti ini tentu dapat meningkatkan kerentanan keamanan akun pengguna Instagram.

Meski Instagram menyediakan fitur Security Checkup, tapi ini bukan merupakan cara utama untuk menjaga keamanan akun Anda. Instagram menganjurkan pada para pengguna untuk melengkapi cara lain dalam meningkatkan keamanan akunnya. Lebih lengkapnya, berikut beberapa cara untuk meningkatkan keamanan akun Instagram Anda.

  • Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Autentikasi Dua Faktor telah menjadi fitur pengaman yang kini banyak terpasang di beberapa platform. Ini akan berjalan seperti alat verifikasi akun dengan menggunakan perangkat lain. Jadi, tidak hanya username dan password saja. Instagram memberi saran untuk mengaktifkan fitur ini supaya akun Anda lebih aman. Anda dapat meningkatkan keamanan akun dengan mengaktifkan fitur ini menggunakan nomor telepon.

  • Perbarui nomor telepon dan email

Selain autentikasi dua faktor, Anda perlu untuk selalu memastikan email dan nomor telepon yang digunakan pada akun Instagram Anda adalah yang paling baru serta aktif. Dengan begitu, jika terjadi sesuatu pada akun Anda, Instagram tetap dapat menghubungi Anda. Cara ini memungkinkan Anda untuk memulihkan akun, meski informasi Anda telah diubah oleh peretas.

  • Laporkan konten dan akun yang mencurigakan

Meski Instagram melakukan peningkatan fitur keamanan untuk mengatasi peretasan yang kian berkembang caranya, tapi Anda juga bisa memberikan tindakan untuk melaporkan perilaku yang terindikasi mencurigakan. Anda dapat melaporkan setiap konten dan akun yang mencurigakan pada pihak Instagram.

  • Akftifkan Permintaan Login

Saat Anda mengaktifkan autentikasi dua faktor di Instagram, Anda secara langsung juga mengaktifkan pengaturan permintaan Login. Jadi setiap aktivitas login pada akun Anda dari perangkat atau browser yang tidak dikenali, Instagram akan memberikan peringatan pada Anda. Peringatan ini akan memberi tahu Anda, terkait perangkat mana yang mencoba login dan lokasinya.

Selanjunya, Anda diberikan pilihan untuk menyetujui atau menolak permintaan login tersebut. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa daftar perangkat yang login menggunakan akun Instagram Anda. Ini dapat dilakukan melalui menu Pengaturan, kemudian pilih Security lalu Login Activity. Jika Anda tidak mengenali aktivitas login dari perangkat dan lokasi tertentu, Anda dapat melakukan logout akun dari perangkat tersebut.

Share
×
img
×
tekid
back to top