Begini perbandingan vivo S1 Pro dan Redmi Note 8

Sama-sama mengusung konfirmasi empat kamera dengan resolusi utama 48MP dan chipset Snapdragon 665, begini perbandingannya.

Begini perbandingan vivo S1 Pro dan Redmi Note 8

Menjelang peluncuran S1 Pro sebagai smartphone terbaru vivo di Indonesia. Kami berkesempatan untuk mencoba smartphone yang memiliki konfigurasi empat kamera ini. Tak ketinggalan, kami juga membandingkan smartphone terbaru vivo ini dengan Redmi Note 8 yang telah meluncur beberapa waktu lalu. 

Desain 

Berbicara desain, vivo S1 Pro memiliki layar yang sedikit lebih kecil dengan Ultra AllScreen Super AMOLED 6,38 inci. Sedangkan Redmi Note 8 menampilkan layar LCD IPS 6,53 inci. Kedua smartphone ini juga tampil dengan notch pada layar untuk menempatkan kamera depan. 

Nah pada bodi belakangnya, kedua smartphone menampilkan konfigurasi empat kamera belakang yang dilengkapi LED flash. Hanya saja penempatan empat kamera belakang pada vivo S1 Pro berbentuk seperti ketupat. Seri vivo S1 Pro juga tidak menggunakan pemindai sidik jari di balik layar. Berbeda dengan Redmi Note 8 yang masih menggunakan pemindai sidik jari fisik.

Kesamaan sistem keamanan dua smartphone ini ada pada sistem pemindai wajahnya. Menurut saya, pemindai wajah pada kedua smartphone ini mampu membuka layar secara cepat meski dalam kondisi cahaya yang kurang terang sekalipun. 

Pada bagian bawahnya, kedua smartphone ini sama-sama menampilkan port USB Type-C dengan speaker di sampingnya. Hanya saja di vivo S1 Pro menempatkan jack audio 3.5mm di sebelah atas bodi, berbeda dengan Redmi Note 8 yang menempatkan jack audio 3.5mm pada bagian bawah bodi. 

Saya merasa lebih aman saat menggenggam vivo S1 Pro. Pasalnya seri S1 Pro lebih ringan di tangan karena bobotnya yang hanya 185 gram, sedangkan Redmi Note 8 yang berbobot sedikit lebih berat 190 gram. 

Terlebih lagi, S1 Pro terasa lebih mudah dikendalikan dengan permukaannya yang melengkung ketimbang Redmi Note 8 yang berbentuk kotak. Saya juga lebih menyukai desain vivo S1 Pro karena warnanya yang lebih trendi dan lebih kekinian. 

Performa 

Beralih ke spesifikasi, vivo S1 Pro berbekal RAM yang lebih besar ketimbang Redmi Note 8. Pasalnya smartphone terbaru ini dibekali RAM 8GB dan Redmi Note 8 dibekali RAM 6GB. Namun keduanya sama-sama dibekali memori internal yang lega yakni berkapasitas 128GB. Oh iya, kedua smartphone ini juga sama-sama ditenagai dengan prosesor Snapdragon 665. 

Ini adalah perbandingan benchmark 3DMark Sling Shot

Saya telah menguji kedua smartphone ini dengan tiga aplikasi benchmark, yakni PCMark, 3DMark, dan Geekbench 5. Pada pengujian 3DMark Sling Shot, vivo S1 Pro tampil lebih rendah dibanding Redmi Note 8. Pasalnya pada Sling Shot, Redmi Note 8 memiliki skor 1732 dan vivo S1 Pro dengan skor 1632. Ini juga sama halnya pada Sling Shot Unlimited, dengan Redmi Note 8 menampilkan skor 1769 dan vivo S1 Pro menampilkan skor 1667. 

Ini adalah perbandingan benchmark 3DMark Sling Shot Extreme

Pada pengujian 3DMark Sling Shot Extreme, Redmi Note 8 terbukti lebih unggul ketimbang vivo S1 Pro. Pasalnya smartphone ini mampu menghasilkan skor 1114 dalam OpenGL ES 3.1, skor 1120 untuk Unlimited OpenGL ES 3.1, dan skor 1036 untuk Vulkan. Pada pengujian PCMark Work 2.0, Redmi Note 8 juga tampil lebih unggul dibanding vivo S1 Pro. Pasalnya smartphone tersebut memiliki skor 6499, dan vivo S1 Pro dengan skor 6377. 

Ini adalah gambar perbandingan benchmark PCMark Work 2.0

Ini adalah gambar dari perbandingan benchmark Geekbench 5

Pada pengujian Geekbench 5 di single-core, kedua smartphone ini menampilkan skor yang berbeda tipis. Sementara pada multi-core, Redmi Note 8 tampil unggul lebih jauh dibanding vivo S1 Pro dengan skor 1320. Pada baterainya, vivo S1 Pro memiliki kapasitas baterai yang lebih rendah 3700 mAh dengan fast charging 18W. Sedangkan Redmi Note 8 berbekal baterai berkapasitas 4000 mAh dengan teknologi fast charging 18W. Nah keunikannya, seri S1 Pro akhirnya dibekali USB Type-C, yang serupa dengan Redmi Note 8. 

Tak ketinggalan, kedua smartphone ini juga telah menjalankan sistem operasi Android 9 Pie. Namun vivo S1 Pro mengusung interface Funtouch 9, dan Redmi Note 8 dengan interface MIUI 10. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: