Realme 3, pilihan oke di bawah Rp2 jutaan

Varian keempat Realme ini menawarkan fitur yang tergolong komplit. Namun banderol Realme 3 cukup murah.

Dikenalkan pertama kali pada tahun 2018, Realme kini sudah memboyong empat varian smartphone ke Indonesia. Realme 2, Realme2 Pro, dan Realme C1 meluncur lebih dulu pada Oktober tahun lalu. Sementara Realme U1 dikenalkan pada Desember 2018.

Hanya berselang dua bulan, Realme kembali mengenalkan satu varian lagi ke Indonesia yakni, Realme 3. Kabarnya smartphone ini akan cukup bersaing di kelasnya, karena akan dibanderol dengan harga yang sangat kompetitif. Beruntungnya kami sudah mendapatkannya lebih dulu. Begini impresi kami terhadap Realme 3:

Desainnya elegan

Realme 3 hadir dengan desain unibodi seperti smartphone kebanyakan. Kendati begitu pendekatan desainnya futuristik dengan desain notch dewdrop serta bezel yang tipis. Alhasil layarnya jadi terlihat lega dan memanjang dengan rasio 19:9.

Layarnya seluas 6,22 inci berjenis IPS LCD dengan resolusi 720 x 1520 piksel. Kecerahan layar dan saturasi warnanya tergolong baik. Layarnya tampak cerah dengan reproduksi warna yang baik juga. Melihat-lihat konten sosial media dan menikmati konten multimedia pasti akan terasa nyaman.

Bergerak ke belakang, Realme turut mengikuti tren yang kini sedang ramai yakni, back-cover. Realme memolesnya dengan gradasi warna agar tampak lebih elegan. Realme 3 yang kami pegang ini memiliki gradasi warna biru yang menawan atau disebut Radiant Blue.

Masih di area belakang, Realme 3 hadir dengan konfigurasi 2 kamera yang diletakkan di pojok kiri atas juga disertai LED flash. Ditengah bodi belakang terlihat pemindai sidik jari. Namun, apakah Realme 3 hanya menawarkan pemindai sidik jadi saja? Sepertinya tidak.

Penempatan tombol power dan tombol volume bisa ditemukan di sisi kiri dan kanan smartphone. Untuk port pengisian daya, Realme 3 masih mengandalkan port microUSB. Letaknya berada di sisi bawah. Di sisi ini kamu juga bisa menemukan port audio 3,5mm serta ventilasi speaker dan mikrofon.

Meski begitu, Realme 3 sudah mengadopsi teknologi fast charging dengan besar daya hingga 10W. Sedangkan untuk dukungan kartu SIM dan memori eksternal, Realme 3 menyiapkan sim tray dedicated yang bisa disematkan 2 kartu nano SIM serta sebuah microSD yang mendukung kapasitas 256GB.

Interaktif ala Pie

Realme 3 selaku sub brand Oppo ini sudah menjalankan Android versi terbaru, Pie. Tampilan Home Screen-nya khas stock Android dengan tombol navigasi dipangkas menjadi tombol back dan menu saja. Uniknya, tombol menu mengadopsi fungsi lain. Ketika di swipe ke atas, maka recent app akan muncul. Geser ke kanan atau ke kiri untuk berpindah antar app yang sudah pernah dibuka.

Untuk memperkaya interaksi, Realme 3 juga menawarkan fitur smart sidebar. Fitur ini merupakan cara Realme untuk memudahkan penggunanya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan fitur smart sidebar untuk menempatkan aplikasi-aplikasi yang paling sering digunakan.

Cara menggunakannya cukup mudah. Hanya dengan melakukan swipe dari pinggiran bezel kanan ke arah kiri. Di sini, Sahabat Tek bisa memasang beberapa aplikasi yang sekiranya cukup sering digunakan tanpa harus menggeser ke halaman Home Screen selanjutnya, atau membuka Menu.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: