sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
Jumat, 12 Jun 2020 14:12 WIB

Review BenQ Home & Bisnis projector MS550: harga terjangkau, performa tidak biasa

Ada Banyak fitur agar dapat menambah pengalaman menonton, seperti kecerahan tinggi 3.600 lumen, beragam pilihan port antarmuka, layar proyeksi hingga 200 inci, dan masih banyak lagi.

Review BenQ Home & Bisnis projector MS550: harga terjangkau, performa tidak biasa

Beberapa waktu lalu kami sudah mengulas proyektor portabel BenQ GV1. Kali ini kami akan mengulas salah satu proyektor BenQ lainnya yang ditujukan untuk keperluan Home Entertainment atau hiburan di rumah. Model proyektor ini adalah BenQ MS550.

Proyektor ini juga bisa digunakan untuk bisnis lho, makanya MS550 diberi nama sebagai BenQ Home & Bisnis Projector. Ada Banyak fitur agar dapat menambah pengalaman menonton, seperti kecerahan tinggi 3.600 lumen, beragam pilihan port antarmuka, layar proyeksi hingga 200 inci, dan masih banyak lagi.

Desain

Dari sisi desain, BenQ MS550 dilengkapi dengan aneka tombol kontrol di bagian atasnya. Jumlah keseluruhan tombol yang ada di proyektor ini adalah 11 tombol, yang terdiri dari tombol daya, tombol Menu, tombol navigasi, dan sebagainya.

Hadirnya tombol akses navigasi memudahkan kami untuk mengatur seluruh pilihan menu yang ditawarkan BenQ MS550. Selain itu, ketika sedang tidak berada di dalam menu antarmuka, tombol navigasi empat arah ini juga dapat digunakan untuk mengatur keystone vertikal dan volume. Dengan demikian, seluruh tombol yang ada pada proyektor ini sangat intuitif.

Tidak ketinggalan pula dua akses tombol slider atau geser yang ada di dekat lensa. Kedua tombol ini masing-masing berguna untuk melakukan zoom gambar dan mengatur fokus hasil proyeksi supaya gambarnya lebih tajam.

Tentu saja proyektor BenQ MS550 hadir dengan remote control di dalam paket penjualannya. Peletakan tombol pada remote ini sangat ergonomis sehingga sangat mudah diakses tanpa harus melihatnya. Kami merasa remote control ini sangat sensitif. Meski menggunakan basis inframerah, tetapi kami tidak perlu mengarahkan remote ini ke proyektor. Hal ini kemungkinan besar karena BenQ MS5500 dilengkapi 2 sensor inframerah. Satu di sensor di bagian atas, dan satu lagi di dekat lensa.

Berbicara soal lensa, BenQ MS550 melengkapi lensa proyeksinya dengan material kaca keseluruhan. Hal ini memungkinkan gambar yang dihasilkan terlihat jernih dan terang, serta minim gangguan distorsi warna. BenQ MS550 juga dirancang khusus dengan teknologi Dust Proof atau tahan debu. Oleh karena itu, proyektor ini aman diletakkan di manapun, termasuk di langit-langit yang biasanya menjadi tempat berkumpulnya debu.

Pada bagian belakang proyektor, terdapat aneka macam port antarmuka seperti Audio Input Jack, Audio Output Jack, HDMI 1, HDMI 2, PC input, Video Output, USB Mini, Super Video input, dan Video input jack. Dengan port yang banyak, proyektor BenQ dapat dihubungkan ke aneka perangkat hiburan seperti Set-Up Box, konsol game, PC, laptop, dan masih banyak lagi.

Kamu tidak perlu repot memilih input mana yang sedang aktif. Karena BenQ MS550 dilengkapi dengan fitur Auto Source Search, sehingga akan secara otomatis menampilkan gambar input. Meski bukan termasuk ke dalam proyektor portabel, BenQ MS550 masih dapat dipindahkan dengan mudah karena bobotnya yang ringan, yaitu hanya 2,3 kilo.

Selain itu, hasil proyeksinya juga dapat disesuaikan dengan menekan Quick Install pada remote control untuk mengatur arah datangnya atau orientasi proyeksi seperti Front Table, Rear Table, Front Ceiling, dan Rear Ceiling.

