sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Jumat, 30 Des 2022 10:59 WIB

Proses di balik pembuatan layar OLED iPhone 14

Proses pembuatan layar OLED Apple oleh Samsung Display dan LG melibatkan penggunaan peralatan inkjet.

Proses di balik pembuatan layar OLED iPhone 14

Apple merilis seri iPhone 14 pada September lalu dimana menggunakan layar OLED hasil produksi LG dan Samsung Display. Menurut laporan terbaru, Samsung menggunakan proses pencetakan inkjet tambahan dalam memproduksi layar tersebut untuk melindunginya dari kelembapan dan oksigen. 

Dilansir dari Gizmochina (30/12), proses ini melibatkan penggunaan peralatan inkjet setelah proses enkapsulasi film tipis (TFE), yang biasanya digunakan untuk melindungi layar OLED dari kelembapan dan oksigen. Peralatan inkjet tambahan digunakan untuk membuat pemisahan antara lubang di layar dan panel OLED lainnya, serta untuk meratakan area dengan ketinggian yang tidak rata. 

Penggunaan peralatan inkjet dengan cara ini merupakan proses produksi yang tidak biasa bagi Samsung. Perusahan sebelumnya hanya melibatkan penggunaan peralatan inkjet selama proses TFE.

Menurut spekulasi, Apple sendiri yang meminta metode baru ini untuk menyegel tepi Dynamic Island, fitur notifikasi layar iPhone 14 Pro. Adapun, peralatan inkjet dalam proses tersebut dipasok oleh anak perusahaan Samsung Display, SEMES.

LG Display, yang memproduksi layar OLED untuk iPhone 14 Pro Max, dilaporkan juga menerapkan metode yang sama. Perusahaan diketahui mengalami beberapa kesulitan dalam memenuhi persyaratan Apple untuk layar iPhone 14 Pro Max, tetapi masalah ini tampaknya telah teratasi. 

Jajaran iPhone 14 Pro terdiri dari dua model: Pro 6,1 inci dan Pro Max 6,7 inci. Samsung memasok layar OLED untuk kedua model, sedangkan LG hanya memasok layar untuk model Pro Max 6,7 inci.

Share
×
tekid
back to top