Muslim Go, aplikasi Android penunjang ibadah Anda

Muslim Go diklaim sebagai aplikasi Islam pertama dengan font Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia yang disertifikasi oleh Kementrian Agama

Muslim Go, aplikasi Android penunjang ibadah Anda

Momen lebaran telah tiba, dan di antara Anda pasti ada yang mengunjungi kerabat dan melakukan perjalanan mudik. Sepanjang perjalanan mungkin Anda merasa kesulitan dalam menentukan waktu salat, atau bahakan menentukan arah kiblat ketika ingin menunaikan salat. Di era informasi ini, hal tersebut seharusnya bukan lagi menjadi penghalang untuk kita agar melewatkan kegiatan beribadah. 

Kali ini, saya akan mengulas salah satu aplikasi terbaru yang bernuansa Islami, yaitu Muslim Go. Aplikasi mobile ini menyediakan layanan keagamaan dan panduan lengkap bagi seluruh umat Muslim. Selain itu, Muslim Go diklaim sebagai aplikasi Islam pertama dengan font Mushaf Al-Quran Standar Indonesia yang disertifikasi oleh Kementrian Agama.


BACA JUGA

Ini rencana Line tahun depan

Ini rencana Line tahun depan

Google ciptakan Call Screen, fitur menjawab telepon otomatis


Tersedia secara gratis untuk perangkat Android dan iOS.

Perangkat yang paling banyak digunakan saat ini adalah smartphone atau tablet yang memiliki platform dengan basis sistem operasi Android dan iOS. Dengan demikian, hampir seluruh umat muslim dapat mengunduh secara gratis aplikasi Muslim Go.

Kebetulan smartphone yang saya gunakan memiliki sistem operasi Android. Jadi saya mengunduh aplikasi Islami tersebut melalui Google Play Store. Di toko aplikasi milik Google tersebut, Muslim Go memiliki ukuran file yang tidak terlalu besar, hanya 8,8 MB. Selain itu, aplikasi ini juga sudah diunduh sebanyak 1 juta kali di Google Play Store. Rata-rata rating yang didapatkannya pun cukup tinggi dengan 4,6 bintang.

Setelah selesai terpasang, Muslim Go akan meminta izin akan meminta akses lokasi kita demi akurasi waktu salat dan arah kiblat yang benar. Perlu diingat, akses lokasi tersebut akan digunakan ketika hanya Anda membuka aplikasi, sehingga lebih aman dan menjaga baterai agar tidak cepat habis.

Setelah meminta izin akses lokasi, Muslim Go akan menanyakan apakah Anda ingin aplikasi ini mengingatkan setiap kami masuk waktu salat. Secara default, aplikasi akan memberi tahu Anda ketika memasuki waktu salat Subuh, Maghrib, dan Isya. Selanjutnya, Muslim Go akan menanyakan apakah Anda ingin log in ke aplikasi ini. Terdapat dua pilihan cara untuk login. Pilihan pertama melalui akun Facebook, dan yang kedua melalui akun Google.

Perlu diingat bahwa versi gratis Muslim Go tidak membatasi fitur dan fungsi keseluruhan aplikasi, hanya menampilkan iklan. Jika Anda ingin menghilangkan tampilan iklan, cukup upgrade versi ke Premium dengan harga Rp 79.000.

Fitur komprehensif

Ada dua bahasa pilihan bahasa yang ditawarkan oleh Muslim Go: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Secara default, bahasa Inggris telah dipilih dari awal. Ketika saya memilih Bahasa Indonesia, kata-kata pada menu masih dalam Bahasa Inggris, tetapi isi dari menu tersebut tesedia dalam Bahasa Indonesia.

Tampilan halaman utama Muslim Go menyajikan arah kiblat dan waktu salat yang keduanya ada di bagian atas. Arah kibat sangat berguna jika Anda sedang mudik dan ingin menunaikan salat di perjalanan. Karena berbasis lokasi smartphone Anda, penunjuk arah kiblat tersebut cukup akurat.

Ada pula ‘Verse of the Day’ yang menyajikan salah satu ayat dari Al-Quran. Selain itu, tersedia juga ‘News of the Day’ yang menampilkan berita atau tips sesuai dengan ajaran agama Islam. Saya merasa fitur ini sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin memperdalam ajaran agama Islam.

Fitur pada aplikasi Muslim Go terdapat di bagian paling bawah halaman utama. Jumlah total fitur yang diberikan ada 12. Termasuk Prayer Time, Qiblat, Al-Qur’an, Prayer, Doa, 99 Names, Tasbih, Shahadah, Hijri Calendar, Zakat, Islamic Content, dan Greeting Card.

Untuk fitur Prayer Time dan Qiblat, saya rasa sudah diwakilkan pada bagian atas menu utama. Jadi menurut saya, pengguna tidak perlu sering-sering membuka dua fitur tersebut lantaran sudah terpampang jelas.

Seperti namanya, fitur Al-Quran menyajikan ayat-ayat lengkap yang ada di dalam Al-Quran. Selain menampilkan huruf Arab, fitur ini juga menampilkan huruf abjad untuk mempermudah Anda melafalkan ayat-ayat suci Al-Quran. Ya, tentu saja tersedia pula arti dari setiap ayatnya. Pada bagian bawah layar, Anda juga dapat mendengarkan lafadz yang benar dengan cara mendengarkan setiap ayat yang diinginkan dengan cara menekan tombol Play di bagian bawah layar. Sayangnya, aplikasi ini tidak memungkinkan pengguna mencari surat dalam Al-Quran secara spesifik, alias dengan cara mengetik surat yang ingin dibaca. Sebagai gantinnya, Anda dapat mencari nama surat secara berurutan dengan menyentuh nama surat yang ada di atas layar.

Fitur Prayer menghadirkan bacaan beraggam niat salat, termasuk niat solat gerhana matahari. Jumlah niat salat yang disajikan dalam aplikasi ini berjumlah 18 niat salat. Seperti fitur Al-Quran, niat bacaan salat ditampilkan dalam bahasa Arab, tulisan latin untuk bacaan bahasa Arab, dan artinya. Sedangkat fitur Doa menyajikan doa-doa sebelum atau setelah menjalankan aktivitas.

Satu lagi fungsi yang sangat berguna untuk Anda yang sedang mudik ke kampung halaman adalah Directory. Fungsi ini dapat menampilkan Masjid dan restoran halal di dekat Anda. Cara menggunakan fungsi ini adalah dengan menekan tab bertuliskan Directory di kanan bawah layar, tepat di samping kiri tab Settings. Informasi seputar Masjid dan restoran halal diinformasikan dalam bentuk peta demi kemudahan Anda. Anda juga dapat menampilkannya dalam tampilan daftar (list) dengan cara menekan menu Nearby List. Agar menu tersebur tampil, sebelumnya Anda harus menekan ikon di sudut kanan atas terlebih dahulu.

Kesimpulan

Sesuai klaimnya, Muslim Go memang dapat dibilang sebagai aplikasi multifungsi yang menyediakan panduan lengkap untuk seluruh umat Muslim. Kumpulan doan juga sangat cocok dibaca sehari-hari, kalender. Perjalanan mudik Anda juga akan lebih teratur dengan jadwal yang disesuaikan dengan posisi smartphone yang sedang digunakan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: