Jakarta setelah magrib dalam tangkapan Oppo R17 Pro

Jakarta setelah magrib menjelma metropolitan gemerlap cahaya. Ikuti hasil bidikan kamera Oppo R17 Pro kali ini.

Jakarta, kota yang tidak pernah istirahat. Saat hari berganti malam, saat itulah Jakarta sebenarnya bersolek. Gedung-gedung pencakar langit memancarkan atraksi cahaya. Monumen-monumen di tengah kota tersorot lampu warna-warni. Banyak objek indah dan menarik saat Jakarta menjelang magrib sampai malam hari.

Kalaupun tidak punya kamera DSLR atau mirorrless di tangan, kamera ponsel pintar sudah mumpuni untuk mengabadikan Jakarta di malam hari. Di tangan saya kali ini ada Oppo R17 Pro. Ponsel Pintar dengan kemampuan memotret objek yang sangat baik di malam hari.

Setelah magrib, saya pun menerabas jalanan Jakarta, mencari spot-spot unik dan menarik. Seperti apa sih Oppo R17 Pro menangkap lanskap urban Jakarta di malam hari?

Kamera Oppo R17 Pro

Mengamati bagian belakang Oppo R17 Pro, kita bisa langsung tahu kalau smartphone ini punya tiga lensa kamera di bagian belakang. Kekinian banget. Tentu setiap lensa kameranya ada fungsinya masing-masing.

Kamera utamanya beresolusi 20 MP dan 12 MP. Keduanya memiliki bukaan diafragma (aperture) yang berbeda. Satu yang beresolusi 12 MP memiliki variasi aperture f/1.5 dan f/2.4 sementara yang beresolusi 20 MP aperture-nya f/2.6. Variasi ini secara otomatis menangkap gurat cahaya untuk beragam kondisi. Tidak heran konfigurasi ini membuat Oppo berani memberi tagline di R17 Pro, “Size The Night”. Tugas lensa kamera beresolusi 20 MP sendiri untuk menciptakan efek bokeh layaknya kamera DSLR.

Kok buat bokeh saja perlu resolusi besar? Ternyata, lensa 20 MP milik R17 Pro juga berfungsi untuk menciptaan efek cahaya yang ciamik. Di dalam aplikasi kamera bawaan R17 Pro ada menu Portrait. Di dalamnya kita bisa bermain pencahayaan untuk menciptakan foto-foto yang ciamik. Fungsi lensa 20 MP ini mengkonfigurasi efek 3D lighting di dalamnya.

Hasilnya bukan kaleng-kaleng memang. Pertama, menggunakan mode portrait di R17 Pro, menghasilkan gambar bokeh dengan mudah. Saya mencoba memotret objek dengan latar lampu biru. Hasil gambarnya tidak terdistrosi, fokus objek depan dan belakangnya juga rapi. Pencahayaannya juga mirip seperti kondisi aslinya.

Bandingkan dengan kamera smartphone lain dengan kamera ganda beresolusi 12MP juga. Dari sisi kualitas gambar dan kerapian bokehnya terasa bedanya. Selain itu, kamera utama dan kamera depan Oppo R17 Pro mampu mendeteksi sampai 10 wajah.

Bicara soal kondisi cahaya yang bisa ditangkap Oppo R17 Pro, kami sudah mengujinya dalam berbagai kondisi pencahayaan dan lingkungan. Kesimpulan kami, Oppo R17 Pro memiliki kemampuan yang baik untuk menghasilkan gambar di dalam maupun luar ruangan. Kondisi cahaya pun beragam, pernah cerah, ruangan kafe berlampu kuning, kondisi mendung, berawan, magrib, sampai kondisi malam hari.

Khusus untuk malam hari, kami antusias mengujinya di luar ruangan. Pertama kami ke bundaran Hotel Indonesia di bilangan Jakarta Pusat. Saat malam hari, cahaya berpendar dari segala penjuru, mulai dari cahaya neon bangunan di sekililing bundaran HI, lampu yang menyinari patung selamat datang, permainan cahaya di air mancur, dan lampu-lampu mobil yang lalu-lalang.

Kalau bukan kamera smartphone mumpuni, kondisi ini sangat riskan untuk menghasilkan foto terbaik. Kendati begitu Oppo R17 Pro mampu menghasilkan hasil memuaskan. Apalagi dengan fitur night di aplikasi kamera di dalamnya. Noise atau bintik-bintik mengganggu di foto sagat minim. Lampu neon tampak jelas terlihat. Sumber-sumber cahaya terurai dengan rapi, tidak menggangu hasil foto dengan eksposur berlebihan.

Sebenarnya fitur night ini memberi kesempatan tiga detik kepada lensa kamera R17 Pro untuk menyerap cahaya di sekitarnya. Ini bisa dilakukan oleh kamera smartphone lain yang menyediakan fitur pegaturan shutter speed di dalamnya. Akan tetapi, R17 Pro punya kecerdasan buatan (AI) juga yang menyesuaikan hasil tangkapan gambar. Caranya dengan memanfaatan algoritma di dalamnya. Ini tidak bisa dilakukan smartphone biasa tanpa AI serupa. Berikut perbandingan hasil gambarnya.

Selain foto R17 Pro juga mumpuni dalam mengambil video. Hasil mengambil video di malam hari sama baiknya dengan hasil foto di malam hari. Resolusi video terbesar yang bisa diambilnya sampai 4K. Tersedia juga fitur slow motion yang bisa diakses saat kita selesai mengambil video.

Tampilan dan fitur

Oppo R17 Pro datang dengan desain produk cantik menurut kami. Warna produk yang kami ulas gradasi dua warna ungu dan biru. Saat tertimpa cahaya, jadi terlihat sangat atraktif. Bodi yang terbuat dari logam dengan finishing yang sangat baik, tidak membuat bodi belakang cepat kotor oleh bercak sidik jari. Lain ceritanya kalau pemilihan material bodi dari bahan kaca. Bisa dibilang, R17 Pro jadi produk Oppo tercantik yang pernah mereka buat.

Layarnya juga lebar berukuran 6,4 inci. Kamera depannya berupa notch berdesain tetesan air. Selain manis, pendekatan desain notch ini tidak terlalu memakan ruang di layar dan mengurangi kenyamanan pandangan mata.

Teknologi layarnya menggunakan AMOLED. Jenis layarnya ini memproduksi kepekatan yang lebih baik dari jenis layar smartphone biasanya. Kontras yang dihasilkan R17 Pro pun jadi lebih baik, ini mempengaruhi produksi warna yang jadi lebih menyala.

Untuk yang suka menonton atau bermain gim mobile, layar R17 Pro nyaman dipakai berlama-lama dan meningkatkan pengalaman multimedia. Uniknya lagi, di dalam layarnya terdapat sensor sidik jari yang membuatnya jadi makin mutakhir. Ini fitur yang lagi tren di smartphone 2019 ini. Sensor ini cukup akurat dalam membaca sidik jari.

Satu hal lagi, speaker-nya juga empuk dengan kelantangan suara yang pas. Suara bass mid dan trible terdengar enak di speaker Oppo R17 Pro. Meski tidak memiliki lubang jack audio 3,5mm, R17 Pro menyiapan earphone bawaan berkonektivitas  USB-C di paket penjualannya. Perlu diketahui, tidak semua smartphone yang menghilangkan jack audio 3,5mm memberikan paket earphone USB Type-C di dalamnya loh yah.
 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: