Review Acer Nitro 5

Acer Nitro 5, Pakai GTX 1060 dibanderol murah

Varian Acer Nitro 5 berbekal spesifikasi tinggi dan sistem pendingin yang cukup baik. Satu lagi, notebook ini dijual cukup murah.

Acer Nitro 5, Pakai GTX 1060 dibanderol murah

Era notebook gaming bongsor dan tebal tampaknya sudah semakin ditinggalkan. Empat tahun lalu notebook gaming sebesar gaban. Memang masih memungkinkan untuk dibawa-bawa. Namun, dengan bobot yang mendekati angka 5kg, tentu akan sangat merepotkan.

Menariknya, saat ini mulai banyak notebook gaming bertenaga dengan ukuran yang ringkas. Acer Nitro 5 adalah salah satunya. Bobotnya tidak sampai 3kg namun spesifikasinya perlu kamu pertimbangkan.

Desain

Ringkas atau tidak, setiap orang pasti punya parameter sendiri. Namun untuk Nitro 5 AN515-52, penilaian kami notebook ini ringkas. Panjangnya 390 mm dengan lebar 266 mm dan tebal 26,8 mm. Secara fisik masih mudah dimasukkan kedalam ransel dan dibawa bepergian. Toh beratnya hanya berkisar 3kg lengkap dengan adapternya.

Kesan pertama, desainnya cukup agresif. Acer menyapukan warna hitam hampir di keseluruhan bodi. Cover-nya menggunakan motif karbon serta identitas Predator di tengahnya.

Aksen merah pada engsel tampak menarik ketika digabungkan dengan dominasi hitam pada bodi. Belum lagi, Nitro 5 menggunakan desain exhaust yang cukup lebar di bagian belakang notebook. Secara visual notebook ini memang memiliki karakter gaming yang cukup kental.

Di panel bagian dalam Acer Nitro 5 kembali menggunakan motif karbon, namun dengan sentuhan glossy. Keyboard-nya dikelir hitam doff dengan backlit berwarna merah. Tampak sangat serasi dengan engsel dan frame pada trackpad-nya.

Keyboard-nya berukuran full. Selain tombol numlock, Acer juga menyematkan tombol Power yang diletakkan di sudut kanan atas. Awalnya saya khawatir tombol Power di jajaran keyboard bisa sangat mengesalkan jika tak sengaja tertekan.

Untungnya jika tombol Power tak sengaja tertekan, notebook tidak akan bergegas masuk ke dalam mode Sleep ataupun Shut down. Namun akan muncul sebuah panel informasi yang menampilkan empat menu hanya jika tombol Power ditekan lebih dari 5 detik.

Notebook kekinian umumnya sudah jarang yang menggunakan CD-ROM, begitu pula Nitro 5. Meski begitu, notebook gaming milik Acer ini memiliki jajaran port yang cukup lengkap. Ada 3 port USB 2.0, 1 port USB type-C , 1 port HDMI dan sebuah slot SD Card.

Salah satu hal menarik dari desain Acer pada Nitro 5 adalah kemampuan ekspansi. Ada dua panel di sisi bawah yang dapat terbuka, di sini kamu bisa meningkatkan hard drive dari HDD ke SSD atau menambahkan sekeping RAM lagi di slot tersebut.

Nitro Sense dan sensasi Surround

Namanya notebook gaming, pasti dibekali beberapa fitur penunjang untuk memberikan pengalaman bermain game yang optimal. Salah satunya adalah Nitro Sense. Aplikasi ini berfungsi untuk memonitor kinerja serta suhu dari CPU dan GPU.

Nah selain untuk memonitor suhu, Nitro Sense juga berfungsi untuk mengendalikan kecepatan kipas ketika panas pada CPU dan GPU cukup tinggi. Acer menamakannya CoolBoost. Fitur ini menawarkan pengaturan kecepatan kipas secara manual ataupun otomatis.

Sektor multimedia, Nitro 5 dibekali dua speaker di sisi depan bagian bawah. Meski tidak bekerjasama dengan brand audio ternama, karakter speaker-nya cukup bertenaga, nge-bass, namun tidak mengorbankan detil.

Pengalaman bermain game atau menonton film di notebook keluaran Acer ini memang asik. Sensasi surround cukup terasa ketika saya memasuki medan perang yang semakin memanas, ledakan di kanan kiri cukup tergambarkan. Ini berkat dukungan fitur TrueHarmony dan Dolby Audio.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: