sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
Selasa, 16 Feb 2021 10:15 WIB

Review Xiaomi Mi Watch, sejutaan dapat ABC + GPS

Resolusi layar AMOLED Mi Watch adalah 454 x 454 piksel yang termasuk tinggi untuk ukuran smartwatch. Resolusi ini memungkinkan konten pada layar dengan font kecil menjadi terlihat jelas.

Review Xiaomi Mi Watch, sejutaan dapat ABC + GPS

Pada era yang serba digital seperti saat ini, jam tangan pintar (smartwatch) bukanlah sesuatu yang baru. Bahkan jika kamu adalah orang yang gemar berolahraga, maka bisa dibilang produk wearable ini menjadi hal yang wajib untuk memantau seberapa jauh progres yang sudah dilakukan. Hampir semua vendor di Indonesia saat ini menghadirkan smartwatch untuk berbagai kebutuhan.

Xiaomi adalah salah satu perusahaan yang serius untuk menghadirkan produk untuk penunjang gaya hidup. Selain ponsel, tentu saja mereka memproduksi smartwatch. Produk terbaru yang mereka hadirkan ke pasar Indonesia adalah Mi Watch. Smartwatch ini hadir beragam fitur seperti GPS, pemantau tidur, sensor detak jantung, pendeteksi kadar oksigen darah (SpO2), barometer, dan sebagainya. Berikut adalah hasil ulasan Xiaomi Mi Watch yang saya lakukan.

Desain

Bagi kamu yang memiliki pergelangan tangan tidak terlalu besar, mungkin Mi Watch akan terasa agak terlalu besar. Rancang bangun dari smartwatch bikinan Xiaomi ini berbentuk bundar, berbeda dengan ‘adiknya’ Mi Watch Lite yang berbentuk persegi. Kemasan Mi Watch juga agak berbeda dengan yang ada di kebanyakan smartwatch saat ini.

Mi Watch memiliki kotak kemasan memanjang. Hal ini dikarenakan oleh strap Mi Watch yang dapat direntangkan. Memang, tidak sedikit tali smartwatch yang dapat direntangkan, tetapi mereka tetap hadir dengan kemasan berbentuk kotak.

Pertama kali saya membuka dari kemasannya, pikiran saya sepintas bahwa Mi Watch mirip dengan smartwatch Suunto 9. Tetapi jumlah tombol yang berbeda antara Mi Watch dan Suunto 9 membuat pikiran saya mengenai kedua perangkat wearable tersebut mirip langsung hilang. Xiaomi memiliki dua tombol di sisi kanan Mi Watch.

Layar Mi Watch menggunakan panel AMOLED yang terkenal memberikan warna cerah dengan kontras sangat tinggi. Layar yang berukuran 1,39 inci ini dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass 3. Meskipun diameter smartwatch ini agak besar, tetapi profilnya cukup tipis. Tentu saja profil yang tipis ini salah satunya berkat penggunaan layar AMOLED yang tidak memerlukan tambahan lampu LED sebagai penerangan.

Pada sisi bawahnya terdapat sensor untuk mendeteksi detak jantung dan SpO2. Xiaomi berhasil mendesain modul sensor ini dengan bentuk yang tidak terlalu menonjol seperti Smartwatch Huawei Watch Fit.

Terdapat fitur quick release pada strap Mi Watch. Ini memungkinkan kamu dengan mudah membuka strap smartwatch dan mengganti dengan strap warna lain (dijual terpisah). Ada banyak lubang di strap tersebut agar dapat pas di hampir seluruh ukuran tangan. Namun sayangnya, strap Mi Watch agak terasa kaku sehingga sedikit sulit saat memasukkan ke holder-nya.

Setelah terpasang di pergelangan tangan, saya merasa smartwatch yang berbobot 35 gram ini cukup nyaman. Terlebih lagi terdapat 2 holder untuk memastikan strap terpasang dengan baik.

Sistem charger untuk mengisi ulang baterai Mi Watch mirip dengan yang ada pada Honor Watch GS Pro. Charger ini berbentuk bundar yang dilengkapi dengan mekanisme magnet sehingga pin terminal akan lebih mudah menempel demi memastikan pengisian baterai berjalan lancar. Charger ini hadir juga dengan integrasi kabel berujung USB agar dapat dihubungkan ke kepala charger ponsel kebanyakan saat ini.

