sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
Jumat, 03 Apr 2020 13:44 WIB

Review Samsung Galaxy M31, memang besar tapi apa tahan lama?

Mengingat baterai yang diusungnya memiliki kapasitas 6.000 mAh, maka Galaxy M31 dapat dikatakan menarik karena memiliki bodi yang cukup tipis.

Review Samsung Galaxy M31, memang besar tapi apa tahan lama?

Ponsel Samsung seri Galaxy M sudah hadir sejak Januari 2019, kala itu varian pertamanya adalah Galaxy M10 dan M20. Sebulan setelahnya, hadir pula seri M yang lebih tinggi dengan nama Galaxy M30, yang mana ponsel ini menawarkan layar yang lebih bagus dengan menggunakan Super AMOLED, ketimbang M20 dan M10 yang masih mengandalkan panel LCD dengan basis teknologi yang disebut Samsung sebagai PLS TFT. Di Indonesia sendiri, Galaxy M30 hadir pada bulan Juli 2019.

Pada bulan Oktober 2019, Indonesia kedatangan seri Galaxy M terbaru dengan nama Galaxy M30s. Beberapa perbedaan antara M30 dan M30s terletak pada baterainya, yang mana M30 memilkul baterai berkapasitas 5.000 mAh, sedangkan M30s memikul kapasitas baterai yang lebih besar, yakni 6.000 mAh. Perbedaan lain antara keduanya terletak di kamera. Meski sama-sama mengantongi tiga kamera belakang, M30s memiliki kamera dengan resolusi lebih tinggi.

Tujuan Samsung menghadirkan seri Galaxy M adalah untuk menawarkan ponsel dengan kapasitas baterai besar dengan kamera kekinian, tetapi harganya terjangkau. Kali ini, saya akan mengulas seri Galaxy M terbaru, yakni M31. Ponsel ini hadir secara resmi di Indonesia pada Maret 2020. Salah satu perbedaannya dengan M30s adalah bahwa M31 dilengkapi dengan empat kamera. Berikut spesifikasi Samsung Galaxy M31.

 

Galaxy M31

Layar

6,4 inci (1080 x 2340)

Super AMOLED

Infinity-U Display

Kamera

Belakang

Utama: 64 MP, F1.8 |  Depth: 5 MP, F2.2  | Macro: 5 MP, F2.4  |

Ultra Wide: 8 MP, F2.2

Depan

Selfie: 32 MP, F2.0

Dimensi

159,2 x 75,1 x 8,9 mm / 191g

Prosesor

Exynos 9611 Octa Core (4x2,3 GHz Cortex-A73 & 4x1,7 GHz Cortex-A53)

Sistem Operasi

Android 10

Memory

6 GB RAM

128GB Internal Storage

Micro SD slot (up to 512 GB)

SIM Card

Dual SIM (3 slot)

Baterai

6.000 mAh (typical)

15W Fast Charging

Otentikasi Biometrik

Fingerprint (di belakang)

Warna

Blue, Black, dan Red

Fitur Lainnya

Dolby Atmos

Desain

Samsung membungkus M31 dengan bodi plastik yang memiliki ketebalan tidak sampai 1 cm atau lebih tepatnya 8,9 mm. Mengingat baterai yang diusungnya memiliki kapasitas 6.000 mAh, maka Galaxy M31 dapat dikatakan memiliki bodi yang cukup tipis. Sebagai catatan, biasanya semakin besar kapasitas baterai maka akan lebih besar ukuran bodinya.

Kemungkinan besar bodi yang relatif tipis pada M31 dikarenakan oleh ukuran layarnya yang cukup besar, yakni 6,4 inci. Jadi besarnya baterai dialokasikan ke ukuran luas ponsel keseluruhan, bukan mengarah ke ketebalan ponsel. Layar berukuran 6,4 inci termasuk besar. Tetapi seperti pada ponsel seukurannya, tangan saya tetap dapat mengakses layarnya dengan menggunakan hanya satu tangan berkat aspect ratio memanjang (19,5:9).

Berbicara seputar layar, Galaxy M31 dilengkapi dengan panel berteknologi Super AMOLED sehingga dapat membantu efisiensi daya baterainya. Pasalnya, teknologi layar tersebut tidak memerlukan penerangan latar belakang yang dinamis. Hal ini dikarenakan oleh Super AMOLED memiliki pencahayaan sendiri pada setiap pikselnya, memungkinkan penggunaan piksel sesuai kebutuhan.

Di bagian tengah atas terdapat notch dengan desain water drop, atau Samsung menyebutnya sebagai Infinity U. Pasti kamu sudah dapat menebaknya untuk apa notch tersebut. Ya, ini adalah rumah untuk kamera depan yang beresolusi 32 MP. Beberapa orang mungkin merasa terganggu dengan hadirnya notch. Jika kamu salah satunya, kamu dapat ‘menghilangkan’ notch tersebut.

Cara menghilangkan notch pada Galaxy M31, kamu cukup menekan Settings (ini dapat diakses dalam ikon di dalam menu atau pada pojok kanan atas ketika kamu menampilkan jendela notifikasi). Setelah itu, pergi ke pengaturan ‘Full screen apps’. Di dalam setingan ini, tekan ‘Advanced settings’ yang dapat diakses dengan cara menekan tombol di pojok kanan atas. Di dalam pilihan ‘Advanced settings’, aktifkan opsi ‘Hide camera cutout’.

Setelah mengaktifkan opsi tersebut, maka akan ada garis hitam tebal di atas layar. Satu hal yang perlu diingat bahwa, karena Galaxy M31 menggunakan panel layar berbasis OLED, maka seluruh piksel yang menjadi gelap di sekitar notch kamera depan tersebut dapat keadaan mati total. Oleh karenanya, notch benar-benar menjadi tersembunyi. Ya, konsekuensi saat mengaktifkan pilihan ‘Hide camera cutout’ adalah layar Galaxy M31 tidak lagi berukuran 6,4 inci.

Sebelumnya saya menjelaskan jika bodi M31 memiliki material plastik. Bodi ini cukup kokoh untuk ponsel di kelas menengah ke bawah. Warna unit M31 yang saya ulas memiliki warna biru dan menampilkan desain yang cukup mengkilap (glossy). Untungnya, bodi bagian belakang M31 tidak terlalu mudah terkena noda sidik jari.

Kamu akan melihat tombol volume dan tombol daya yang ada pada di posisi yang sama, yaitu sisi kanan ponsel. Sedangkan di bagian sisi bawahnya terdapat kisi-kisi lubang speaker, port USB type-C dan port audio 3,5 mm. Sedangkan tray kartu SIM dan kartu micro SD dapat diakses pada sisi sebelah kiri ponsel. Pada M31, Samsung tidak menerapkan model desain hibrida pada tray kartu SIM/micro SD. Dengan demikian kamu tidak mengorbankan slot kartu SIM 2 jika memasukkan kartu micro SD.

 

    Share
    back to top