sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Senin, 20 Des 2021 15:33 WIB

Noice, alternatif Clubhouse dengan konten variatif

Noice telah mengalami perkembangan pesat dalam segi konten dan pengguna aplikasi. Aplikasi streaming audio ini menyuguhkan variasi konten yang lebih beragam. 

Noice, alternatif Clubhouse dengan konten variatif

Dalam satu setengah tahun sejak diluncurkan, aplikasi streaming audio Noice telah mengalami perkembangan pesat dalam segi konten dan pengguna aplikasi. Aplikasi streaming audio ini menyuguhkan variasi konten yang lebih beragam. 

Platform streaming audio yang didirikan oleh PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI), perusahaan jaringan radio konvensional, juga mempunyai konten radio streaming di dalamnya seperti Jak FM, Gen FM Jakarta, Gen FM Surabaya, Hot FM, Kis FM, Mustang FM, dan Most FM. Berikut pengalaman Saya menggunakan aplikasi Noice. 

Tampilan dan fitur

Background layar Noice sudah menggunakan mode gelap atau dark mode. Selain mempunyai manfaat dari sisi kesehatan, dark mode juga dapat menghemat konsumsi daya baterai. Hal ini membuat ponsel bisa lebih lama digunakan ketika sedang mendengarkan audio streaming secara online. Tampilan aplikasi Noice juga diperkaya dengan fitur-fitur yang lengkap, seperti resume playing, download, sleep timer, share to Instagram Story, dan Noice Live

Fitur resume playing berguna untuk langsung mendengarkan konten pada menit terakhir yang ingin didengarkan, jadi pengguna tidak perlu repot untuk mencari menit terakhir jika belum selesai mendengarkan konten. Fitur download berguna untuk mempermudah pengguna untuk bisa mengunduh konten ke perangkat, sehingga pengguna dapat mengakses konten tanpa akses internet. 

Fitur Sleep Timer adalah fitur untuk mengatur waktu kapan aplikasi harus berhenti berputar secara otomatis. Sementara itu, fitur share to Instagram Story membuat pengguna dapat langsung membagikan apa yang sedang mereka dengarkan ke akun Instagram melalui Instagram story tanpa harus mengambil screenshot

Sama seperti Clubhouse, fitur Noice Live memungkinkan para kreator dapat berinteraksi dengan pendengarnya secara real-time. Untuk mengakses Noice Live, pengguna yang telah memiliki akun cukup membuka aplikasi dan memilih ruang obrolan yang ingin didengarkan.

Tidak hanya itu, kreator terverifikasi juga dapat mengundang pendengar untuk dapat menjadi pembicara atau guest dalam ruang obrolan yang dibuatnya. Aplikasi ini juga menyediakan fitur interaktif lainnya bersama kreator dan pendengar lain, seperti comment, share, dan like.

Diperkaya ribuan konten

Hingga saat ini, Noice memiliki lebih dari 1 juta pengguna di mana pendengar hariannya bisa menghabiskan lebih dari satu jam untuk mendengarkan konten di Noice. Di sisi konten, Noice juga sudah memiliki lebih dari 1.000 jam konten audio yang bisa diakses kapan saja dan lebih dari 10.000 jumlah audio konten dalam bentuk episode podcast, radio, audiobook, dan musik.

Konten audiobook berisi rangkuman buku dalam bentuk audio yang cocok untuk para pendengar yang tidak sempat membaca tapi ingin mendapatkan esensi dari buku-buku terpopuler. Podcast yang tersedia di Noice juga merupakan kerja sama antara Noice dengan para kreator lokal, seperti Mistery Nessie oleh Nessie Judge, Celoteh Soleh oleh Soleh Solihun, Obrolan Lelaki oleh Ronal dan Bayu Oktara, dan kreator lokal terkenal lainnya.

Noice berharap dapat terus menghadirkan konten-konten yang lebih variatif, menghibur, informatif, dan mudah diakses bagi masyarakat Indonesia. Dalam waktu dekat Noice akan menghadirkan konten-konten podcast yang didistribusikan melalui feed RSS sehingga pengguna Noice akan bisa menikmati lebih banyak lagi konten podcast di luar Noice original dan exclusive.

Gelar terbaik dalam dunia podcast masih dipegang oleh Google Podcasts. Selain mempunyai tampilan yang sederhana dan mudah dimengerti, Google Podcasts juga dibekali dengan perpustakaan podcast yang sangat lengkap. Google Podcasts juga bekerja berdampingan dengan Google Search App dan Google Assistant untuk integrasi langsung ketika mencari sebuah podcast

Melihat dari sisi bisnis, Noice memang belum bisa menyaingi Anchor, setidaknya sejauh ini. Pasalnya Anchor tidak hanya digunakan untuk mendengarkan, namun juga bisa untuk membuat podcast. Aplikasi ini menawarkan hosting tanpa batas di mana pengguna bisa merekam audio lalu mempublikasikannya ke beberapa tempat seperti iTunes dan Google Podcasts, atau mengimpor audionya ke perangkat lain untuk diunggah. Lebih menariknya lagi, pengguna yang membuat podcast di Anchor dapat menghasilkan uang

Menurut saya, Noice merupakan salah satu aplikasi podcast terbaru yang terlihat cukup menarik. Noice juga tampil dengan desain UI yang ciamik berkat material desain yang diusungnya. Secara umum, Noice menawarkan pengalaman podcast yang standar namun dengan eksekusi fitur dan konten yang baik. Saya sangat berharap Kemendikbud bisa bekerja sama dengan Noice agar bisa menerbitkan buku-buku pelajaran sekolah dalam versi audio, mengingat Noice merupakan aplikasi lokal. 

Share
×
tekid
back to top