sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
Sabtu, 15 Agst 2020 09:59 WIB

Review Honor Choice Indonesia, TWS dengan akses praktis

Masing-masing earbud TWS Honor Choice memiliki form factor in-ear. Artinya, ujung masing-masing earphone dilengkapi dengan bahan silikon empuk yang membuatnya nyaman di lubang telinga.

Review Honor Choice Indonesia, TWS dengan akses praktis

Tren earphone true wireless stereo semakin digandrungi oleh orang-orang mengingat kepraktisan yang disuguhkannya. Earphone ini sama sekali tidak mengandalkan kabel untuk mendengarkan musik dari perangkat pintar yang terhubung, seperti pada ponsel. Konektivitas pada jenis earphone ini kebanyakan adalah Bluetooth, yang mana teknologi nirkabel ini sudah menjamur di hampir semua perangkat pintar.

Tidak mau ketinggalan momentum TWS, salah satu pabrikan asal Tiongkok Honor baru saja meluncurkan earphone TWS dengan nama Choice True Wireless Earbuds. Earphone nirkabel ini mengandalkan teknologi Bluetooth 5.0 sebagai penghubungnya. Karena ini merupakan perangkat audio nirkabel, tentu saja ini dilengkapi dengan codec agar dapat melakukan streaming musik. Dukungan codec yang yang ada di TWS Choice True Wireless Earbuds adalah SBC dan AAC. Berikut hasil review yang saya lakukan.

Desainnya tak asing

Masing-masing earbud TWS Honor True Wireless Earbuds memiliki form factor in-ear. Artinya, ujung masing-masing earphone dilengkapi dengan bahan silikon empuk yang membuatnya nyaman di lubang telinga. Terdapat tiga pasang ujung silikon di dalam paket penjualannya, kamu dapat menganntinya sesuai dengan ukuran lubang telinga masing-masing.

Agar dapat pas dengan anatomi bentuk telinga, unit driver kiri dan kanan sengaja dibuat tidak simetris. Cara ini juga memudahkan kamu langsung mengenali bagian unit driver kiri dan kanan jika hanya melihat dari bentuknya saja. Ya, tidak terlalu jadi masalah ketika mendengarkan musik dengan channel yang terbalik di kiri/kanan. Tetapi akan menjadi masalah ketika kamu menonton film. Oleh sebab itu, bentuk earphone True Wireless Earbuds tidak akan membuat kamu terbalik memasang antara channel kiri dan kanan.

Tidak ada tombol fisik sama sekali pada earphone buatan Honor ini. Meski demikian, kamu masih dapat mengontrol musik via masing-masing unit driver Choice True Wireless Earbuds. Ini dikarenakan oleh TWS tersebut dilengkapi oleh panel sensitif sentuhan di bagian belakang masing-masing unit driver.

Pada bagian bawah batang masing-masing earbud, ada sepasang lubang berwarna kuning yang berguna untuk mengisi ulang ketika ditempatkan di dalam charging case-nya. Ada pula lubang kecil di antara kontak pengisian earphone dan di dekat area akses sentuh, ini adalah mikrofon yang berguna untuk melakukan panggilan dan meredam suara bising saat melakukan panggilan telepon.

Berbicara mengenai charging case (kotak pengisian daya), Honor mendesainnya dengan penutup mekanisme magnet. Mekanisme ini memungkinkan kotak pengisian daya selalu tertutup rapat ketika sedang tidak digunakan. Ada pula lampu LED kecil di bagian depan kotak pengisian daya. Secara keseluruhan, baik charging case dan earphone Honor Choice sangat mirip dengan earphone TWS Apple AirPods Pro.

Pengoperasian

Lampu LED pada berguna sebagai informasi baterai internalnya. Ketika tutup charging case sedang dibuka dan baterainya menunjukkan warna biru, maka kapasitas baterai masih dalam batas aman. Namun ketika lampu menunjukkan warna merah, ini artinya kapasitas baterai sudah tersisa sedikit.

Untuk mengisi ulang baterai charging case, cukup hubungkan sumber daya ke port USB-C di bagian belakangnya. Lampu akan berwarna merah menandakan proses pengisian sedang berlangsung. Saat lampu berubah menjadi warna biru ketika sedang proses ini ulang, ini menandakan bahwa baterai charging case True Wireless Earbuds sudah penuh. Sayangnya lampu LED yang ada di kotak pengisian ini hanya satu, jadi kamu tidak dapat memperediksi seberapa banyak sisa daya baterainya. Sama seperti earphone TWS lainnya, baterai di dalam earbud Honor Choice dapat diisi ulang dengan cara dimasukkan ke dalam kotak pengisian daya.

Cara melakukan pairing untuk pertama kali cukup mudah. Membuka penutup kotak Honor Choice akan memungkinkan earphone masuk ke mode pairing. Setelah itu, aktifkan Bluetooth di ponsel kamu dan pilih perangkat bernama Wireless Earbuds di menu Bluetooth. Setelah melakukan pairing, Honor Choice akan secara otomatis memutuskan hubungan ketika dimasukkan ke dalam kotak pengisian. Saat dikeluarkan dari kotaknya, maka earphone ini akan secara otomatis terhubung.

Seperti yang saya katakan, earphone TWS dari Honor ini dilengkapi dengan area sensitif sentuhan untuk mengakses pemutaran musik dan lainnya. Menurut saya akses kontrol yang diberikan oleh TWS ini cukup intuitif dengan memanfaatkan sentuhan. Contoh, tekan dua kali pada area sentuh pada earphone kiri atau kanan untuk melakukan Pause/Play musik, dan menghentikan pembicaraan ketika sedang melakukan panggilan telepon.

Hal yang paling praktis dalam hal kontrol musik adalah bahwa Honor dapat memajukan atau memundurkan track musik. Jika ingin mendengarkan lagu selanjutnya, tekan dan tahan area sentuh earphone sebelah kanan selama dua detik. Sebaliknya, jika kamu ingin mendengarkan track lagu sebelumnya, tekan dan tahan area sentuh earphone kiri selama dua detik.

Kamu juga dapat menolak panggilan masuk dengan cara menekan dan menahan area sentuh earphone kiri maupun kanan untuk menolak panggilan masuk. Selama menggunakan area sentuh pada Honor Choice, aksesnya cukup memiliki respons yang baik dan akurat.

    Share
    ×
    img
    ×
    tekid
    back to top