Review SoundMagic P22BT

SoundMagic P22BT, nyaman dipakai berjam-jam

Bass SoundMagic P22BT yang bulat, juga kualitas audio lainnya dari perangkat ini, membuat saya betah mendengarkan musik hingga berjam-jam.

SoundMagic P22BT, nyaman dipakai berjam-jam (Foto: Tek.id)

Mendengarkan musik sudah menjadi rutinitas hampir semua orang. Aktivitas ini bahkan menjadi hobi bagi sebagian orang. Bagi kalangan lainnya, mendengarkan musik menjadi aktivitas untuk mengisi waktu senggang atau saat mengendarai kendaraan umum. Tak ayal jika berbagai vendor terus mengembangkan produk yang mengakomodir audio.

SoundMagic juga cukup gencar di awal tahun ini. SoundMagic P22BT menjadi salah satu headphone bluetooth yang diluncurkan pada awal 2019. Tek.id berkesempatan menguji perangkat ini selama beberapa pekan. Berikut ulasan SoundMagic P22BT versi Tek.id.

Desain

Sekilas menjamah headphone ini memang terasa ringkih karena headband-nya terbuat dari material plastik. Namun demikian, material plastik yang dipilih SoundMagic untuk P22BT cenderung lentur. Belum lagi, headphone ini juga dilengkapi lapisan logam di dalam headband-nya sehingga lebih kokoh dalam menopang perangkatnya yang dinamis.

Tepat di bagian atas headband, perangkat ini juga dibalut dengan kulit sintetis. Material ini terasa nyaman karena membuat posisi headphone stabil dan tak mudah berpindah. Earpad pada headphone ini juga memiliki material yang sama, yakni kulit sintetis. Teksturnya lembut dan nyaman menempel di telinga. 

SoundMagic P22BT merupakan jenis on-ear. Artinya, benda ini tidak menutup daun telinga secara keselruhan. Sehingga degnan begitu, saya masih bisa mendengar suara di sekitar saya. Secara umum, tampilannya tak ubahnya dengan headphone yang lain. Bodi dan rancang bangunnya terasa pas, tanpa terlihat terlalu besar atau terlalu ramping ketika saya kenakan.

SoundMagic P22BT merupakan headphone yang memiliki dukungan bluetooth. Oleh karenanya, perangkat ini dilengkapi sejumlah tombol untuk mengoperasikan musik yang diputar maupun berfungsi untuk yang lainnya. Seluruh kendali diposisikan di kiri perangkat. Ada lima tombol yang disediakan SoundMagic pada headphone ini, mencakup dua tombol volume, dua tombol untuk memindah lagu, dan tombol multi fungsi yang berada tepat di tengah tombol lainnya.

Tombol multi fungsi tersebut bisa digunakan untuk memutar dan menjeda lagu, pairing ke perangkat lainnya hingga menerima maupun menutup telepon. Secara desain, tampilan beberapa tombol itu memang cukup ergonomis. Sayangnya, suara dari tombol tersebut cukup keras ketika ditekan sehingga terasa kurang nyaman.

Selain beberapa tombol tersebut, ada juga port micro USB untuk mengisi daya perangkat. Colokan tersebut dilapisi dengan tutup material karet agar terjaga dari debu maupun benda mikroskopis lainnya. Ada juga mikrofon yang mengakomodir saya saat berbincang dengan orang lain di telepon.

Selain memiliki dukungan bluetooth, headphone ini juga bisa digunakan melalui perantara kabel. TEradapt konektor jack audio 3,5mm.

Untuk mempermudah pengguna, SoundMagic menyediakan kabel jack 3,5mm ke 2,5mm guna menyambungkannya ke perangkat lain seperti smartphone atau Bluetooth. Tak ketinggalan headphone ini juga menyediakan teknologi NFC yang akan mempermudah headphone untuk terhubung ke perangkat lain.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: