Prosesor AMD Athlon hadir kembali dengan wajah baru

Selain meluncurkan prosesor Athlon untuk konsumer, mereka juga memperkenalkan Athlon Pro untuk pengguna profesional

Prosesor AMD Athlon hadir kembali dengan wajah baru AMD Athlon dengan arsitektur 'Zen' (AMD)

AMD kini sedang gencar mempromosikan dua lini prosesor terbarunya, yakni Ryzen dan Threadripper yang berbasis arsitektur ‘Zen’. Tapi, banyak orang yang kini mulai bertanya bagaimana dengan nasib lini Athlon yang hingga saat ini masih belum mendapatkan penyegaran.

Ternyata, baru-baru ini, AMD mengumumkan beberapa produk baru di lini Athlon. Menggabungkan arsitektur ‘Zen’ dan grafis Radeon ‘Vega’, mereka memperkenalkan Athlon 200GE.

Hadir dengan konfigurasi 2 core 4 thread dan base clock 3,3GHz, AMD mengklaim prosesor ini memiliki peningkatan pada performa grafis 67 persen dan efisiensi daya hingga dua kali lipat dari generasi sebelumnya.

Tak ketinggalan, mereka juga mengklaim bahwa Athlon 200GE dapat memberikan pengalaman bermain gim di resolusi high definition hingga 84 persen lebih cepat dibanding kompetitornya.

Selain seri Athlon 200GE, AMD menjanjikan akan meluncurkan lebih banyak lini Athlon kedepannya. Tapi, untuk saat ini mereka baru akan fokus memperkenalkan prosesor tersebut saja.

Selain meluncurkan seri 200GE, AMD juga memperkenalkan jajaran prosesor ‘Pro’. Tak hanya lini Ryzen saja yang mendapat pembaruan di lini ini, perusahaan semikonduktor Amerika ini juga memperkenalkan lini Athlon Pro.

Di lini Ryzen Pro, mereka luncurkan AMD Ryzen 7 PRO 2700X, AMD Ryzen 7 PRO 2700, serta AMD Ryzen 5 PRO 2600. Kemudian, di lini Athlon Pro, mereka memiliki AMD Athlon PRO 200GE.

Untuk jajaran Ryzen Pro, AMD menawarkan pilihan konfigurasi 8 core dan 16 thread dengan kecepatan prosesor hingga 4,1GHz serta pilihan 6 core dan 12 thread dengan kecepatan prosesor hingga 3,9GHz. Sedangkan Athlon Pro memiliki pilihan konfigurasi 2 core dan 4 thread dengan kecepatan prosesor 3,2GHz.

Soal harga, AMD mematok lini Athlon terbaru mulai dari USD55 atau sekira Rp818 ribu. Sedangkan untuk jajaran prosesor ‘Pro’, AMD belum memberikan bocoran harganya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: