S Pen Galaxy Note 10, bisa apa saja?

Samsung akhirnya merilis Galaxy Note 10. Flagship terbaru ini hadir dengan peningkatan fitur di S Pen-nya. Apa saja yang bisa dilakukan S Pen baru ini?

S Pen Galaxy Note 10, bisa apa saja? Source: Engadget

Hari ini Samsung akhirnya mengumumkan flagship terbarunya, yakni Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+. Seperti perangkat Note sebelumnya, seri ini juga hadir dengan S Pen. Bedanya, di Note 10 fitur S Pen ditingkatkan dari seri sebelumnya. 

Sebagaimana diketahui, para pengguna Galaxy Note 9 bisa memanfaatkan S Pen smartphone tersebut sebagai remote control. Fungsinya mencakup melakukan screenshot, memainkan atau menghentikan musik atau mengendalikan slide ketika melakukan presentasi. Semua fitur itu ditingkatkan sampai tahap kontrol gesture di Note 10. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Samsung siapkan Galaxy S10 versi Lite

Samsung Pay kini terintegrasi Dana dan GoPay

Samsung Galaxy A50s, smartphone yang nyaman banget dipakai


Ya, S Pen Galaxy Note 10 bisa menggunakan kontrol gesture. Samsung menyebutnya dengan Air Actions. Dengan melakukan lambaian menggunakan S Pen, pengguna bisa mengeksekusi beberapa perintah tertentu. Perintah juga bisa dieksekusi dengan menggambar pola tertentu menggunakan S Pen. Tak hanya itu, pengguna pun bisa beralih dari kamera depan ke kamera belakang dengan melakukan kontrol di S Pen Galaxy Note 10. 

Kabarnya Samsung akan membuka SDK Air Actions untuk para pengembang aplikasi. Jadi ada kemungkinan kalau dalam beberapa waktu mendatang akan ada gim atau aplikasi yang kompatibel dengan Air Actions milik S Pen Galaxy Note 10. Melalui S Pen ini, pengguna juga dapat mengontrol aplikasi YouTube. 

Bukan hanya itu yang ditawarkan Samsung melalui S Pen Note 10. Desain baru ini sengaja dibuat agar lebih fleksibel ketika pengguna hendak mengubah tulisan tangan menjadi teks digital. Pengguna bakal bisa mengkustom catatan, misalnya memperkecil ukuran, memperbesar atau mengganti warna teks. Pengguna pun bisa membagikan catatan itu dengan format berbeda, bahkan dengan format Microsoft Word. 

Untuk pengguna yang gemar membuat video, S Pen ini pun dapat digunakan untuk mengedit video. Pengguna dapat menandai momen tertentu yang ingin mereka edit. Demikian juga dengan Screen Recorder. Dengan menggunakan S Pen, pengguna bisa menambahkan keterangan khusus sambil terus merekam layar. 

Tidak seperti rumor yang sebelumnya beredar, S Pen Galaxy Note 10 ternyata tidak memiliki kamera. Sebelumnya, Samsung kedapatan mengajukan paten stylus yang terintegrasi dengan kamera, bahkan dilengkapi dengan optical zoom. Namun, paten tetaplah paten, belum tentu sebuah paten akan menjadi kenyataan. 

Untuk urusan baterai, kabarnya Samsung meningkatkan kemampuan baterai S Pen.Hanya dalam satu kali charge, S Pen bisa dipakai selama beberapa jam tanpa henti. Seperti pada Note 9, untuk mengisi daya S Pen itu, pengguna hanya perlu menyelipkannya ke tempat yang disediakan khusus di Note 10. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: