10 smartphone pilihan di bawah 4 juta untuk Lebaran

Lebaran nanti bisa jadi merupakan saat bagi kamu untuk mengganti perangkat ponsel kesayangan kamu. Berikut ini Tek.id hadirkan 10 smartphone terbaik di bawah 4 juta yang mungkin cocok buat kamu.

10 smartphone pilihan di bawah 4 juta untuk Lebaran Source: Pexels

Smartphone menjadi salah satu barang yang tak lepas dari kehidupan sehari-hari. Hingga saat ini, kegunaan smartphone mulai merasuk ke berbagai aspek kehidupan, mulai dari sekadar alat berkomunikasi hingga metode pembayaran secara digital.

Nah, di rentang harga 2 sampai 4 jutaan, ada banyak smartphone yang bisa Kamu pilih. Masing-masing vendor menawarkan keunggulan tersendiri. Misalnya, baterai besar, pengalaman bermain hingga ke dukungan AI untuk mempercantik hasil foto. Kira-kira apa saja smartphone terbaik di rentang harga 2 hingga 4 juta rupiah yang cocok untuk dipakai saat Lebaran nanti?


BACA JUGA

Kamera Honor 20 Pro toreh nilai 111 poin dari DxOMark

Smartphone entry-level serba bisa itu benaran ada

Rumor: Pixel 4 tidak akan punya tombol fisik dan notch


Simak daftar yang sudah Tek.id buat berikut ini!

 

Vivo Y17

Vivo menghadirkan Y17 pada April 2019 lalu. Smartphone ini hadir dengan layar 6,53 inci dan rasio screen to body sebesar 89%. Di Indonesia, Y17 hadir dengan spesifikasi RAM 4GB dan memori internal 128 GB. performanya ditopang oleh chipset MediaTek P35.

Nah, yang paling menarik adalah baterainya berkapasitas 5000 mAh dengan teknologi Dual Engine Fast Charging 18 W. Performa gamingnya didukung dengan Ultra Game Mode dengan dua fitur pilihan, yakni Competition Mode, yang mengalokasikan performa ketika dipakai bermain, dan Dual Turbo yang diklaim bisa mengurangi Frame Drop.

Di sektor kamera, ada tiga kamera belakang, masing-masing dengan resolusi 13MP kamera utama, 8MP ultrawide angle dan 2MP depth sensor. Kamera ini pun dibekali dengan kemampuan AI. Sementara kamera depan mengusung kamera 20MP yang dilengkapi AI Face Beauty.

Sistem operasi vivo Y17 berjalan pada Android 9 Pie dan antarmuka Funtouch OS 9. Untuk diketahui, vivo Y17 dibanderol seharga Rp2.999.000 dan dapat dibeli dari sini.

 

Vivo V15

Bagi kamu yang ingin memiliki smartphone dengan konsep berbeda dari smartphone lainnya, mungkin vivo V15 bisa menjadi pilihan yang tepat. Desainnya mengusung pop up camera. Apalagi, vivo V15 merupakan smartphone pop up camera pertama di Indonesia.

Vivo V15 hadir dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 di bagian layar 6,53 inci dan bodi belakangnya. Desain pop up cameranya memungkinkan smartphone ini hadir tanpa notch.

Beralih ke dapur pacu, vivo V15 dibekali dengan chipset Helio P70 Octa Core 2,1 GHz. Tersedia RAM 6 GB dengan memori internal 64 GB. Kapasitasnya dapat ditambah hingga 256 GB menggunakan kartu memori.

Vivo V15 mengusung tiga kamera belakang dengan konfigurasi 12MP kamera utama, 8MP ultrawide angle dan 5MP kamera depth sensor. Di sini, terdapat juga AI Scene Recognition yang mampu mendeteksi objek apa yang hendak di foto. Sedangkan pop up camera-nya mengusung kamera 32MP yang diperkuat dengan AI Face Beauty dan fitur di dalamnya. Jangan lupakan efek bokeh yang juga sudah tersedia.

Dijual seharga 3,7 jutaan rupiah, smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 4000 mAh dengan teknologi Dual Engine Fast Charging 9V/2A. Sistem operasi sudah berjalan pada Android 9 Pie dengan antarmuka Funtouch OS 9. Kamu bisa mendapatkan vivo V15 di sini.

 

Realme 3 Pro

Realme 3 Pro hadir di Indonesia pada Mei 2019. Smartphone ini bisa dibilang sebagai flagship di kelas menengah. Pasalnya Realme menyiapkan chipset Snapdragon 710 AIE yang dikombinasikan dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB.

Realme 3 Pro juga dibekali dengan baterai berkapasitas 4045 mAh yang didukung dengan VOOC 3.0. Realme mengklaim dengan pengisian selama 10 menit, smartphone ini dapat digunakan dalam jangka waktu 5 jam ke depan.

Dari sektor kamera, sejumlah fitur unggulan pun disematkan. Kamera belakang ganda 16MP dan 5MP sudah dapat melakukan perekaman 4K. Tak hanya itu, dengan update baru, Realme 3 Pro dapat merekam video super slow motion 960fps yang ditopang juga dengan stabilizer EIS. Tak hanya itu, untuk urusan foto, Realme juga menyematkan fitur Nightscape untuk potret malam hari dan Chroma Boost untuk meningkatkan kualitas hasil jepretan Realme 3 Pro.