Pengoperasian

Sebagai smartwatch, Mi Watch hadir dengan aplikasi pendukung yang dapat diinstal di ponsel. Dalam kasus Mi Watch, aplikasi tersebut bernama Xiaomi Wear. Kamu dapat mengunduh Xiaomi Wear di toko aplikasi Google Play Store atau Apple App Store.

Kamu tidak harus mengunduh secara manual aplikasi Xiaomi Wear di toko aplikasi tersebut. Pasalnya ketika pertama kali mengaktifkan Mi Watch akan ada barcode yang mengantarkan kamu ke pengunduhan aplikasi setelah memindainya menggunakan ponsel.

Memang, terdapat dua tombol akses di Mi Watch. Namun, ini bukan berarti pengoperasian perangkat hanya mengandalkan kedua tombol ini. Kamu juga dapat mengakses pengoperasian lewat layar sentuhnya. Pada home screen, atau pada bagian di mana tampilan watch face berada, kamu dapat menggeser ke bawah untuk menampilkan notifikasi. Sedangkan gerakan menggeser ke atas akan menampilkan ikon untuk akses cepat menu pengaturan. Sedangkan menggeser layar ke kiri atau ke akan berguna untuk melihat widget yang telah ditetapkan.

Dua tombol yang sebelumnya saya bahas berguna untuk menampilkan beragam aplikasi atau Home (berlokasi di arah jam 2), dan satu lagi sebagai jalan pintas ke menu olahraga atau Sport (berlokasi di arah jam 4). Ketika menekan tombol Home di halaman utama, maka akan menampilkan menu. Sedangkan ketika Mi Watch sedang menampilkan pengaturan atau yang lainnya, menekan tombol Home akan mengembalikan ke menu utama.

Saya menyukai bagaimana Xiaomi mendesain sistem widget di Mi Watch dapat mengantarkan pada aplikasi terkait. Contoh, ketika saya membuka widget cuaca, cukup menekan widget tersebut untuk masuk ke aplikasi cuaca sehingga saya dapat lebih banyak informasi untuk cuaca ketimbang hanya melihat temperatur cuaca secara keseluruhan. Kamu dapat mengusap layar ke arah kanan untuk kembali ke tampilan widget setelah mengakses aplikasi terkait.

Sebagai perbandingan, smartwatch Huawei Watch Fit dan Honor Watch GS Pro tidak dapat mengakses ke aplikasi lewat widget. Oleh karena itu, Xiaomi Mi Watch merupakan salah satu yang menawarkan kemudahan akses karena menawarkan akses aplikasi dengan memilihnya dari widget.

Menekan tombol Menu akan menampilkan 21 yang ada di smartwatch. Menu ini tampil hanya dengan ikon, tanpa keterangan tulisan. Meski demikian, ikon menu di sini didesain sedemikian rupa sehingga saya tidak bingung memilihnya. Contoh, tekan ikon awan untuk mengakses cuaca, ikon bertanda kompas untuk mengakses kompas digital, dan sebagainya.

Menekan tombol Sport akan mengantarkan ke mode pemantauan olahraga. Xiaomi melengkapi 117 mode olahraga yang bisa dipantau, antara lain adalah Outdoor running, Walking, Treadmill, Trail running, Outdoor cycling, dan masih banyak lagi. Kamu juga dapat menentukan jalan pintas tombol Sport untuk langsung ke mode olahraga favorit, masilnya bersepeda (Outdoor cycling).

Tampilan aplikasi Watch Fit dibuat sedemikian rupa agar mudah dimengerti. Menu utama aplikasi ini menampilkan informasi detak jantung, Blood oxygen (SpO2), dan Standing times, Stress, dan beberapa lagi. Kamu juga dapat mengubah tampilan jam tangan (Watch face) lewat aplikasi ini. Ada banyak pilihan Watch face secara default atau kamu juga dapat mengunduhnya.

    Share
    ×
    tekid
    back to top