2019, butuh enggak sih sensor sidik jari di balik layar?

Sensor sidik jari di balik layar mulai banyak diadopsi oleh smartphone. Teknologi ini menjadi tren yang mewarnai industri smartphone 2019 ini.

2019, butuh enggak sih sensor sidik jari di balik layar?

Produsen smartphone Android nampaknya masih setia dengan sensor sidik jari, ketimbang beralih menggunakan Face ID. Meski sebenarnya sensor pengenal wajah ini juga terpasang di beragam smartphone Android. Tetap saja sensor sidik jari jadi fitur pengaman favorit bagi para produsen.

Sebenarnya teknologi sensor sidik jari di balik layar ini memanfaatkan kamera di bawah layar. Kamera ini akan menyamakan pola sidik jari pengguna yang sebelumnya sudah terekam.


BACA JUGA

Oppo bangun pusat litbang baru demi percepat inovasi global

Oppo Find Y bakal jadi suksesor Find X

Oppo pamer smartphone berkamera selfie dalam layar


Sensor sidik jari di layar ini sebenarnya memiliki kelebihan dibandingkan sensor sidik jari biasanya. Pertama, sensor sidik jari fisik bisa terletak di mana saja. Posisinya di belakang maupun di samping bodi. Posisi sensor sidik jari ini tidak selalu tepat guna. Jadi akan lebih praktis kalau diletakkan di dalam layar yang memang selalu diakses pengguna setiap saat.

Selain itu sensor sidik jari di dalam layar ini mampu membaca sidik jari yang kering maupun berkeringat (sedikit basah). Hal ini terbukti pada In Display Sensor pada Oppo R17 Pro.

Selain itu, komponen di dalam layarnya sangat tipis. Hal ini tentunya tidak membuat desain Oppo R17 Pro menjadi terlalu tebal. Justru dengan berkurangnya ruang untuk menempatkan sensor sidik jari fisik di Oppo R17 Pro, layar Oppo R17 Pro makin lega. Ini berguna sekali bagi pecinta hiburan dan gamer mobile yang sangat perlu ponsel pintar berlayar lega, saat menikmati konten kesukaan.

Saat layar sudah terbuka, pengguna tidak akan terganggu oleh kehadiran In Display Fingerprint Sensor pada Oppo R17 Pro.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Editor :
Tek ID