Untuk diketahui, Realme 3 Pro hadir dengan bentang layar 6,3 inci dengan perlindungan Gorilla Glass 5. Sistem operasinya berjalan pada Android 9 Pie dengan antarmuka ColorOS 6. Realme 3 Pro dibanderol Rp3.699.000 dan bisa didapatkan di sini.

 

Xiaomi Redmi Note 7

Redmi Note 7 merupakan produk pertama Redmi setelah berdiri sebagai brand sendiri. Smartphone ini menawarkan fitur utama berupa kamera ganda 48MP f/1.8 dan 5MP f/2.4. Sementara di bagian depan ada kamera 13MP yang diperkuat dengan sejumlah fitur AI seperti AI Smart Beauty, AI Face Unlock dan mode portrait.

Performa Redmi Note 7 ditopang chipset Snapdragon 660 yang dikombinasikan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. sebenarnya ada versi yang lebih rendah dengan kombinasi RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Jika memori dirasa kurang, Redmi Note 7 menyediakan slot khusus untuk MicroSD.

Hadir dengan layar 6,3 inci, smartphone ini punya bezel yang terbilang tipis, hanya 1,95mm. Casingnya dibalut material kaca untuk memancarkan kesan premium. Tak hanya itu, Android 9 Pie sudah terpasang dalam Redmi Note 7.

Terdapat baterai berkapasitas 4000 mAh yang sudah ditopang dengan fitur fast charging 4.0. Pengisian daya dilakukan melalui USB-C. Untungnya, masih terdapat konektor jack 3,5mm. Berminat, klik link ini.

Xiaomi Mi 8 Lite

Xiaomi Mi 8 Lite hadir sebagai varian lebih rendah dan terjangkau dari Xiaomi Mi 8. Meski dikatakan lebih rendah, toh prosesornya sudah menggunakan Snapdragon 660 dengan kombinasi RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Layarnya juga tampil cukup lega dengan ukuran 6,26 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 5 di bodinya.

Waktu rilis, Xiaomi menyatakan bahwa Mi 8 Lite di desain khusus untuk Instagram. Kamera belakangnya ada dua, 12MP dan 5Mp dengan dukungan AI scene detection. Setidaknya ada 27 kategori yang bisa dideteksi AI ini. Beberapa fitur lain di kamera belakang adalah Dual Pixel Autofocus, AI Studio Lighting, AI Adjustable Bokeh dan AI Dynamic Bokeh.  

Di bagian depan terdapat kamera 24MP f/2.2 yang juga didukung dengan performa AI Beautify bahkan pada mode video. Kemudian AI Portrait Mode untuk menghasilkan efek bokeh pada foto selfie dan Soft Screen flash.  

Performa Xiaomi Mi 8 Lite ditunjang juga dengan baterai berkapasitas 3350 mAh dengan dukungan Qualcomm Quick Charge 3.0. Di toko online, Xiaomi Mi 8 Lite saat ini dibanderol seharga Rp2.749.000. Kalau tertarik, Kamu bisa membelinya di sini.

 

Samsung A50

Samsung Galaxy A50 merupakan produk pertama yang dihadirkan Samsung di Indonesia setelah menghentikan seri J mereka. Nah, smartphone ini hadir dengan layar Super AMOLED 6,4 inci Infinity-U.

Di sektor kamera, terdapat tiga kamera dengan konfigurasi 25MP (f/1.7), 8MP (f/2.2) yang mengakomodir foto dan video dengan angle dengan sudut mencapai 123 derajat dan 5MP untuk menangkap kedalaman gambar. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 25MP.

Performanya ditunjang chipset Exynos 9610 yang dikombinasikan dengan RAM 4GB dan 64GB. Sebenarnya ada versi yang lebih tinggi, yakni RAM 6GB dan memori 128GB, namun dibanderol dengan harga lebih tinggi.

Sementara dayanya mengandalkan baterai berkapasitas 4000 mAh dengan dukungan fitur fast charging 15W. Fitur lainnya yang hadir di Galaxy A50 adalah USB Type C, Samsung Pay, Bixby Vision, Bixby Voice, Bixby Reminder dan tentunya on-screen fingerprint. Galaxy A50 saat ini dibanderol seharga Rp3.789.000 dan bisa dibeli di sini.  

 

Samsung A20

Sedikit berbeda dengan Galaxy A50, A20 hadir dengan spesifikasi yang lebih sederhana, namun dengan harga yang juga lebih murah. Saat ini Galaxy A20 dihargai Rp2.059.000.

Layarnya masih menggunakan panel Super AMOLED dengan ukuran 6,4 inci. Dari segi ukuran layar, tak ada perbedaan antara Galaxy A50 dengan Galaxy A20. Bedanya terletak pada resolusi layarnya. Galaxy A20 punya resolusi layar 720x1080p.

