sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
Jumat, 09 Okt 2020 20:31 WIB

Review Sharp Aquos Sound Partner AN-SS1, Speaker bahu berkualitas

Cara penggunaan Sound Partner cukup diletakkan di bahu dan sumber suara dapat terhubung secara nirkabel berkat konektivitas Bluetooth.

Review Sharp Aquos Sound Partner AN-SS1, Speaker bahu berkualitas

Sharp Aquos Sound Partner AN-SS1 merupakan perangkat audio yang dapat dikenakan (wearable). Tetapi berbeda dengan perangkat audio seperti headphone atau earphone, AN-SS1 tidak memiliki driver speaker yang dapat diletakkan di telinga. Speaker pada perangkat ini terletak di bodinya sehingga mengeluarkan suara yang lebih lantang jika dibandingkan dengan earphone maupun headphone agar terdengar. Cara penggunaan Sound Partner cukup diletakkan di bahu dan sumber suara dapat terhubung secara nirkabel berkat konektivitas Bluetooth.

Desain

Agar dapat diletakkan di bahu dan dilingkarkan ke leher, Sharp AN-SS1 memiliki bentuk mirip dengan lingkaran. Secara keseluruhan desain ini mirip dengan neckband headphone, tetapi sekali lagi, perangkat wearable audio dari Sharp tersebut tidak dilengkapi dengan speaker yang dimasukkan ke telinga. Jika dibandingkan dengan neckband audio, AN-SS1 memiliki ukuran yang lebih besar. Ini kemungkinan karena terintegrasi dengan speaker yang berukuran lebih besar daripada earphone.

Berbicara seputar speaker, terdapat sepasang driver yang terletak di sisi kiri dan kanan AN-SS1. Dan meskipun ukurannya lebih besar dibandingkan dengan neckband earphone kebanyakan, AN-SS1 memiliki bobot yang cukup ringan 88 gram. Berdasarkan pengujian yang saya lakukan, AN-SS1 tidak membuat leher dan bahu pegal meski digunakan dalam durasi lumayan lama.

Bagian belakang perangkat yang berdimensi 181 x 181 x 16 mm ini sengaja dibuat lebih kecil daripada bagian lainnya dan menggunakan bahan yang cukup fleksibel sehingga akan muat di seluruh ukuran leher pengguna. Bagian kiri dan kanannya dirancang agak ke atas sehingga cocok dengan postur bahu. Ini memungkinkan AN-SS1 tidak mudah bergeser ketika kamu bergerak.

Seluruh bodi AN-SS1 dibalut dengan bahan plastik berkualitas sehingga terasa sangat kokoh. Selain kokoh, material yang digunakan pada perangkat ini juga terasa lembut sehingga tidak akan membuat leher iritasi bagi sebagian orang. Warna unit AN-SS1 yang saya ulas adalah biru, tetapi tidak semua bagiannya diwarnai tersebut. Pasalnya, terdapat aksen berwarna emas di dekat lubang speaker dan beberapa tombolnya.

Fitur & Pengoperasian

Hanya ada 4 tombol akses di Aquos AN-SS1. Tombol-tombol ini tersebar di bagian kiri dan kanan. Pada bagian kiri perangkat, terdapat tombol daya dan tombol Call. Sharp merancang tombol daya dengan sistem geser. Saya menyukai tombol daya dengan sistem seperti ini ketimbang sistem ‘tekan dan tahan’ untuk mengaktifkan atau mematikan daya.

Sedangkan tombol Call (bergambar ikon telepon) berfungsi untuk menerima panggilan telepon. Kamu juga dapat mengakhiri percakapan telepon dengan menekan tombol ini. Selain untuk melakukan percakapan via telepon, tombol Call juga berfungsi untuk mengaktifkan assistent suara seperti Google Assistant.

Karena dapat melakukan perintah suara, maka tentu saja An-SS1 terintegrasi dengan mikrofon. Mikrofon ini terletak di sebelah kiri perangkat dengan tanpa lubang kecil. Selama menggunakannya, saya merasa mikrofon tersebut cukup peka sehingga mampu menangkap perintah suara secara akurat.

Kembali ke tombol. Pada sisi sebelah kanan, ada tombol akses volume dan tombol Play/Pause. Tombol akses volume yang ada pada Aquos Sound partner AN-SS1 terbilang unik. Karena mengusung desain jog. Berkat desain seperti itu, maka akses volume dalam dengan mudah diakses tanpa melihatnya. Selain itu, tombol jog volume ini dapat digunakan untuk melakukan Next/Previous lagu dengan menekan ke salah satu arah dan menekannya.

Tidak sampai di situ saja, tombol akses volume yang berbentuk jog juga dapat mengakses pengoperasian Acoustic Vibe Mode dengan menekan dan menahan tombol jog volume selama 2 detik ketika berada di posisi tengah. Meskipun akses tombol jog volume berada di sisi bawah, selama menggunakannya tombol tersebut tidak pernah tergeser atau tertekan secara tidak sengaja.

Sharp menginformasikan bahwa Aquos Sound Partner memiliki daya tahan baterai hingga 17 jam. Daya ini cukup untuk memungkinkan kamu mendengarkan musik seharian tanpa perlu bolak-balik isi ulang baterainya. Sistem untuk mengisi ulang daya baterai menggunakan port micro-USB, artinya kamu tidak dapat menggunakan kabel USB-C yang kini sudah banyak tersebar luas.

Memerlukan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi baterai dari keadaan kosong hingga penuh. Ada lampu LED kecil berwarna yang menginformasikan sisa daya baterai. Lampu LED ini juga dapat menampilkan informasi status koneksi dan lainnya pada AN-SS1.

    Share
    ×
    tekid
    back to top