sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Jumat, 17 Feb 2023 14:28 WIB

Seberapa aman Huawei MatePad SE Kids Edition untuk anak?

Huawei mengklaim tablet mengusung standar keamanan anak, sekaligus memberikan manfaat edukasi dan tumbuh kembang untuk anak. 

Seberapa aman Huawei MatePad SE Kids Edition untuk anak?

Huawei belum lama ini meluncurkan Huawei MatePad SE Kids Edition yang didedikasikan untuk pengguna anak, mulai dari perangkat lunak hingga perangkat kerasnya. Perusahaan mengklaim tablet mengusung standar keamanan anak, sekaligus memberikan manfaat edukasi dan tumbuh kembang untuk anak. 

Edy Supartono selaku Training Director Huawei Device Indonesia menjabarkan seberapa aman Huawei MatePad SE Kids Edition untuk anak. Ini dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu layar aman, fitur aman, konten aman, dan aksesoris aman.

1. Layar aman

Huawei MatePad SE Kids Edition pada dasarnya adalah produk Huawei MatePad SE yang memiliki layar berukuran 10,4 inci dan 2K Screen dengan sertifikat TUV Rheinland. Hadirnya perangkat Kids Edition memberi perlindungan tambahan pada layar yang disebut Posture & Eye Protection.

Dapat diakses lewat Kids Corner, Posture & Eye Protection merupakan perlindungan berupa pengingat pada kondisi tertentu selama anak menggunakan tablet, antara lain:

  • Saat menggunakan tablet dengan posisi atau postur tubuh yang tidak benar, misalnya sambil tiduran.
  • Saat menggunakan tablet di ruangan gelap.
  • Saat menggunakan tablet selama perjalanan, misalnya saat di dalam mobil.
  • Saat durasi screen time yang sudah ditentukan orangtua sudah habis.

Tidak hanya mengingatkan, apabila anak tidak mengindahkan pengingat di atas, maka layar tablet akan freeze atau tidak bisa disentuh. 

2. Fitur aman

Hal aman selanjutnya yang ditawarkan Huawei MatePad SE Kids Edition adalah fitur. Ada beberapa fitur khusus di Kids Edition ini, seperrti parental control, app management, content management, usage report, dan charge protection.

Orang tua bisa menentukan durasi waktu anak menggunakan tablet di fitur parental control yang bisa ditemukan di Kids Corner. Durasi waktu ini juga mencakup durasi istirahat per sesi. Jadi jika waktu istirahatnya belum selesai, anak belum bisa menggunakan tablet hingga waktu tersebut habis. 

App dan content management juga memungkinkan orangtua membatasi aplikasi yang bisa diakses anak dan media - foto dan video dari galeri - yang bisa dilihat anak. 

Meskipun tidak bisa menemani anak selama menggunakan tablet, orang tua tetap dapat memantau aktivitasnya lewat fitur usage report. Di sini, orang tua bisa melihat aplikasi apa saja yang paling banyak dibuka anak dalam satu sesi. 

Fitur terakhir yang juga penting untuk kesehatan tablet adalah charge protection. Lewat fitur ini, tablet tidak akan bisa digunakan apabila sedang diisi daya. Mau tidak mau, anak harus berhenti menggunakan tablet ketika baterai melemah.

3. Konten aman

Sebagian fitur di atas dapat diakses melalui Kids Corner, halaman eksklusif untuk anak. Seluruh kontrol yang telah diatur akan aktif di dalam Kids Corner, yang dilengkapi dengan aplikasi khusus seperti perekam suara, kamera, multimedia, dan Kids Painting. Edy menambahkan, hasil gambar yang ditangkap dari kamera Kids Corner tidak akan digabung dengan hasil gambar kamera di luar Kids Corner.

Selain itu, Huawei juga berkolaborasi dengan aplikasi Azoomee dan BabyBus. Konsumen akan mendapatkan keanggotaan gratis 1 tahun untuk Azoomee dan 3 bulan untuk BabyBus.

Khusus Kids Edition, aplikasi Huawei Video kini dikemas engan mode anak yang bisa diatur di pengaturan. Dengan mengaktifkan mode anak, video yang muncul di aplikasi akan difilter dengan konten-konten anak yang disediakan oleh Toon Goggles. 

4. Aksesori aman

Hal terakhir yang memastikan Huawei MatePad SE Kids Edition aman adalah multipurpose casing yang sudah terpasang sejak perangkat dibeli. Seperti namanya, casing ini memiliki banyak kegunaan, mulai dari tatakan tablet, penyangga, hingga hand grip. 

Ditambah lagi, stylus yang tersedia disambungkan ke casing agar tidak mudah hilang. Multipurpose casing ini juga sudah memenuhi standar food grade sehingga orang tua tidak perlu khawatir jika anak menggigiti casing tersebut. 

Huawei MatePad SE Kids Edition sudah bisa dibeli mulai hari ini (17/2), secara online di laman Huawei Official Store di Tokopedia, maupun offline melalui HUAWEI Authorized Experience Store dan erafone. Produk dibanderol Rp3,2 jutaan.

Share
×
tekid
back to top