sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
Senin, 13 Jul 2020 19:25 WIB

Xiaomi Mi 10 5G, flagship on budget yang future proof!

Dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 865, refresh rate 90Hz, kamera 108MP, dan jaringan 5G, Xiaomi Mi 10 5G merupakan flagship on budget yang sangat future proof.

Xiaomi Mi 10 5G, flagship on budget yang future proof!
Xiaomi Mi 10 5G

Mencari sebuah smartphone flagship yang cocok bukanlah sebuah hal yang mudah. Selain prosesor, kamera, software, body, dan lainnya, harga juga menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan oleh para calon pembeli.

Soalnya nih, saat ini sangat jarang kita melihat sebuah smartphone flagship yang sesuai keinginan yang mendekati budget sekitar Rp10 hingga Rp11 juta-an. Tapi, ada sebuah smartphone yang ternyata masuk dalam kategori tersebut.

Smartphone yang akan kami bahas adalah Xiaomi Mi 10 5G. Ini merupakan smartphone flagship pertama Xiaomi yang masuk ke Indonesia selama beberapa tahun absen hadir secara resmi untuk para penggemarnya.

Penasaran bukan apa aja sih keunggulan dari smartphone flagship murah yang satu ini? Jika penasaran, berikut ini ulasan yang telah tim Tek.id lakukan :

Desain

Saat pertama kali saya membuka kotak pembelian, saya melihat sebuah smartphone yang cukup cantik. Sisi kiri dan kanan dari Mi 10 5G sudah melengkung, seperti smartphone flagship dari merek sebelah.

Xiaomi Mi 10 5G

Body belakang terbuat dari material glass, sehingga memungkinkan pengguna menggunakan pengisian daya nirkabel, dan juga mengisi kartu elektronik karena sudah dilengkapi dengan NFC. Sayangnya, material ini membuat smartphone ini cukup licin ketika digunakan.

Di bagian depan, kita akan melihat tampilan full layar tanpa ada notch sedikitpun. Hal ini dikarenakan Xiaomi menggunakan kamera under screen, yang terletak pada pojok kiri atas layar. Penempatan kamera ini sama sekali tidak mengganggu baik saat menonton konten atau bermain gim.

Xiaomi Mi 10 5G

Sedangkan di bagian belakang, kita hanya akan menemukan 4 buah kamera di bagian kiri atas perangkat. Tidak terlihat adanya pemindai sidik jari di bagian belakang dikarenakan Mi 10 5G sudah dilengkapi dengan pemindai sidik jari di bawah layar, sama seperti kebanyakan smartphone flagship lainnya.

Xiaomi Mi 10 5G

Di bagian bezel atas terdapat sebuah speaker yang ditemani dengan lubang mic serta sebuah IR Blaster. kemudian di bagian kanan terdapat tombol pengaturan volume dan tombol daya, sementara di bagian kiri kosong melompong. 

Xiaomi Mi 10 5G

Xiaomi Mi 10 5G

Di bagian bawah terdapat sebuah speaker yang ditemani dengan lubang pengisian daya Type-C dan tempat untuk SIM Tray. Sayangnya, tren menghilangkan jack audio 3,5mm juga terjadi di perangkat flagship Xiaomi ini.

Xiaomi Mi 10 5G

Multimedia

Layarnya sudah menggunakan panel Super AMOLED dan memiliki layar berukuran 6,7 inci dengan resolusi layar HD+. Yang menarik nih Sahabat Tek, layarnya sudah mendukung refresh rate 90Hz dan juga sudah mendukung HDR10+.

Seperti diketahui, beberapa layanan seperti Netflix dan lainnya sudah memiliki konten HDR. jadi, kalian akan mendapatkan pengalaman visual yang lebih kaya jika dibandingkan dengan konten standar lainnya.

Suaranya pun gak kalah keren Sahabat Tek. Seperti yang sudah saya sebut diawal kalau Xiaomi Mi 10 5G ini sudah dilengkapi dengan dua speaker. Suaranya lantang dan sangat detail, tidak ada distorsi saat memutar suara bahkan di keadaan volume paling kencang.

Tapi komplain saya adalah penempatan speaker ini yang agak kurang pas. Soalnya nih Sahabat Tek, pas menonton konten, speaker ini tertutup oleh tangan saya sehingga suaranya mendem. Saya juga sudah coba untuk memutar posisi smartphone ini. Speakernya memang sudah tak tertutup lagi, tapi kamera di bagian belakang membuat posisi tangan saya kurang nyaman.

Pemindai sidik jari yang tertanam pun saya akui merupakan salah satu yang tercepat di kelasnya. Tidak ada delay yang berarti saat saya menyentuh layar untuk membuka kunci layar.

    Share
    back to top