1.000 karyawan Google protes proyek Dragonfly di China

Sekitar 1.000 karyawan kabarnya menandatangani surat terbuka yang isinya meminta Google untuk transparan terkait proyek Dragonfly

1.000 karyawan Google protes proyek Dragonfly di China (Foto: Techjuice)

Google cukup lama tak beroperasi di China karena regulasi yang rumit. Kendati begitu perusahaan terus mencoba berbagai cara agar bisa kembali digunakan oleh masyarakat China. Sayangnya karyawan Google justru tak menyukai upaya perusahaan untuk kembali ke China. Karyawan yang tak sependapat itu bahkan memilih mengundurkan diri perusahaan. 

Google memang menjadi sorotan sejak rencana untuk membuat mesin pencarian khusus di China terungkap. Proyek itu kabarnya memiliki nama Dragonfly. Sekitar 1.000 karyawan kabarnya menandatangani surat terbuka yang isinya meminta Google untuk transparan terkait proyek itu dan meminta perusahaan menciptakan proses peninjauan etik termasuk pada karyawan biasa, bukan hanya kepada eksekutif.

Beberapa karyawan dilaporkan akan benar-benar meninggalkan perusahaan sepenuhnya. Satu diantaranya yaitu Jack Poulson, seorang ilmuwan peneliti senior yang bekerja di Google selama lebih dari dua tahun. Sebelumnya dia merupakan asisten profesor matematika di Stanford, dan mengajukan pengunduran diri dari Google pada 31 Agustus.

Setidaknya enam karyawan lainnya juga mengundurkan diri dari proyek Dragonfly, sebagaimana dilaporkan BuzzFeed. Daftar nama karyawan juga kabarnya telah beredar di seluruh sistem komunikasi internal perusahaan.

Sayangnya Poulson belum memberikan komentar. Begitu pula dengan juru bicara Google yang menolak memberikan tanggapan dengan berkata "Adalah kebijakan kami untuk tidak berkomentar karyawan secara individu."

Dia juga menegaskan bahwa proyek itu tak akan terjadi dalam waktu dekat. Hal ini sendiri memang telah disebutkan perusahaan beberapa waktu sebelumnya. "Kami telah berinvestasi selama bertahun-tahun untuk membantu pengguna China, mulai dari mengembangkan Android, melalui aplikasi seperti Google Translate dan File Go, dan tools pengembang kami.. Namun pekerjaan kami pada pencarian telah menjadi eksplorasi dan kami tidak akan segera meluncurkan produk pencarian di China," kata juru bicara itu.

pengunduran diri karyawan ini merupakan kedua kalinya dialami Google dalam beberapa bulan terakhir. Sebelumnya karyawan Google juga melakukan hal yang sama atas protes proyek Maven, inisiatif pesawat tanpa awak untuk militer Amerika Serikat (AS). Demikian dilansir CNET.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: