sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
Minggu, 14 Jun 2020 15:45 WIB

Review TUF Gaming A15 FX506, murah berkualitas

Dengan menggunakan prosesor AMD Ryzen Mobile 4000 Series, ASUS TUF Gaming A15 FX506 memiliki performa yang sangat baik.

Review TUF Gaming A15 FX506, murah berkualitas
ASUS TUF Gaming A15 FX506

ASUS pada akhirnya secara resmi memboyong TUF Gaming A15 FX506 ke Indonesia. Laptop ini menghadirkan banyak pembaruan yang membuatnya benar-benar berbeda jika dibandingkan dengan seri TUF Gaming sebelumnya.

Pembaruan pertama yang dibawa oleh ASUS adalah dari bagian desain. Mereka melakukan desain ulang terhadap TUF Gaming A15 ini. Desainnya terlihat lebih macho dan berkarakter jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Hal ini paling terlihat dari bagian cover laptop ini, yang kini sepertinya memiliki tema sedikit “industrial”. Terdapat beberapa detail yang cukup menarik di empat sisi cover laptop ini, yakni terlihat seperti ada baut untuk mengencangkan cover tersebut.

Bagian lain yang menurut saya sudah seharusnya dilakukan semenjak dahulu kala adalah disematkannya logo TUF di bagian cover layar ini. Padahal, menurut saya logo dari TUF ini cukup kece.

Perusahaan teknologi asal Taiwan tersebut juga membawa banyak peningkatan selain desain dari TUF Gaming A15 ini. Salah satu yang paling membuat saya senang terhadap laptop ini adalah dari peningkatan I/O nya.

Untuk pertama kalinya ASUS menyematkan USB Type-C di jajaran laptop TUF Gaming. Posisinya ada di sebelah kiri, yang menurut saya memang merupakan lokasi paling optimal untuk meletakkan port tersebut.

Selain itu, ada juga 1 port LAN, 1 HDMI, 2 USB 3.1, dan sebuah jack audio di sebelah kiri perangkat. Beralih ke bagian kanan perangkat, kita akan melihat satu port tambahan yakni port USB 2.0.

Hal lain yang membuat saya terkagum saat menggunakan laptop ini adalah ternyata ASUS mau repot-repot meningkatkan kualitas keyboard yang ada di jajaran laptop ini. Jika di TUF Gaming generasi sebelumnya keyboardnya kurang nyaman, di TUF Gaming A15 ini sangat nyaman.

Harus saya akui, keyboard di TUF Gaming generasi sebelumnya memang cukup nyaman untuk bermain gim dalam waktu yang lama, namun tidak nyaman untuk mengetik dalam waktu yang lama. Namun, di TUF Gaming A15 ini, saya merasakan kenyamanan yang jauh lebih tinggi baik untuk bermain gim atau mengetik dalam jangka waktu yang lama.

Meski demikian, bintang utama dari TUF Gaming A15 FX506 ini adalah di bagian jeroannya. ASUS menyematkan prosesor AMD Ryzen Mobile generasi terbaru, yakni Ryzen 7 4800H di dalam laptop tersebut.

Seperti diketahui, prosesor AMD Ryzen Mobile seri 4000 didasarkan pada arsitektur Zen 2. Prosesor ini sudah menggunakan teknologi fabrikasi 7nm yang memiliki performa, daya, dan suhu yang lebih baik jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Mereka memadukannya dengan RAM sebesar 8GB single-channel yang dapat diupgrade menjadi dual-channel serta sebuah SSD NVMe M.2 sebesar 512GB yang pastinya super kencang.

VGA-nya pun tak kalah kencang. Kalian akan mendapatkan VGA NVIDIA GTX 1650 Ti di dalam laptop ini. Kalian  akan mendapatkan performa yang cukup baik untuk melibas gim eSport atau gim AAA menggunakan laptop ini.

Gak percaya? Berikut ini hasil benchmark dari ASUS TUF Gaming A15 FX506 yang sudah saya lakukan beberapa waktu lalu.

Nah, untuk membuat pengalaman bermain gim lebih nyaman bagi para penggunanya, ASUS memberikan pendinginan yang lebih baik di laptop ini. Mereka membuat lubang udara di bagian bawah yang memiliki desain “Honeycomb” dan terlihat cukup unik.

Di bagian belakang, mereka menyematkan dua exhaust seperti di laptop-laptop pendahulunya. Kita tidak perlu merubah sesuatu yang terbukti bertahun-tahun bekerja dengan sangat baik bukan?

Nah, selain memiliki performa yang sangat tinggi, untuk menunjang pengalaman bermain gim yang lebih baik, ASUS menyematkan sebuah layar 15,6 inci dengan refresh rate 144Hz dengan response time 3ms.

Layarnya juga sudah memiliki resolusi Full HD 1080p dan juga sudah memiliki dukungan Adaptive SYNC. Layar ini sudah sangat cocok bagi kalian yang ingin bermain gim kompetitif secara profesional.

Tak hanya cocok untuk bermain gim, ASUS TUF Gaming A15 FX506 ini juga cocok bagi konten kreator atau mereka yang bekerja di bidang desain. Hal ini dikarenakan layar ini sudah memiliki panel IPS Level dengan sertifikasi NTSC 45 persen.

Audionya pun tak kalah gahar. Mereka menyematkan satu paket audio yang sangat mumpuni. Suara detail saat bermain gim atau menonton film sangat terasa menggunakan laptop ini. Begitu juga dengan saat memainkan lagu, dimana dapat menghasilkan suara yang cukup jernih meski volumenya sampai di level maksimal.

So, apakah saya akan merekomendasikan ASUS TUF Gaming A15 FX506? Di harga Rp15,799 juta, sangat sulit bagi saya untuk tidak merekomendasikan laptop ini. Hal ini dikarenakan laptop ini sudah menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 4800H yang pastinya beneran kencang.

Para gamer pun akan mendapatkan sebuah laptop gaming yang cukup powerfull untuk melibas gim-gim populer saat ini. Selain itu, laptop ini juga cocok digunakan bagi kalian yang bekerja di industri kreatif.

80
ASUS TUF Gaming A15 FX506
 
Keunggulan
  • Harga Terjangkau
  • Performa Tinggi
  • Layar sudah 144Hz
 
Kekurangan
  • Body tebal
Tag
Share
back to top