sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Jumat, 18 Mar 2022 12:58 WIB

Rilis di Indonesia, ini peningkatan yang hadir di Galaxy A53 5G

Samsung meluncurkan Galaxy A53 5G ke Indonesia dan sudah bisa dipre-order mulai hari ini hingga 20 Maret.

Rilis di Indonesia, ini peningkatan yang hadir di Galaxy A53 5G

Setelah diluncurkan secara global, kini Samsung Galaxy A53 5G resmi masuk ke Indonesia. Smartphone ini sudah bisa di-pre-order mulai hari ini (18/3), dengan harga mulai dari Rp5.999.000 dan penawaran selama periode pemesanan awal. 

Untuk diketahui, Galaxy A53 5G merupakan penerus dari Galaxy A52 5G yang diluncurkan pada Maret 2021. Meskipun masih dalam seri yang sama, Samsung tentu saja memberikan beberapa peningkatan pada ponsel baru ini. 

Desain lebih mulus

Salah satu perbedaan yang paling terlihat adalah desainnya. Memang tidak banyak yang berubah, namun jika diperhatikan bagian belakang kini lebih mulus dengan housing kamera yang semakin menyatu dengan bodi. Secara keseluruhan, ketebalannya kini hanya 8,1 mm. Samsung juga menambahkan dua varian baru, yaitu Awesome Blue dan Awesome Peach.

Baterai 5.000 mAh

Berbeda dari pendahulunya, Galaxy A53 5G menerima peningkatan baterai berkapasitas 5.000mAh. Ini memberikan smartphone masa pakai selama 2 hari penuh tanpa peru mengisi daya. Baterainya juga didukung dengan pengisian daya cepat 25W yang diklaim dapat mengisi 50% baterai hanya dalam waktu 30 menit.

Untuk diketahui, pembelian Galaxy A53 5G tidak disertai adaptor pengisi daya. Ini merupakan bagian dari langkah Samsung dalam mengurangi sampah atau limbah elektronik.

Fitur-fitur kamera

Pengaturan quad camera-nya masih sama dengan pendahulunya, yaitu 64MP OIS, ultra wide 12MP, makro 5MP, dan depth 5MP. Begitu juga kamera depannya 32MP. Namun, Taufiq Furqon, MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia mengatakan High Resolution pada OIS kameranya ditingkatkan sehingga dapat mengambil gambar dengan cepat namun tetap jernih. 

Dari segi fitur, Samsung berkolaborasi dengan Snapchat menghadirkan efek dari aplikasi tersebut ke kamera smartphone yang disebut Fun Mode. Hasil video atau foto dengan efek ini dapat disimpan dan dibagikan ke media sosial lainnya.

Night Mode juga ditingkatkan dengan NPU yang kini lebih pintar, dapat menghapus blur dan noise pada gambar low light. Ini menggabungkan 12 foto menjadi 1 agar mendapatkan gambar yang tajam dan juga jernih, terutama di malam hari.

“Jadi dengan night mode ini, dia menggabungkan 12 gambar menjadi 1. Jadi resolusinya tinggi, gambar juga lebih tajam dan lebih terang,” jelas Taufiq dalam agenda media secara virtual (18/3).

Untuk pengambilan videonya, smartphone menerima peningkatan AI Stabilizer sehingga mengantisipasi blur pada video. Frame rate nya juga dioptimisasi sesuai dengan kondisi cahaya di lingkungan sekitar.

Layar 800 nits

Galaxy A53 5G lebih nyaman dimainkan di luar ruangan atau terpapar sinar matahari karena kecerahan layarnya kini mencapai 800 nits. Tidak hanya itu, kualitas layarnya juga ditingkatkan sehingga tidak hanya terang, tapi warna yang ditampilkan tetap tajam.

Untuk diketahui, layar Galaxy A53 5G menggunakan Super Amoled FHD+ berukuran 6,5 inci dengan desain Infinity-O. Layar ini mendukung refresh rate hingga 120Hz.

Prosesor Exynos 1280

Galaxy A53 5G menggunakan prosesor 5nm AP dari Exynos 1280. SoC ini memberikan instant cloud gaming tanpa harus melakukan proses instalasi. Latensinya juga diklaim lebih rendah dan kecepatannya super cepat. Tidak hanya itu, untuk streaming, smartphone akan menawarkan kualitas 4K dan dapat real-time streaming lewat multi perangkat.

Smartphone memiliki RAM 8GB yang bisa diperluas dengan RAM Plus. Jika sebelumnya Samsung hanya menawarkan tambahan RAM 4GB, kini ada 3 opsi ukuran, yaitu 4GB, 6GB, dan 8GB.

Share
×
tekid
back to top