Begini rasanya main gim di Vivo Z1 Pro

Vivo Z1 Pro diklaim sebagai smartphone yang mendukung aktivitas gaming, apalagi smartphone ini dibekali dengan baterai besar.

Begini rasanya main gim di Vivo Z1 Pro Source: Patardo/ Tek.id

Smartphone sekarang ini sudah berkembang semakin canggih. Tidak bisa ditampik, kebutuhannya bukan lagi sekadar berkomunikasi. Internetan, media sosial, bekerja dan bermain gim bisa diakomodasi dengan menggunakan smartphone. Syaratnya sih cuma satu, spesifikasinya harus mendukung untuk itu semua. 

Sebenarnya ada banyak pilihan smartphone yang bisa melakukan banyak hal. Rentang harganya juga beragam. Tinggal pilih salah satu, asal masuk budget, sah-sah saja untuk dimiliki. Dari semua vendor yang ada di Indonesia, Vivo dengan percaya diri memperkenalkan Z1 Pro.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Vivo S1 Pro dipastikan meluncur di Indonesia

Vivo siapkan 5 smartphone 5G murah

Vivo V1934A/T muncul di TENAA


Yup, smartphone ini punya kapasitas baterai tergolong besar, 5000 mAh. Tidak hanya itu, di dalamnya tersemat chipset Snapdragon 712 GB dengan konfigurasi RAM 4GB dan memori internal 64GB. 

Ada tiga gim yang kami mainkan untuk menguji, yakni PUBG Mobile, Chess Rush dan Arena of Valor. Pengujian ini dilakukan untuk melihat ketahanan baterai serta kemampuannya untuk menjalankan beberapa gim secara simultan. 

Asal tahu saja, vivo memberikan fitur bernama Ultra Game Mode. Kalau dimanfaatkan dengan maksimal, fitur ini akan membuat pengalaman bermain semakin imersif. Pasalnya, Ultra Game Mode akan menggenjot performa vivo Z1 Pro sampai ke titik tertinggi agar dapat menjalankan gim dengan lancar. 

Uji Benchmark

Sebelum menggunakannya untuk bermain gim, kami mencoba mengukur performa vivo Z1 Pro menggunakan beberapa aplikasi benchmark. Ada tiga aplikasi yang saya gunakan, 3DMark, PCMark dan AndroBench. 

Pengujian pertama kami menjalankan AndroBench. Pengujian ini dilakukan untuk melihat performa memori yang ditawarkan vivo Z1 Pro. Hasil pengujian menggunakan Androbench menunjukkan bahwa kemampuan sequential read vivo Z1 Pro memiliki kecepatan 501 MB/s, sementara sequential write memiliki kecepatan 184 MB/s. Tak hanya itu, dalam urusan random read, vivo Z1 Pro mencatat kecepatan 116 MB/s sementara untuk kecepatan random write berada di kecepatan 28,66 MB/s. 

Beralih ke pengujian menggunakan aplikasi PC Mark. Pengujian ini dilakukan untuk melihat seberapa baik vivo Z1 Pro menangani kebutuhan sehari-hari, mulai dari browsing hingga editing video. Hasilnya sebagai berikut: 

Secara keseluruhan, smartphone ini mampu menorehkan skor di angka 6793. Di tabel di atas, dapat dilihat kalau vivo Z1 Pro paling unggul ketika melakukan edit foto dengan skor 11650. Sementara untuk edit video, skornya berada sekitar setengah di bawahnya. Namun dalam penggunaan sehari-hari, mengedit video masih dapat dilakukan dengan sangat nyaman dan termasuk salah satu yang gesit. 

Selanjutnya, pengujian benchmark saya lakukan dengan menggunakan aplikasi 3DMark. Pengujian ini ditujukan untuk melihat seberapa baik performa chipset Snapdragon 712 yang ditanam pada smartphone ini. 

Pengujian Sling Shot berhasil mencatat skor 3021 sementara hasil pengujian menggunakan Sling Shot Extreme menghasilkan skor 2252. Rerata fps yang didapatkan selama pengujian berkisar di antara 6 hingga 55 fps. 

Selanjutnya saya menjajal smartphone ini dalam permainan gim secara langsung. 

 

Sukses Libas Semua Gim

Gim pertama yang saya mainkan adalah Arena of Valor. Nah, dari keterangan Ultra Game Mode itu, mode eSports hanya dapat digunakan pada gim bergenre Battle Royale dan MOBA saja. Tapi di sini, saya tidak bisa menggunakan mode eSports. Pasalnya tidak didukung oleh sistem. Kendati begitu, Ultra Game Mode akan otomatis aktif ketika saya membuka gim. 

Terlepas dari itu, memainkan gim AOV ini dapat dimainkan dengan grafis mentok kanan atau pengaturan grafis tertinggi. Semua fitur grafis dalam gim saya aktifkan, kecuali kualitas HD. Disebutkan kalau spesifikasi vivo Z1 Pro tidak cukup bertenaga untuk masuk ke kualitas tampilan HD. Well, tidak masalah. Toh aspek lain bisa ditingkatkan sampai maksimal. 

Saya sengaja memulai permainan ketika baterai sudah terisi penuh. Beberapa sesi permainan pun berhasil dilalui tanpa kendala sama sekali. Saya terkesan bagaimana smartphone ini mampu memberikan tampilan terbaik dalam gim ini. Fps tinggi juga dijamin ketika menggunakan vivo Z1 Pro. 

Kurang lebih 47 menit saya memainkan AOV. Kapasitas baterai menunjukkan pengurangan. Setidaknya, selama bermain, gim ini mengkonsumsi 19 persen baterai vivo Z1 Pro. Oh iya, saya sengaja mengatur tingkat kecerahan layar sampai maksimum ketika bermain. 

 

Main PUBG Tanpa Masalah

Jujur saja, harapan saya ketika hendak bermain gim PUBG Mobile cukup tinggi. Pasalnya, kotak penjualan vivo Z1 Pro menyertakan logo PMCO (PUBG Mobile Club Open). Artinya vivo cukup percaya diri kalau smartphone ini bakal bisa memainkan gim PUBG dengan lancar dan kualitas baik tentunya. 

Masuk ke gim PUBG, pengaturan yang disarankan gim ini adalah grafis HD dengan frame rate High. Di sini, frame rate dikunci pada 30fps. Waktu bermain, ada bonus pada saat-saat tertentu. Fps-nya naik menjadi 31. Sayangnya tidak memberikan banyak perubahan. Opsi grafis HDR sayangnya tidak bisa diaktifkan. 

Untuk smartphone kelas menengah, bermain di pengaturan itu sebenarnya sudah sangat baik, Setidaknya tetap bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan. Tapi kalau mau dioptimasi, gim ini bisa dimainkan dengan frame rate Ultra (40fps) dan grafis Balanced. Hal ini berhasil membuat peningkatan yang cukup signifikan. Jauh lebih baik ketimbang pengaturan standarnya. 

Saya belum mengaktifkan mode eSports. Jika mode ini diaktifkan, permainan berjalan semakin mulus. Apalagi di mode ini ada pengaturan untuk memfokuskan kinerja CPU pada gim saja. Ada juga menu yang akan mengabaikan temperatur smartphone agar tetap dapat memberikan performa terbaik. Tapi ya, smartphone menjadi cepat demam. Selesai bermain selama 42 menit, suhu smartphone melonjak menjadi 39 derajat. Sementara itu, baterainya hanya berkurang sebanyak 11 persen saja. 

 

Tahan Lama untuk Ngegame

Selanjutnya saya menjajal gim yang memiliki gameplay panjang dalam satu sesi permainan, yakni Chess Rush. Gim ini bisa berlangsung selama 15-30 menit sekali bermain. Gim ini sebenarnya tidak membutuhkan grafis yang tinggi. Karena itu, saya bisa mengatur kualitas grafisnya mentok kanan. 

Bayangan dan pantulan sinar di gim ini berhasil ditampilkan dengan baik. Permainan pun menjadi semakin menyenangkan. Ketika memasuki fase late game, jumlah karakter akan bertambah banyak. Dalam satu arena bisa terdapat 20 karakter sekaligus, lengkap dengan efek-efek serangannya. 

Pertarungan pun berhasil dieksekusi dengan baik. Tidak ada gejala lag yang terjadi ketika gim dijalankan. Bermain selama sekitar 1 jam 23 menit baterai Z1 Pro berkurang sebanyak 23 persen.

Oh iya, smartphone ini hadir dengan dukungan teknologi Dual Engine Fast Charging 18W. Dengan kapasitas 5000 mAh, butuh waktu satu hingga satu setengah jam sampai baterai terisi sepenuhnya. Pengisian daya saya lakukan dari kapasitas baterai satu persen. 

Secara keseluruhan, bermain gim di vivo Z1 Pro ini terasa sangat menyenangkan. Kapasitas baterainya pun menawarkan durasi bermain yang panjang. Selama bermain 3 jam, baterai yang terpakai sebanyak 53 persen. Itu dalam kondisi bermain nonstop dengan kecerahan layar diatur maksimal.

 
Vivo Z1 Pro
Bagus ...
  • Kuat main gim apa saja
  • Baterai besar
  • Harga terjangkau
Kurang ...
  • Smartphone mudah panas
  • Layar belum Super AMOLED
  •  
Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: