sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
Kamis, 17 Des 2020 10:00 WIB

Review Cyberpunk 2077, penantian yang tak mengecewakan

Meski terdapat banyak bug, jalan cerita, grafis, dan lainnya di Cyberpunk 2077 berhasil memenangkan hati saya.

Review Cyberpunk 2077, penantian yang tak mengecewakan

Sebagai penggemar gim RPG open world, saya sangat menantikan kehadiran Cyberpunk 2077. Dalam berbagai trailer yang diumumkan CD PROJEKT RED, gim ini terlihat sangat fantastis.

Selain karena grafisnya, saya sangat ingin memainkan Cyberpunk karena nama besar CD PROJEKT RED selaku pengembang dan penerbit gim. Cerita gim-nya selalu menarik.

Beruntung sebagai reporter, saya dapat mencicipi gim ini dalam kondisi terbaik. Saya menggunakan komputer berspesifikasi mumpuni, termasuk menggunakan salah satu GPU terbaik saat ini, yakni NVIDIA RTX 3080.

Barangkali, ulasan ini sangat telat bagi sebagian besar pembaca. Tapi, saya ingin benar-benar merasakan pengalaman seru memainkannya non-stop, sehingga saya dapat memberikan ulasan terbaik bagi kalian.

Seperti kalian tahu, kita akan mengontrol karakter bernama V di dalam gim ini. Kita dihadapkan pada tiga pilihan atau disebut Life Path untuk memulai perjalanan kita di kota masa depan. Kalian dapat memilih Nomad, Street Kid, hingga Corporate.

Untuk membuat ulasan ini, saya memilih untuk mencoba ketiga starting point tersebut sekaligus. Kalian akan mendapatkan jalan cerita yang sangat unik di masing-masing starting point.

Jika memilih Nomad, kita akan memulai cerita di tengah-tengah gurun pasir, di mana kita harus mengirimkan barang selundupan ke Night City. Tak seperti jalan cerita lainnya, saat kalian memilih starting point ini, kita dapat langsung merasakan bagaimana menyetir kendaraan di dalam gim.

Sementara Street Kid memulai cerita di Night City, tepatnya di sebuah bar. Kita diminta untuk mencuri salah satu mobil yang sedang populer, namun sepertinya kita akan bernasib sial pada akhirnya.

Dan terakhir adalah Corporate. Menurut saya inilah yang paling menarik. Di cerita ini, kita adalah bawahan dari seorang penjahat. Kita akan mendapatkan tugas dan di tengah-tengah mengerjakan tugas tersebut, kita diserang antek perusahaan yang berlawanan dengan bos. Dan dengan begitu saja, kita ditendang dari perusahaan.

Masing-masing starting point memiliki satu kesamaan. Kita ditemani seorang karakter bernama Jackie. Dan tak jauh kemudian, kita akan bertemu karakter lain bernama T-Bug.

Di sepanjang cerita, kita akan bertemu dengan berbagai karakter lain yang akan menuntun kita untuk menyelesaikan gim. Karakter tersebut berupa klien hingga fixer yang merupakan sumber uang dan misi.

Titik saya berhenti bermain adalah saat bertemu dengan Johnny Silverhand, seorang rocker terkenal. Jika kalian mengikuti meme di internet, kalian tahu bahwa karakter ini diperankan Keanu Reeves.

Karakter ini akan terus mengikuti dalam bentuk hologram. Karakter inilah yang akan menuntun kita untuk benar-benar mencapai akhir cerita, yakni melepaskan diri, teman, pacar, bahkan musuh dari Johnny Silverhand.

Kustomisasi tak terbatas

Sebelum masuk ke dalam gim, kita akan diminta untuk membuat karakter tersendiri. Fitur kustomisasi yang diberikan CD PROJEKT RED sangat luas, bahkan terlalu luas menurut saya.

Saya hanya meluangkan sedikit waktu untuk melakukan kustomisasi wajah dan badan karena ingin langsung memainkannya. Beberapa teman saya berhasil membuat karakter yang benar-benar mirip dengan wajah mereka setelah waktu hingga tiga jam untuk kustomisasi.

Aksesori yang ada di menu kustomisasi karakter ini juga sangat khas karena berlatarbelakang masa depan. Aksesorinya membuat kita benar-benar dapat tampil sebagai manusia cyborg.

Menurut saya, ada satu hal yang terlalu berlebihan jika berbicara kustomisasi, yakni alat kelamin. Kita bisa memilih alat kelamin sendiri. Bahkan, kita dapat memilih apakah kelamin tersebut sudah disunat atau belum, berukuran besar atau kecil. Kita juga dapat membuat karakter wanita dengan kelamin laki-laki dan sebaliknya.

    Share
    ×
    tekid
    back to top