sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Rabu, 28 Sep 2022 14:21 WIB

Selain sidik jari dan wajah, berikut 3 fitur keamanan OPPO Reno8 Z 5G untuk jaga privasi

Selain memiliki performa cepat dan desain bagus, OPPO Reno8 Z 5G juga menghadirkan keamanan tambahan untuk meningkatkan privasi.

Selain sidik jari dan wajah, berikut 3 fitur keamanan OPPO Reno8 Z 5G untuk jaga privasi

Belum lama ini, tim Tek.id telah mengulas ponsel OPPO Reno8 Z 5G. Seperti yang sudah-sudah, ponsel terbaru dalam jajaran seri Reno milik OPPO ini selalu menawarkan kinerja yang gesit, fitur yang cukup beragam, dan kemampuan fotografi yang apik. Selain itu, kamu dapat menggunakan ponsel ini untuk kegiatan sehari-hari dengan baterai yang tahan lama dan makin pede dengan desainnya yang stylish. Tak ketinggalan dari sisi keamanan sudah mendukung pemindai sidik jari dan wajah

Namun, sistem keamanan pada ponsel OPPO Reno8 Z 5G yang dibanderol dengan harga Rp5.999.000, bukan itu saja. Ada beberapa fitur keamanan lain yang bisa kamu optimalkan. Jika sudah memiliki ponsel ini, ada beberapa cara untuk meningkatkan keamanan OPPO Reno8 Z 5G. Berikut adalah cara memaksimalkan fitur-fitur keamanannya:

1. Notifikasi baru tak bisa dilihat orang lain

Ketika sedang berada di tempat umum, ada kemungkinan layar ponsel kita terlihat oleh orang lain. Untuk menghindari hal tersebut OPPO menghadirkan Anti Peeping Notification atau Smart Notification Hiding. Sesuai namanya, fitur ini akan secara otomatis menyembunyikan isi pesan pada notifikasi, ketika ada orang yang terdeteksi atau mengintip ke layar ponsel OPPO Reno8 Z 5G.

Dalam kondisi hanya ada wajah pengguna saja yang terdeteksi, maka isi dari pesan tersebut akan ditampilkan. Namun, ketika fitur ini mendeteksi ada wajah lain selain wajah pengguna, maka isi pesan yang masuk ke ponsel akan disembunyikan.

Fitur ini memanfaatkan algoritma pengenalan pintar untuk mendeteksi wajah pengguna dan wajah lainnya. Setelah diaktifkan, maka ketika ada notifikasi masuk, fitur ini akan memindai melalui kamera depan. Ini adalah cara mengaktifkannya:

- Masuk ke dalam pengaturan ponsel

- Pilih ‘Notification & status bar’

- Aktifkan ‘Smart notification hiding’

 

2. Proteksi aplikasi saat multitasking

Fitur keamanan selanjutnya yang bisa kamu terapkan pada ponsel OPPO Reno8 Z 5G adalah Recent Task Protection. Ini berguna menyembunyikan deretan aplikasi ketika kamu sedang melakukan multitasking. Dengan demikian, orang yang sedang berada di dekat kamu tidak akan mengetahui aplikasi apa saja yang sedang kamu gunakan. Sangat mudah dan sederhana untuk mengaktifkan fitur Recent Task Protection. Berikut adalah caranya:

- Pergi ke tampilan Recent Task pada layar dengan menekan tombol virtual tiga garis pada bagian bawah layar.

- Setelah itu, akan muncul beberapa aplikasi yang telah kamu gunakan. Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin disembunyikan saat multitasking dengan menekan tombol tiga titik di kanan atas.

- Selanjutnya adalah menekan opsi ‘Hide content’. Pada titik ini, aplikasi yang yang dimaksud tidak akan terlihat pada deretan aplikasi terkini.

3. Password untuk menonaktifkan ponsel

Fitur keamanan yang tidak kalah penting adalah ‘Require Password to Power Off’. Ketika mengaktifkan opsi ini, kamu harus memasukkan password (kata sandi), sidik jari, atau sistem keamanan lainnya yang serupa ketika ingin mematikan ponsel. Dengan fitur keamanan ini, maka tidak semua orang akan bebas mematikan ponsel. Dalam kasus tertentu, ketika ponsel dicuri dan pencuri akan kesulitan untuk mematikannya. Cara mengaktifkannya adalah:

- Masuk ke menu pengaturan ponsel

- Kemudian pilih ‘Password & Security’

- Pilih ‘System security’

- Pada titik ini, aktifkan ‘Require password to power off’.

Itulah tadi fitur keamanan tambahan dari ponsel OPPO Reno8 Z 5G. Selain keamanan yang melimpah, sesuai namanya, ponsel tersebut juga memiliki konektivitas tercepat saat ini berkat konektivitas 5G. Sistem operasi yang digunakannya adalah Android 12 dengan sistem antarmuka pengguna ColorOS 12.1. Hal yang tidak kalah menarik adalah OPPO telah menjanjikan pembaruan antarmuka ColorOS 13 pada bulan Desember 2022.

Editor
Share
×
tekid
back to top