sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Sabtu, 19 Mar 2022 14:51 WIB

OPPO Reno7 5G, paling powerful dari Reno7 lainnya

Secara keseluruhan, OPPO menawarkan Reno7 5G sebagai perangkat yang cukup komplit dari segi fitur dan fungsionalitas.

OPPO Reno7 5G, paling powerful dari Reno7 lainnya

OPPO Reno7 5G merupakan varian yang dipasarkan dengan harga lebih tinggi jika dibanding varian Reno7 Z 5G. OPPO membanderol Reno7 5G di harga Rp7,4 jutaan, Rp1,4 juta lebih tinggi dari varian Z-nya.

Dari sini, sudah bisa ditebak ada perbedaan yang cukup signifikan dari kedua varian Reno7 yang mendukung jaringan 5G ini. Selain desain yang paling mudah terlihat, ada banyak perbedaan lain yang ditawarkan OPPO.

Desain - pertahankan DNA perangkat Reno

Jika pada review sebelumnya saya sudah membahas desain retro dari Reno7 Z 5G, kali ini giliran Reno7 5G yang hadir menggunakan desain khas Reno.

Pada varian Reno7 5G, OPPO mempertahankan desain Reno yang khas dengan pinggiran melengkung. Namun, selalu ada hal baru dari varian Reno terbaru ini. OPPO Reno7 5G mengenalkan finishing OPPO Glow. OPPO Glow merupakan pengembangan inovasi dari teknologi lapisan penampang belakang.

Pada OPPO Glow, OPPO menggunakan proses laser engraving atau LDI (Laser Direct Imaging) untuk memberikan kontur pada permukaan layaknya jejak bintang yang unik, dan terlihat cantik dengan variasi warna yang berubah-ubah jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Untuk varian yang kami terima ini, varian warnanya adalah Startrails Blue.

Hal ini pula yang membuat tampilan penampang belakang OPPO Reno7 5G tampak seperti memiliki goresan-goresan diagonal dari ujung kiri ke kanan bawah. Selain itu, ada efek kilauan-kilauan seperti glitter. Teksturnya tidak licin dan agak kesat.

OPPO Reno7 5G menggunakan frame dengan polesan metalik. Terlihat mewah. Tombol daya ada di sisi kanan dengan akses garis hijau, sementara tombol volume dan slot sim tray diletakkan di sisi kiri.

Hal baru lain yang akan kalian temukan pada seri Reno anyar adalah desain kameranya. Di sini OPPO menghadirkan desain yang benar-benar baru dan segar. Termasuk jumlah kamera.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Reno7 5G hanya menggunakan 3 kamera utama. Ubahan desain yang cukup besar ada pada dua kamera utamanya, dimana kedua kamera tersebut ditanamkan pada frame berbentuk lingkaran yang cukup besar, dan dilapisi finishing metalik.

Kedua kamera tersebut disusun secara vertikal, dimana kamera ketiga dan LED diletakkan di samping kamera utamanya. Sementara disamping kamera kedua terdapat tulisan 64 MP AI Camera. Hal ini mengisyaratkan bahwa ponsel ini adalah perangkat fotografi yang hebat, dengan kemampuan mengambil foto berukuran 64 MP dan memiliki dukungan AI.

Sayangnya, OPPO Reno7 5G tidak memiliki LED Light pada bulatan kameranya. Fitur tersebut eksklusif untuk varian Reno7 Z 5G saja.

Performa - MediaTek Dimensity 900 5G

OPPO tak lagi menggunakan prosesor Snapdragon 720G seperti yang digunakan pada dua perangkat Reno sebelumnya. Alasannya sudah pasti karena prosesor sebelumnya belum memiliki dukungan pada jaringan seluler generasi ke-5. Namun, apakah hanya itu alasannya?

Ternyata tidak.

Selain memiliki dukungan pada jaringan seluler generasi ke-5, prosesor MediaTek Dimensity 900 5G dibangun pada node 6nm, lebih kecil jika dibanding dengan prosesor Snapdragon 720G dengan 8nm.

Melihat dari proses manufakturnya, salah satu keunggulan yang ditawarkan prosesor dengan node lebih kecil adalah tingkat efisiensi yang lebih baik.

MediaTek Dimensity 900 5G memiliki konfigurasi dua cluster yang terdiri dari Arm Cortex-A78 2.4GHz dan Arm Cortex-A55 2GHz. Sedangkan Arm Mali-G68 MC4 di sektor grafis. Lantas bagaimana kemampuan prosesor baru ini jika dibandingkan dengan prosesor pendahulu serta Reno7 Z 5G. Berikut ini hasilnya:

Dari tabel di atas tampak terlihat kinerja dari prosesor MediaTek Dimensity 900 5G yang dibawa Reno7 5G mengungguli prosesor yang dipakai pada seri Reno pendahulu, juga prosesor yang dipakai pada varian Reno7 Z 5G.

Ketiga perangkat diuji menggunakan software uji benchmark yang sama, yakni GeekBench. Pengujian ini berfokus pada simulasi kinerja prosesor saat menangani aktivitas harian, baik saat menggunakan single core ataupun multi core.

Selain itu, gambaran kinerja prosesor MediaTek Dimensity 900 5G pada Reno7 5G secara keseluruhan juga tampak lebih unggul, saat diuji menggunakan software benchmark PCMark. Pengujian ini menggambarkan bagaimana kinerja perangkat menghadapi serangkaian tes layaknya penggunaan sehari-hari yang meliputi kecepatan browsing, edit video, menulis, edit foto, dan olah data.

Dari perolehan skor di atas, terbukti bahwa pemilihan prosesor pada Reno7 5G bukan karena dukungan terhadap jaringan 5G saja. Melainkan performa. Hal ini menjanjikan pengalaman penggunaan perangkat yang mulus dan lancar untuk melakukan aktivitas harian seperti browsing-browsing, mengerjakan tugas menggunakan aplikasi Google, edit foto dan video, dan mengolah data.

Tak hanya pada kemampuan prosesornya, kemampuan grafis prosesor MediaTek 900 5G juga lebih unggul jika dibanding prosesor yang dipakai pada Reno sebelumnya. Dari beberapa pengujian menggunakan aplikasi 3DMark, terlihat peningkatan yang cukup baik.

Dengan peningkatan kinerja GPU, OPPO Reno7 5G menjanjikan kemampuan pengolahan dan visual yang lebih gesit. Hal ini dapat dilihat dari visual yang ditampilkan saat menikmati konten-konten multimedia, streaming Netflix, juga bermain gim.

Dari pengalaman bermain gim, ketika COD Mobile pertama kali dijalankan, pengaturan grafisnya berada pada level Med dengan frame rate Very High. Adapun pengalaman bermainnya tergolong baik, layarnya terasa responsif dan gesit menerima input sentuhan, begitu juga ketika digeser. Terlebih, dengan dukungan refresh rate 90Hz, kalian memiliki keunggulan untuk memainkan gim-gim seperti COD Mobile.

Penasaran, mumpung Apex Legends sudah tersedia di Google Play Store, saya jajal juga memainkan gim yang memiliki grafis yang agak menuntut ini. Gim yang cukup populer di banyak platform ini terkenal dengan tampilan visual yang cukup rumit dan phase yang cepat. Diperlukan kinerja grafis yang gesit agar bisa memainkannya dengan nyaman. Mengikuti saran dari sistem, saya biarkan Image Quality pada level Balanced dan Frame Rate di level yang sama.

Menariknya, OPPO Reno7 5G bisa dibilang mampu memberikan pengalaman memainkan Apex Legends cukup lancar. Layarnya juga terasa sangat responif, malah beberapa kali saking sensitifnya, saya sering sekali tak sengaja menembak saat menyisir sebuah lokasi. Itu juga yang memberikan kemudahan bagi saya untuk memenangkan permainan meski terhitung baru mencoba gim ini.

Dipakai bermain selama dua jam, pengalaman bermain di OPPO Reno7 5G saya rasakan tetap sama. Layarnya terasa gesit, responsif, dengan tampilan visual yang tajam. Sementara suhu pada perangkat juga tergolong normal.

    Share
    ×
    tekid
    back to top