sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Rabu, 02 Mar 2022 20:05 WIB

Review singkat performa prosesor di dua varian OPPO Reno7 Series

Mengusung prosesor baru, OPPO Reno7 Series menawarkan peningkatan kinerja prosesor juga grafis, ini artinya Rneo7 Series gesit saat digunakan dan lancar untuk bermain gim.

Review singkat performa prosesor di dua varian OPPO Reno7 Series

OPPO baru saja meluncurkan OPPO Reno7 Series di Indonesia. Dua varian yang dikenalkan OPPO Indonesia malam ini terdiri dari Reno7 5G, Reno7 Z 5G, dan Reno7, berikut tambahan IoT baru, OPPO Watch Free.

Menariknya, pada varian Reno terbaru ini, OPPO tak lagi memakai prosesor Snapdragon 720G seperti yang digunakan pada seri Reno5 dan Reno6. Dari tabel spesifikasi yang sudah dibagikan sebelumnya, varian Reno7 5G akan menggunakan prosesor milik MediaTek Dimensity 900 5G, sementara Reno7 Z 5G menggunakan Snapdragon 695 5G. Sedangkan untuk Reno7 akan dikabarkan nanti malam.

Penggunaan prosesor yang berbeda ini memang bisa dimengerti, mengingat salah satu fitur yang Reno7 Series tawarkan dari dua variannya adalah konektivitas 5G. Namun, selain menawarkan dukungan koneksi jaringan 5G, pasti ada pertanyaan apakah prosesor yang dipilih OPPO juga membawa peningkatan pada performanya?

Untuk menjawab hal tersebut perhatikan tabel di bawah ini:

Dari tabel di atas tampak terlihat peningkatan kinerja dari prosesor yang dibawa Reno7 5G dan Reno7 Z 5G Series saat diukur menggunakan software uji benchmark yang sama, yakni GeekBench. Pengujian ini berfokus pada simulasi kinerja prosesor saat menangani aktivitas harian, baik saat menggunakan single core ataupun multi core. Selain itu, gambaran kinerja prosesor secara keseluruhan juga tampak meningkat saat diuji menggunakan software benchmark PCMark. Pengujian ini menggambarkan bagaimana kinerja perangkat menghadapi serangkaian tes layaknya penggunaan sehari-hari yang meliputi kecepatan browsing, edit video, menulis, edit foto, dan olah data.

Dari angka-angka tersebut kita mendapatkan gambaran bahwa jelas ada peningkatan performa di sisi otak komputasi dari kedua perangkat Reno7 tersebut. Hal ini pastinya menjanjikan pengalaman penggunaan perangkat yang mulus dan lancar.

Begitu juga dari sektor grafis, ada peningkatan yang cukup baik dari dua varian Reno7 dibanding pendahulunya. Coba perhatikan tabel dibawah ini:

Dari dua mode pengujian pada aplikasi 3DMark, baik Reno7 5G dan Reno7 Z 5G mampu menorehkan skor yang lebih tinggi jika dibandingkan seri Reno sebelumnya. Dari sini kita bisa melihat bahwa ada peningkatan pengolahan grafis yang cukup signifikan dari kedua perangkat tersebut.

Hal ini terbukti saat Reno7 dicoba menjajal memainkan gim battle royale berjudul COD Mobile. Perangkat pertama yang diuji terlebih dulu adalah Reno7 5G, menggunakan pengaturan bawaan. Ketika gim pertama kali dibuka, pengaturan grafisnya berada pada level Medium dengan frame rate Very High. Selama satu jam, pengalaman bermain di Reno7 5G tetap lancar, layarnya tetap responsif, dan tidak lag sama sekali. Suhu perangkat juga tergolong normal.

Sementara pada OPPO Reno7 Z 5G, ketika gim pertama kali dibuka pengaturan grafisnya berada pada level High dengan frame rate High. Hal ini cukup menarik mengingat varian ini tidak memiliki embel-embel “G” seperti prosesor Snapdragon yang memiliki keunggulan pada sektor gaming lainnya.

Namun, secara mengejutkan pengalaman bermain gim di Reno7 Z 5G tak kalah baik. Malah, layarnya cenderung lebih responsif dan gesit menerima input sentuhan, begitu juga ketika digeser. Hal ini memberikan keunggulan sendiri untuk memainkan gim-gim seperti COD Mobile, yang membutuhkan reaksi tangan yang cukup gesit.

Selama satu jam dipakai bermain, pengalaman bermainnya tetap sama, gesit, sangat responsive, dengan tampilan visual yang tajam. Sementara suhu pada perangkat juga tergolong normal.

Itu tadi gambaran signkat terkait perfroma prosesor MediaTek Dimensity 900 5G di Reno7 5G dan Snapdragon 695 5G di Reno7 Z 5G. Adapun garis besar yang bisa diambil di sini adalah kedua varian baru dari Reno7 ini memang menawarkan performa yang lebih baik dari seri pendahulunya. Begitu juga saat diajak bermain gim, pengalamannya sangat menyenangkan, gesit, responsif, dan nyaman karena bobot perangkat yang ringan.

OPPO Reno7 series 5G dapat dipesan mulai 2-10 Maret 2022. Konsumen akan mendapatkan keuntungan preorder senilai Rp2,399 juta berupa hadiah eksklusif OPPO Band untuk pembelian perangkat OPPO Reno7 5G. Sementara itu, untuk pembelian OPPO Reno7 Z 5G, konsumen akan mendapatkan Bluetooth speaker eksklusif Reno7 Digisound selama persediaan masih ada. OPPO juga memberikan paket bundling khusus dengan operator Telkomsel berupa paket data hingga 192GB dengan tambahan 10GB ekslusif pada jaringan 5G. Selain itu untuk pembelian Reno7 series 5G akan mendapatkan potongan harga sebesar 300 ribu rupiah apabila membeli paket bundling berikut OPPO Watch Free.

Konsumen juga diberikan program cicilan seperti Bunga 0% dengan syarat dan ketentuan berlaku dari Home Credit, Kredit Plus, dan Indodana. Sementara gratis biaya admin dan cicilan pertama diberikan melalui pembiayaan dari Payku. Pembiayaan lainnya, AEON Fast juga memberikan promo cicilan pertama hingga 500 ribu rupiah untuk pembelian perangkat OPPO.

OPPO Reno7 5G dijual seharga Rp7,499 juta, sedangkan Reno7 Z 5G dipasarkan dengan banderol resmi Rp5,999 juta. Sementara itu, OPPO Watch Free bisa didapatkan dengan harga Rp1,399 juta. Perangkat OPPO Reno7 5G, OPPO Reno7 Z 5G, dan OPPO Watch Free dapat dipesan melalui daring pada OPPO Official Store di jaringan situs e-dagang terkemuka di Indonesia, aplikasi OPPO Store yang terpasang pada smartphone OPPO. Sementara pemesanan melalui luring di jaringan OPPO Store dan partner retail resmi OPPO di seluruh Indonesia.

Share
×
tekid
back to top