sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
Jumat, 13 Okt 2023 07:05 WIB

vivo V29 5G: kamera bagus, performa mulus, tapi kalau stereo lebih asyik

Kali ini Tek.id berkesempatan untuk mengulas ponsel vivo V29 5G. Ini memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 778 5G dengan tidak kamera belakang 50 MP.

vivo V29 5G: kamera bagus, performa mulus, tapi kalau stereo lebih asyik

vivo seri V masuk ke dalam kelas menengah, yang salah satu keunggulannya terletak di kameranya. Ponsel seri V terbaru dari perusahaan asal Tiongkok tersebut adalah V29 5G yang tentu saja sudah mengemban teknologi konektivitas 5G agar berselancar internet lebih cepat.

Untuk fotografi, ponsel terbaru dari vivo ini hadir dengan kelengkapan tiga kamera belakang. Pertama adalah kamera lebar 50 MP, kedua ada kamera lensa ultra lebar beresolusi 8 MP, dan kamera belakang terakhir ada depth sensor 2 MP. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 50 MP yang terbilang tinggi. Berbicara seputar fotografi, di belakang ada Aura Light Portrait yang kini dilengkapi dengan teknologi Smart Temperature Adjustment.

Dapur pacu ponsel tersebut diperkuat dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 778 5G. Di Indonesia, vivo V29 5G hadir dalam dua varian, pertama adalah RAM 8 GB dan storage 256 GB, sedangkan varian kedua memiliki RAM 12 GB dan storage 512 GB. Kebetulan v29 5G yang saya ulas di sini hadir dengan model RAM 8 GB dan storage 256 GB.

Desain berkelas

Pertama kali saya melihat desain V29 5G, mungkin tidak terlalu berlebihan jika saya menyebutnya sebagai salah satu ponsel kelas menengah dengan bahasa desain yang premium. Ini hadir dengan layar melengkung yang membuatnya semakin menarik perhatian. Bagian belakang menampilkan modul kamera besar tetapi tidak terlalu menonjol.

Kamera belakang berposisi hampir menyerupai segitiga dengan dua lensa besar berposisi vertikal, dan lensa berukuran kecil (depth sensor) di sebelah kanannya. Di bawah kamera ada Aura Light Portrait berbentuk lingkaran, yang juga menambahkan kesan premium.

Dari segi layar, ponsel dengan bobot hanya 186 gram tersebut memiliki teknologi panel layar AMOLED berukuran 6,78 inci yang cukup besar. Seperti yang kita ketahui, layar AMOLED menjanjikan warna lebih pekat dengan kontras lebih tinggi jika dibandingkan panel layar IPS. Layar ini cukup terang sehingga dapat dilihat di bawah terik matahari, tetapi tidak terlalu istimewa.

Layar tersebut memiliki resolusi 1.260 x 2.800 piksel yang merupakan resolusi rata-rata ponsel di kelasnya. Tidak ketinggalan pula refresh rate hingga 120 Hz untuk pergerakkan lebih mulus. vivo menampilkan fitur Smart Switch pada opsi default refresh rate sehingga ponsel akan memberikan refresh rate yang sesuai agar memiliki efisiensi tinggi tanpa mengorbankan kenyamanan mata. Ada pula sensor sidik jari di layar.

Profil V25 5G terbilang ramping hanya dengan ketebalan 7,46 mm. Tidak ketinggalan pula sertifikasi IP54 yang menjadikannya tahan debu dan percikan air (tidak bisa dibawa di kedalaman air seperti IP68). Sayangnya, vivo V29 5G tidak dilengkapi dengan speaker stereo yang saat ini banyak terdapat di ponsel sekelasnya.

Meski bodinya tipis, ponsel tersebut hadir dengan baterai berkapasitas cukup besar pada 4.600 mAh. Kapasitas baterai ini dapat dilakukan dengan cara melebar, bukan meninggi sehingga bodi tipisnya tetap dapat menampung baterai tersebut. Tidak ketinggalan pula dukungan pengisian cepat (fast charging) 80W yang mengalami peningkatan dari model V27 5G dengan 66W.

Kamera

Salah satu fitur andalan V29 5G terletak di kameranya. Di bagian belakang, ada kamera utama (lensa lebar) beresolusi 50 MP dengan aperture besar f/1.9. Kamera ini memiliki sistem PDAF dengan stabilisasi berbasis hardware atau OIS. Kamera kedua mengusung lensa ultra lebar beresolusi 8 MP (f/2.2) dengan ukuran sensor 1/4 inci, yang mana ini lebih kecil dari sensor kamera utama pada 1/1,56 inci. Kamera ketiga adalah depth sensor 2 MP untuk digunakan dalam mode portrait.

Seperti ponsel vivo seri V sebelumnya, V29 5G juga memiliki sistem Aura Light Portrait yang berguna untuk memotret di dalam kondisi minim cahaya. Namun kini pencahayaan tersebut telah memiliki peningkatan lantaran telah tersemat teknologi Smart Color Temperature Adjustment. Fitur ini memungkinkan Aura Light Portrait secara otomatis menyesuaikan temperatur warna lampu berdasarkan cahaya sekitar.

Saya telah mencoba kamera V29 5G dengan mengujinya dalam beberapa skenario. Pertama-tama saya memotret menggunakan kamera utama pada siang hari. Warna kamera ini menampilkan akurasi yang cukup bagus meski ada sedikit gangguan under-exposure pada bagian shadow, yang mana masalah ini tidak terlalu mengganggu secara keseluruhan. Detail terlihat bagus pada daun yang berjarak dekat, tetapi tidak pada pohon di kejauhan. Performa white balance patut diacungi jempol.

Kamera utama

 

Selanjutnya saya memotret menggunakan kamera ultra lebar di V29 5G. Area shadow seharusnya lebih jelas lagi, tetapi dengan warna yang masih dapat dipertahankan. Bagian tekstur terlihat lebih baik pada kamera utama, tetapi masih sangat dapat dimaklumkan untuk sebuah kamera ultra lebar di ponsel kelas menengah. Performa white balance terlihat bagus dengan porsi exposure yang bagus pula. Intinya, jangan ragu untuk memotret menggunakan kamera ultra lebar untuk mengambil gambar pemandangan.

Kamera ultra lebar

 

Bukan masalah bagi V29 5G untuk memotret subjek dengan cahaya yang kuat di belakangnya. Meski bagian langit terlihat jelas beserta tekstur awannya, tidak ada gangguan under-exposure pada bagian bawah seperti air danau dan pohon-pohon. Bagian sela-sela batang pohon juga bisa terlihat cukup jelas. Ini artinya performa HDR V29 5G sangat bagus, tetapi ada sedikit gangguan shutter lag di mode ini.

HDR

 

Kamera depth sensor berguna ketika kamu memotret menggunakan mode Portrait sehingga menampilkan efek bokeh di belakang subjek. Jika dilihat lebih teliti lagi, pinggiran subjek yang saya foto seharusnya menampilkan separasi yang lebih baik lagi. Namun, kamu bisa mengabaikan hal tersebut kamera secara keseluruhan efek bokeh yang diberikan terlihat bagus dan tentu saja dengan warna yang bagus pula.

Mode portrait

 

Bagi kamu yang gemar melakukan swafoto atau selfie, V29 5G merupakan salah satu ponsel yang cocok untuk kamu. Pasalnya, hasil yang diberikannya sangat memuaskan dengan warna yang cerah dan alami. Kamera depan ponsel ini juga unggul ketika kamu memotret saat membelakangi sinar matahari di sore hari.

Kamera depan

 

Sekarang saatnya memotret pada kondisi malam hari. Hasil yang disajikan oleh kamera utama terlihat terang dengan detail cukup mumpuni pada daun-daun di pohon dan lainnya. Meskipun ada gangguan noise, ini hanya terlihat di area gelap seperti langit dan lainnya. Lampu-lampu pada sudut mal terlihat jelas tanpa blooming. Bahkan, tulisan papan iklan yang jauh di kanan bawah tetap terbaca.

Kamera utama

 

Untuk kamera ultra lebar di malam hari, hasilnya terlihat terang tetapi tidak sebagus kamera utama. Memang, ada gangguan noise lebih banyak, tetapi tidak terlalu masalah secara keseluruhan. Lampu-lampu di mal tidak terjadi blooming sehingga menampilkan detail bagus. Sama seperti kamera utama, kamera ultra lebar masih memberikan detail cukup pada papan iklan pada jarak yang jauh.

Ultra lebarSelain unggul dalam siang hari, kamera depan V29 5G juga unggul ketika memotret malam hari. Pasalnya, kamera ini memberikan selfie yang terang meski di dalam keadaan kondisi cahaya tidak terlalu terang. Noise yang ditampilkannya tidak terlalu mengganggu sehingga warna terlihat bagusKamera depan

    Share
    ×
    tekid
    back to top