sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Kamis, 14 Mar 2024 08:07 WIB

3 tren teknologi konstruksi 2024, AI jadi salah satunya pendorong utama

Menurut laporan terbaru Forbes, ada tiga tren utama yang diprediksi akan menjadi pendorong utama dalam industri konstruksi.

3 tren teknologi konstruksi 2024, AI jadi salah satunya pendorong utama

Industri konstruksi, yang sering kali dianggap sebagai lamban dalam adopsi teknologi digital, kini berada di ambang transformasi besar. Dukungan dari tren-tren makro ekonomi baru dan keberhasilan alat-alat AI generatif seperti ChatGPT telah menarik perhatian industri ini untuk mencapai tujuan keuntungan, efisiensi, dan keberlanjutan yang lebih tinggi.

Menghadapi tantangan krusial seperti kekurangan tenaga kerja dan perubahan dinamika pasar bangunan, industri konstruksi dituntut untuk beradaptasi dengan cepat. Dalam konteks yang semakin kompleks ini, tahun 2024 dipandang sebagai momen krusial bagi adopsi teknologi konstruksi. Menurut laporan terbaru yang dirilis oleh Forbes (13/3), ada tiga tren utama yang diprediksi akan menjadi pendorong utama dalam industri konstruksi.

1. Penggunaan AI 

Peningkatan penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam sektor konstruksi diharapkan menjadi tren utama di tahun mendatang. AI memiliki potensi besar untuk mengoptimalkan berbagai aspek dalam industri ini, mulai dari perencanaan proyek hingga pengelolaan sumber daya. Namun, penting untuk memastikan bahwa penggunaan AI dilakukan dengan bertanggung jawab dan memperhatikan aspek etika.

2. Inovasi dalam material science

Teknologi material akan menjadi fokus utama dalam upaya untuk menghasilkan bahan bangunan yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. Dengan adanya investasi besar dalam penelitian dan pengembangan, diharapkan akan muncul berbagai inovasi dalam bahan konstruksi yang dapat mengurangi dampak lingkungan.

3. Percepatan digitalisasi Industri

Digitalisasi industri konstruksi akan terus dipercepat, terutama dalam penggunaan solusi digital untuk mengoptimalkan proses konstruksi dan meningkatkan efisiensi. Dengan beralih dari dokumen fisik ke solusi digital, diharapkan akan terjadi pengurangan risiko kesalahan dan peningkatan produktivitas.

Dengan adanya tren-tren ini, industri konstruksi diprediksi akan mengalami transformasi signifikan yang akan membantu mengatasi tantangan-tantangan krusial yang dihadapinya.

Share
×
tekid
back to top