BenQ menyuguhkan antarmuka menu pengaturan pada proyektor MS550 dengan cara yang sangat mudah dimengerti. Ini dikarenakan oleh pemisahan masing-masing kategori di sebelah kiri, yang diikuti oleh item pengaturan di sebelah kanan. Oiya, kamu juga dapat mengubah bahasa On Screen Display atau OSD menjadi bahasa Indonesia.

Performa

Sebagai informasi, BenQ adalah merek proyektor DLP nomor 1 di dunia. Jadi, tentu saja proyektor MS550 menggunakan basis teknologi DLP atau Digital Light Processing. Beberapa keunggulan proyektor DLP dibandingkan dengan proyektor jenis lainnya adalah kontras berkualitas tinggi, piksel yang lebih rapat tanpa gangguan ‘screen door effect’, dan warna lebih alami.

Sebelumnya kami sudah mengatakan bahwa kecerahan yang dimiliki oleh proyektor BenQ MS550 adalah 3.600 lumen. Tingkat kecerahan ini sangat terang. Sebagai perbandingan, proyektor di kelasnya memiliki kecerahan rata-rata antara 2.500 lumen hingga 3.200 lumen. Jadi, hasil proyeksi dari BenQ MS550 bisa terlihat jelas meski di dalam ruangan yang tidak terlalu gelap.

Tidak memerlukan ruangan yang terlalu besar bagi BenQ MS550 untuk menampilkan proyeksi gambar 100 inci, cukup ditempatkan dengan jarak 3,98 meter dari tembok atau bidang proyeksi. Hasil proyeksi 100 inci bisa sesuai dengan ruangan untuk 20 orang. Cocok untuk menonton hiburan atau mengadakan rapat.

Agar dapat menikmati hasil proyeksi dari proyektor MS550, kamu tidak harus menggunakan layar atau tembok yang berwarna putih. Karena BenQ menawarkan opsi Wall Color yang dapat diatur di dalam menu. Kamu dapat menyesuaikan warna tembok dengan memilih warna Light Yellow, Pink, Light Green, Blue, atau Blackboard.

Dari performa gambar, kami puas dengan warna yang dihasilkan oleh proyektor BenQ MS550. Seluruh warna tampil dengan sangat cerah tanpa mengorbankan saturasi, jadi detail masih cukup terlihat. Warna biru langit dan awan menampilkan akurasi yang cukup tinggi sehingga pemandangan alam terlihat lebih alami. Keunggulan ini kemungkinan besar karena BenQ MS5500 mampu menampilkan sebanyak 1 miliar warna.

Proyektor dengan teknologi DLP ini memegang contrast ratio 20.000:1. Jadi, warna hitam saat menampilkan area gelap atau ketika adegan malam hari, kedalaman hitamnya cukup pekat. Selain itu, karena contrast ratio yang cukup tinggi, proyektor ini tidak mengorbankan detail pada area gelap.

Ada lagi nih yang membuat BenQ MS5500 itu asik banget buat menonton. Jadi, proyektor ini sudah terintegrasi speaker di dalamnya. Dengan demikian, meski tidak dihubungkan ke speaker eksternal, suara film yang ditonton tetap terdengar.

Kesimpulan

Satu lagi yang perlu kamu tahu adalah, karena ini termasuk ke dalam jenis Home & Business Projector, maka BenQ MS550 cocok juga ketika digunakan untuk rapat. Karena kecerahannya 3.600 lumen, jadi tulisan materi rapat di proyektor sangat terlihat jelas.

Jadi intinya nih Sahabat Tek, kami suka sama performa gambar yang dihasilkan oleh proyektor BenQ MS550. Menonton film jadi lebih seru, karena bisa lihat di layar yang super besar. Dengan kecerahan 3.600 lumen, jadi tidak selalu memerlukan ruangan yang gelap, seperti saat mengadakan rapat. Dengan segala fitur dan keunggulannya, BenQ MS550 merupakan Home Entertainment yang terjangkau, harganya cuma Rp5,9 juta. Kamu bisa beli proyektor BenQ MS550 secara online dengan klik link ini.

Editor
Share
back to top