sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Kamis, 22 Des 2022 10:05 WIB

Review Redmi Pad, desain premium untuk harga Rp3 jutaan

Xiaomi mengklaim Redmi Pad mempunyai performa yang mumpuni, dengan desain yang premium, sambil mengusung tagline "All in fun - Pad for fun".

Review Redmi Pad, desain premium untuk harga Rp3 jutaan

Penggunan chipset MediaTek Helio G99 kini menjadi tren di kalangan ponsel mid-range. Ini menawarkan efisiensi daya yang ditingkatkan dari chipset pendahululnya. Namun, chipset rupanya tidak hanya dihadirkan untuk layar 6 inci-an. Xiaomi menjadi satu-satunya OEM yang menghadirkan chipset ini ke perangkat tablet yang belum lama diluncurkan melalui sub-brand Redmi, yakni Redmi Pad

Redmi Pad hadir dengan ditenagai chipset Helio G99. Perusahaan mengklaim tablet ini mempunyai performa yang mumpuni, dengan desain yang premium, sambil mengusung tagline "All in fun - Pad for fun". Untuk tahu lebih lanjut, berikut ulasan kami setelah menggunakan Redmi Pad selama beberapa hari.

Desain

Adalah hal yang umum apabila produsen perangkat Android dewasa ini semakin menunjukkan "Apple-sentris"-nya. Tidak hanya untuk ponsel, hal ini juga berlaku untuk desain tablet. Setidaknya itu impresi pertama Saya ketika melihat Redmi Pad mulai dari kotak luar hingga isinya.

Redmi Pad dibalut dengan casing aluminium yang membuatnya terlihat seperti iPad. Ditambah, sentuhan sisi datar yang memberikan nuansa kelas atas. Dari segi harga, tentu ini adalah opsi paling menggiurkan - dengan hanya Rp3 jutaan - konsumen mendapatkan tablet yang terasa premium dan kokoh. 

Bagian belakang Redmi Pad disematkan housing kamera di pojok kiri atas, berukuran cukup besar hanya untuk satu lensa kamera. Di bawahnya, terdapat logo Redmi dan sisanya bersih tanpa ornamen desain apapun. 

Didukung quad-speaker Dolby Atmos, bagian sisi atas dan bawah tablet (secara potret) dipenuhi lubang-lubang speaker. Ini memberikan suara yang imersif dari berbagai sisi. Tombol daya diletakkan di sisi ataas dan tombol volume di sisi kanan perangkat.

Beralih ke bagian depan, Redmi Pad mengusung layar berukuran 10.61 inci dengan bezel yang lumayan tebal. Namun, untuk perangakat berlayar besar, bezel yang lebar memberikan ruang untuk pegangan yang cukup.

Untuk memudahkan produktivitas di era kerja hybrid, Redmi Pad menyematkan kamera depan di bagian tengah sisi kanan. Dengan demikian, kamera depan akan berada di atas, ketika tablet diposisikan secara lanskap, yang biasanya dilakukan selama panggilan video.

Performa

Redmi Pad ditopang dengan prosesor MediaTek Helio G99. Seperti diketahui, ini merupakan prosesor 6nm dengan dukungan CPU octa-core. Diklaim oleh MediaTek, Helio G99 adalah prosesor berperforma untuk gaming dengan efisiensi daya yang ditingkatkan. 

Chipset memiliki arsitektur 2 x Cortex-A76 berkecepatan 2,2 GHz dan 6 x Cortex-A55 2,0 GHz. Chipset juga terintegrasi dengan GPU Mali-G57 MC2 untuk keperluan grafisnya. Terkait penyimpanan, Redmi Pad didukung teknologi RAM LPDDR4x serta UFS 2.2 untuk penyimpanan internal. Di Indonesia, konfigurasi memori yang tersedia adalah 6GB+128GB.

Dengan kombinasi chipset, RAM, dan memori internal tersebut, Redmi Pad dapat memberikan performa yang lancar dan mulus untuk setiap aktivitasnya. Misalnya saja, scrolling media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Twitter. Ditambah lagi, refresh rate-nya yang mendukung hingga 90Hz memberikan pergerakan yang mulus dalam layar ketika berselancar di medsos.

Diklaim sebagai tablet budget bertenaga, Saya pun mencoba memainkan gim seperti PUBG Mobile. Pengaturan grafis yang didukung hanya mencapai HD dengan frame rate High. Secara keseluruhan, tidak ada lag berarti selama gameplay, namun dimensi perangkat menjadi pertimbangan Saya selama bermain.

Bagi mereka yang biasa mobile gaming di smartphone, mungkin butuh waktu untuk menyesuaikan ukuran layarnya yang kini lebih besar sehingga jangkauan jari harus lebih luas. Namun balik lagi, ini hanya prefensi masing-masing pengguna, Saya sendiri lebih nyaman main PUBG Mobile di smartphone daripada tablet.

Sementara itu, Saya juga menguji kinerja dapur pacunya ini melalui aplikasi benchmark Geekbench. Berikut adalah hasil dari masing-masing pengujian.[Kiri] Hasil pengujian di Geekbench, [Kanan] Hasil pengujian di PCMark Work PerformanceFungsi multimedia adalah muka dari setiap tablet. Layar yang besar namun handy menjadi opsi terbaik untuk menikmati film favorit di platform streaming maupun aplikasi berbagi video seperti YouTube. Redmi Pad memberikan pengalaman streaming film yang baik, dengan audio yang imersif.

Yap, ini berkat dukungan quad-speaker Dolby Atmos yang mampu membawa penonton terlarut dalam jalan cerita. Suaranya cukup menggelegar dan penempatan speaker-nya tepat apabila sedang diposisikan secara lanskap.

    Share
    ×
    tekid
    back to top