Samsung Galaxy A20 ditenagai oleh chipset Exynos 7884 Octa Core (2x1.6 GHz & 6x1.35 GHz). Terdapat pula RAM berkapasitas 3GB dan memori internal sebesar 32GB yang dapat ditambah hingga kapasitas 1TB. Galaxy A20 hanya hadir dalam satu pilihan memori saja.

Galaxy A20 dibekali dengan kamera belakang ganda beresolusi 13MP dan 5MP. Kameranya sudah mendukung fitur wide angle. Sementara kamera depan hadir dengan resolusi 8MP yang sudah didukung dengan fitur Beauty dan portrait mode yang bernama Live Focus. Menariknya, Kamu bisa mengubah seberapa dalam efek blur yang diinginkan.

Kendati hadir dengan spesifikasi yang lebih rendah, kapasitas baterainya tetap sejumbo Galaxy A50, yakni 4000 mAh dengan fitur fast charging 15W menggunakan USB Type C. Untuk membeli Galaxy A20, kamu bisa membelinya di sini.

 

Asus Zenfone Max Pro M2

Asus memperbarui lini kelas menengahnya dengan Zenfone Max Pro M2. Ini merupakan upgrade dari seri sebelumnya, yakni dengan dukungan chipset Snapdragon 660, serta kombinasi RAM 4GB dan memori internal 64GB. Sebenarnya Asus menawarkan pilihan RAM 6GB, namun produknya dibanderol lebih mahal dan agak sulit ditemui.

Dari sisi kamera, terdapat dua kamera belakang dengan resolusi 12MP (f/1.8) dan 5MP (f/2.4) yang bertugas untuk menangkap kedalaman gambar yang diambil. Kamera belakangnya sudah dibekali dengan EIS dan mampu merekam video dengan kualitas 4K. Sementara di bagian depannya, terdapat notch dengan kamera depan 13MP.

Asus secara khusus memposisikan smartphone ini sebagai sebuah smartphone gaming di kelas menengah. Apalagi, Zenfone Max Pro M2 hadir dengan dukungan baterai 5000 mAh yang diklaim dapat bertahan lama bahkan ketika digunakan untuk bermain gim dalam waktu lama.

Jika tertarik kamu bisa membelinya di sini.

 

Honor 10 Lite

Honor 10 Lite merupakan smartphone pertama yang dirilis Honor di tahun 2019. Tak cuma pertama dirilis, smartphone ini juga didapuk sebagai smartphone selfie pertama yang dimiliki Honor. Pasalnya, kamera depannya mengandalkan kamera 24MP dengan sensor Sony IMX576 yang diklaim mampu menangkap gambar sebaik kamera belakangnya. Fitur AI-nya bahkan bisa mendeteksi jenis kelamin objek yang ditangkap kamera.

Sementara di bagian belakang, terdapat kamera ganda 13MP dan 2MP. Masing-masing berperan sebagai kamera utama dengan fitur wide dan kamera depth sensor untuk menghasilkan efek bokeh.

Honor 10 lite mengusung layar berukuran 6,21 inci, bezel yang tipis dan notch berbentuk dewdrop. Sementara prosesornya menggunakan chipset Kirin 710, RAM 4GB dan memori internal 64GB. Semuanya ditopang baterai berkapasitas 3400 mAh dengan dukungan fast charging.

Khusus gaming, Honor menyematkan GPU Turbo 2.0 untuk mengakomodir aktivitas bermain gim. Hal ini akan mendukung fram rate yang lebih tinggi dan fungsi peredam getaran. Honor 10 Lite dibanderol seharga Rp3.299.000 dan bisa didapatkan di sini.

 

Honor 8X

Ini merupakan daftar terakhir yang diberikan Tei.id, yakni Honor 8X. Memang smartphone ini termasuk keluaran tahun lalu, namun sejumlah fitur yang ditawarkan ternyata tidak kalah dengan beberapa smartphone yang rilis tahun ini.

Honor 8X hadir dengan ukuran layar 6,5 inci dengan tampilan premium berkat bezelnya yang tipis. Rasionya bahkan mencapai 91 persen. Terdapat pula notch di layar bagian atas.

Honor 8X ditenagai oleh chipset Kirin 710 yang dikombinasikan dengan RAM 4GB dengan penyimpanan 128GB. Meski besar, kapasitas penyimpanan itu dapat ditambah menggunakan microSD. GPU Turbo generasi pertama hadir pula di smartphone ini untuk menjanjikan pengalaman gaming yang lebih baik.

Di bagian belakang, ada kamera ganda 20MP dan 2MP. Performanya sudah didukung dengan AI yang mampu mengenali 500 skenario dalam 22 kategori berbeda. Tak hanya itu, mode night-nya diklaim mampu mengabadikan momen dengan baik.

Buat kamu yang peduli dengan privasi, Honor 8X dibekali dengan dua mode keamanan biometrik, yakni sensor sidik jari yang terletak di bodi belakang dan Face Unlock. Berbekal baterai 3750mAh, smartphone ini masih hadir dengan sistem operasi Android Oreo.

Kamu bisa mendapatkan Honor 8X di sini seharga Rp3.599.000

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: